Tips Memilih Drone Serta Rekomendasi Drone DJI Terbaik Untuk Membantu Sektor Security

OVERVIEW DAN MANFAAT BISNIS



Dengan banyaknya opsi dan berbagai macam tipe drone yang beredar di pasaran, akan sulit bagi pengguna drone dalam bidang security dalam memilih drone khusus yang sesuai, dimana drone yang tepat akan mampu menciptakan alur kerja yang lebih efektif dan efisien ketika digunakan untuk membantu kegiatan pengamanan, mendeteksi kendaraan ilegal disekitar area yang dipantau dan mendeteksi orang yang tidak diinginkan disekitar area pengamanan.


Berikut adalah 8 faktor penting yang harus dipertimbangkan oleh para pengguna security drone dalam pemilihan tipe drone yang tepat.


1. DURASI TERBANG


Dalam melakukan tindakan pengamanan, sektor security memerlukan drone dengan durasi terbang yang cukup lama untuk melakukan pengamanan secara rutin dan untuk memaksimalkan efektifitas dari setiap penerbangan yang dilakukan. Untuk itu, dibutuhkan drone dengan durasi terbang minimal 30 menit untuk mengumpulkan informasi penting dari udara sebanyak-banyaknya, sehingga akan membantu pengguna lebih cepat dalam mengambil keputusan dilapangan


2. RESISTENSI TERHADAP CUACA


Keadaan cuaca seperti angin kencang, serta hujan yang seringkali membuat pengguna dilapangan mengalami penundaan yang cukup lama untuk menjalankan operasi penerbangan. Drone untuk penggunaan di sektor security harus memiliki sertifikat IP rating tertentu, sehingga baik drone berukuran kecil atau besar akan mampu menahan angin kencang dengan kecepatan hingga 45km/jam, serta dapat juga diterbangkan dengan aman pada kondisi cuaca yang kurang baik seperti terjadinya hujan atau area penerbangan yang lembab maupun berdebu.


3. KAMERA DAN SENSOR KHUSUS


Pada umumnya, sektor security memerlukan drone yang dilengkapi dengan kamera zoom dan thermal yang beresolusi tinggi. Drone yang dilengkapi dengan kamera zoom akan memberikan penglihatan yang lebih jelas untuk mendeteksi subjek atau objek yang berada disekitar area pengamanan dan memberikan detil gambar hasil zoom yang tajam untuk keperluan identifikasi dari target yang dituju. Sedangkan drone yang dilengkapi dengan kamera termal akan mengakomodir kebutuhan petugas dilapangan untuk mengidentifikasi serta memberikan penglihatan yang sangat jelas pada siang dan malam hari untuk mendukung kegiatan deteksi dari objek dan subjek yang tidak diinginkan.


Pelajari fitur-fitur pintar kamera drone terbaik DJI untuk security disini


4. KOMPATIBILITAS MUATAN KHUSUS


Drone yang dilengkapi dengan kemampuan untuk membawa payload pendukung seperti pengeras suara, lampu sort serta pelacak GPS akan memperluas aplikasi penggunaan drone di sektor security. Pengeras suara yang dipasang pada drone dapat mempermudah petugas memberikan peringatan kepada subjek yang tidak diperbolehkan disekitar area pengamanan serta lampu sorot yang dapat memberikan cahaya terang pada kondisi malam hari untuk peningkatan kegiatan pengamanan.


5. MODE OPERASI GANDA


Pada umumnya, drone dapat dioperasikan oleh lebih dari satu pilot, dengan skenario pilot utama berfokus pada pergerakan drone, sementara pilot kedua berfokus pada layar kamera untuk meningkatkan efektifitas observasi dan pemantauan area agar lebih fokus. Beberapa drone memiliki fitur khusus dimana kedua pilot drone dapat saling mengambil alih kontrol dari drone, guna mendukung kegiatan operasi, meningkatkan jangkauan terbang, meningkatkan keselamatan pada pilot jika situasi darat tidak kondusif.


6. KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN DUKUNGAN PURNA JUAL


Banyaknya pabrikan dan merek drone di dunia seringkali membingungkan bagi calon pengguna drone. Dukungan purna jual yang terus menerus serta dukungan lokal adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan, agar pembelian sistem drone dapat menjadi investasi finansial yang efektif dalam jangka panjang. Oleh Karena itu, perawatan berkelanjutan (maintenance) dan dukungan lokal adalah salah satu faktor utama yang harus diperhatikan dalam pemilihan tipe dan merk drone.


7. BIAYA


Faktor finansial menjadi pertimbangan utama saat menentukan drone yang akan digunakan untuk sektor security. Banyak tipe drone yang memiliki harga cukup tinggi dan canggih tapi sangat sulit untuk digunakan, ada juga drone yang memiliki harga yang terjangkau dengan fitur yang lengkap dan penggunaannya yang sangat mudah, seperti contohnya DJI Matrice 300 RTK untuk Security. Sistem lengkap dengan peralatan khusus tambahan dan juga perangkat lunak serta infrastruktur transmisi data yang aman adalah salah satu komponen utama yang harus diperhatikan dalam memilih security drone.


