Solusi Baru! Drone Dapat Menghindari Objek di Sekitarnya Secara Otomatis

Selain menjadi teknologi yang serbaguna, drone merupakan alat yang menyenangkan. Banyak pengguna drone bukan berasal dari kalangan pebisnis atau professional, seperti menggunakan drone untuk bertani, meliput berita, melakukan pemetaan, dan berbisnis drone. Ada juga yang membeli drone untuk sekadar kegiatan hobi semata.

Drone seperti SOLO dari 3DR memang menyenangkan untuk sekadar dimainkan. Membuatnya terbang ke sana-ke mari, mencoba berbagai fitur Smart Shot dengan GoPro yang terintegrasi dengan SOLO, merekam kegiatan seru-seruan bersama teman, dan kegiatan lain di luar pekerjaaan. drone seperti SOLO smart drone memang cocok untuk segala keperluan.

Namun, teknologi yang menyenangkan ini bisa memberikan mimpi buruk bagi penggunanya atau orang di sekitarnya ketika tidak diterbangkan dengan aman. Misalnya saja tanganmu salah menerbangkan drone, benda terbang tersebut dapat melukaimu. Bisa saja kamu terluka karena terkena baling-balingnya, atau salah satu bagian tubuhmmu memar karena terkena kakinya.

Untuk menghindari kejadian buruk seperti itu, penggiat teknologi telah membangun collision avoidance system (atau dalam bahasa Indonesia, sistem penghindari tabrakan) sehingga pesawat nirawakmu dapat menghindari orang-orang atau objek penghalang lainnya secara otomatis.

Namun sayangnya, solusi berbasis kamera ini memakan daya baterai yang cukup banyak, dan berujung pada memperlambat kecepatan terbang drone ketika menghindari sesuatu.

Namun baru-baru ini, sebuah penggiat teknologi berhasil memecahkan solusi untuk membuat drone menghindari orang-orang dan objek di sekitarnya, namun dengan sistem yang tidak menguras banyak daya.

Arbe Robotics, mereka berhasil membuat sistem penghindar pada drone dengan menggunakan radar untuk menuntun pesawat nirawak tanpa perlu mengorbankan waktu penerbangannya.

Sistem mereka terdiri dari hardware band yang dapat dipasang, yang memindai hingga 200 meter dari segala arah, bersama dengan software yang secara otomatis menghindari objek penghalang yang terdeteksi. Jika objek dengan besar lebih dari satu meter masuk dalam radiusnya, sistem radar akan mendeteksinya dan secara otomatis menggerakkan drone untuk menghindari tabrakan.

Arbe Robotics mengklaim bahwa sistem solusi mereka hanya menggunakan 5 persen baterai selama penerbangan.

Jelas, sistem ini untuk sebuah solusi civilian menghindari objek penghalang yang bergerak lambat. Namun, belum ada kejelasan kapan sistem solusi Arbe Robotics ini akan masuk pasar.

Sistem solusi yang dibuat oleh Arbe sendiri juga memenangkan TechCrunch Tel-Aviv Meetup and Pitch-Off yang pertama.

Solusi lainnya yang diciptakan agar drone dapat terbang dengan aman tanpa membahayakan siapapun, termasuk pemiliknya. Namun karena sistem tersebut belum keluar dipasar, ada baiknya kita melakukan pencegahan sendiri mulai dari sekarang.

Selalu jadi pilot drone yang aman dan bijak, yang menerbangkan drone hanya untuk kepentingan berguna dan menyenangkan. Butuh tips menjadi pilot yang aman? Kamu bisa baca tipsnya di artikel ini: 11 Tips Terbang Ini Jadikan Kamu Pilot Drone yang Aman dan Bijak!

Jangan lupa cek SOLO dan koleksi aksesorinya di Halo Robotics ya!

Jangan lupa juga ikuti sosial media Halo Robotics seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Google+ untuk mendapatkan informasi teknologi terkini setiap harinya.

#pesawat #Aviation #Drone #smartdrone #solo #Indonesia

0 views

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)