8. KEMAMPUAN TERBANG OTOMATIS SECARA PENUH


Drone yang sudah dilengkapi dengan kemampuan terbang otomatis secara penuh akan sangat membantu pengguna drone security. Drone akan terbang dengan aman secara rutin dengan menggunakan jalur terbang yang sudah di set sebelumnya. Penggunaan jalur terbang yang sama juga dapat digunakan setiap hari, tanpa menggunakan kontrol manual dari operator, sehingga dapat memberikan efisiensi bagi petugas dilapangan serta dapat meningkatkan keamanan penerbangan drone yang dilakukan secara rutin.


REKOMENDASI DRONE DJI UNTUK KEBUTUHAN SECURITY


DJI MAVIC 2 ENTERPRISE

Drone DJI Mavic 2 series termasuk kedalam drone yang digunakan oleh lebih dari 900 lembaga yang berada di sektor security.


Drone ini juga dilengkapi dengan banyak fitur dan spesifikasi canggih, diantaranya sebagai berikut:

  1. Sensor kamera beresolusi tinggi

  2. Dilengkapi dengan sensor thermal dari FLIR untuk membantu observasi malam hari

  3. Memiliki lampu sorot LED dengan kekuatan 2400 lumens

  4. Dilengkapi pengers suara pengan kekuatan 100db

Modelnya yang kecil dan dapat dilipat membuat petugas dilapangan mudah membawa drone tersebut saat menjalankan misi security dilapangan, dan dapat diterbangkan hanya dengan satu orang operator.


DJI MATRICE 300 PLUS ZENMUSE H20

DJI Matrice 300-RTK adalah drone dengan spesifikasi tertinggi yang dimiliki oleh DJI, dan diperuntukan agar bisa digunakan secara khusus oleh sektor security. Drone tersebut dapat diintegrasikan dengan berbagai payload dimana drone tersebut juga dapat dipasangkan dengan payload DJI Zenmuse H20 yang dilengkapi dengan kemampuan A.I on board.


Drone DJI M300 RTK memiliki spesifikasi sebagai berikut

  1. Durasi terbang 55 menit dengan jangkauan maksimum 8km

  2. Dilengkapi dengan teknologi DJI OcuSync Enterprise untuk enkripsi data yang aman

  3. Dilengkapi sistem pendeteksi hambatan terbang

  4. Dilengkapi dengang mode pengendalian ganda dan dapat dipasangkan beberapa payload

Pelajari fitur-fitur lengkap DJI M300-RTK lainnya disini


Berkat adanya fitur-fitur luar biasa yang terdapat pada drone DJI M300 tersebut, petugas yang bekerja di sektor security akan mampu mengerjakan berbagai skenario keamanan dengan lebih mudah, apalagi kemampuan A.I on board sudah dapat digunakan secara otomatis untuk mengidentifikasi dan mengikuti objek dan subjek yang dituju.


DJI FLIGHTHUB

Perangkat lunak dari DJI yang memberikan kapabilitas untuk melakukan live-streaming jarak jauh dari dari berbagai lokasi yang berbeda serta fungsi untuk melakukan manajemen peralatan drone yang dimiliki sektor security agar memudahkan pemantauan perawatan pengoperasian drone secara berkala. DJI Flighthub dapat digunakan dengan koneksi private server untuk memastikan keamanan data yang vital di sektor security.


DJI Flighthub dilengkapi dengan berbagai fitur-fitur utama, diantaranya sebagai berikut:


  1. Private Cloud Hosting: Pengguna di sektor security dapat menggunakan koneksi khusus yang aman dengan menggunakan “private cloud” didalam infrastruktur IT pribadi agar dapat memastikan keamanan data yang dibutuhkan untuk operasi dilapangan

  2. Aplikasi DJI Pilot: Aplikasi penerbangan dan kontrol drone yang khusus untuk dipakai pada unit peralatan drone disektor security agar menjamin bahwa data yang dikirimkan hanya akan masuk ke jaringan internal, bukan jaringan publik,

  3. Manajemen Firmware: Fitur terbaru yang dapat memastikan bawah firmware dari semua drone yang sudah banyak digunakan oleh lembaga security dilengkapi dengan sistem verifikasi yang membantu memantau keseluruhan unit drone yang digunakan dan tanpa terbatas pada banyaknya jumlah drone yang digunakan.

  4. Perencanaan Jalur Terbang: Pembuatan rencana jalur terbang yang dapat dibuat langsung di pusat komando, maka jalur terbang yang dibuat oleh perencana terbang atau komando pusat, dapat segera langsung digunakan oleh tim agar memaksimalkan keamanan dan efektivitas misi terbang dari tim darat di lapangan.

  5. Perawatan Peralatan: Fitur manajemen peralatan yang memberikan informasi mengenai semua unit drone yang dapat membaca jam terbang total dari drone hingga status kesehatan baterai dan sistem internal drone tersebut.

For further info, please kindly send your question on


enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888


Keywords: #DJI #UAV #drone #security #keamanan #militer #tni #polisi #polri #patroli #djiflighthub #djim300 #djidrone #djimavic #military

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)