Tips Memilih Drone DJI untuk Pemetaan

Keywords: Teknologi, Pesawat Tanpa Awak, Profesional. Industri, Drone, Pemetaan, Mapping. Innovation. Survei. Foto Udara, Pertanian, Konstruksi, Tambang, Google Earth


Inovasi teknologi drone (pesawat tanpa awak) semakin banyak digunakan oleh kalangan profesional untuk melakukan aktivitas survei, pemetaan serta keperluan untuk mengumpulkan foto dari udara diberbagai industri, seperti industri pertanian, konstruksi dan tambang. Hal ini dikarenakan, pengumpulan informasi lewat Google Earth masih belum efektif untuk mengumpulkan data lahan serta lokasi tambang atau mapping wilayah yang akan dibangun menjadi kawasan perumahan, selain itu kualitas citra yang dihasilkan untuk gambar pada beberapa lokasi juga rendah dan belum diperbaharui. Sementara itu, proses pemetaan secara konvensional lewat topografi darat juga dinilai masih kurang efektif.


Hasil Pemetaan Untuk Perencanaan Pembangunan Dengan Drone

Penggunaan drone untuk membantu aktivitas pemetaan akan lebih maksimal, apabila profesional dapat memilih drone yang sesuai untuk melakukan tugas tersebut. Berikut ini akan dijabarkan beberapa tips, untuk mengetahui faktor-faktor yang harus dipertimbangkan sebelum memilih sebuah drone untuk memaksimalkan akurasi dan hasil gambar pada pemetaan suatu area.


Durasi Terbang

Semakin besar area yang dipetakan, maka profesional harus memilih drone dengan durasi terbang yang lebih panjang. Hal ini berkaitan dengan efisiensi yang akan diperoleh. Drone yang dipilih sebaiknya memiliki durasi terbang maksimal 60 menit, jika pemetaan dilakukan untuk suatu area yang luasnya berada di kisaran seratus hektar (1ooHa) hingga seribu hektar (1000Ha). Akan tetapi, jika profesional ingin memetakan area dengan luas maksimal dua ribu hektar (2000Ha), sebaiknya memiih drone dengan durasi terbang diatas 60 menit agar proses pengumpulan data lebih cepat.


Akurasi Koordinat Pemetaan

Sebelum memutuskan untuk membeli drone khusus pemetaan, faktor kedua yang harus dipertimbangkan adalah akurasi drone untuk menghasilkan ketepatan koordinat pemetaan suatu wilayah secara maksimal. Drone yang dibantu dengan Ground Control Point (GCP) akan menghasilkan akurasi elevasi yang lebih baik. Apalagi, jika drone tersebut dilengkapi dengan sistem pengukuran Real Time Kinematic (RTK), dimana sistem ini dapat menghasilkan akurasi pemetaan hingga ke level sentimeter meskipun drone sedang terkena terpaan angin atau goyang saat diterbangkan.


Resolusi dan Sensor Kamera

Last but Not Least, Memahami resolusi dan jenis kamera yang disematkan pada drone sebelum melakukan pemetaan juga harus dipahami profesional sebelum membeli drone. Hal ini dikarenakan, kualitas dan resolusi foto terbaik harus mampu dihasilkan oleh mapping drone (drone khusus pemetaan). Drone harus dilengkapi dengan resolusi kamera minimal 20 Megapixel dengan tipe kamera RGB ataupun Multispektral. Kamera RGB akan dibutuhkan untuk menghasilkan orthophoto, contohnya ketika mengambil foto gedung tinggi yang terlihat rebah karena kemiringan pengambilan gambar hanya akan terlihat atapnya saja, sehingga dapat menghasilkan akurasi foto udara yang lebih tepat dan detil, begitu juga saat mengambil foto objek lain seperti lahan untuk area pertambangan. Sementara itu, kamera Multispektral diperlukan untuk sektor pertanian untuk memetakan kesehatan tanaman.


Jadi, rekomendasi drone seperti apa yang harus dimiliki oleh para profesional sebelum melakukan aktivitas pemetaan di area pertanian, konstruksi dan tambang?


Halo Robotics, sebagai partner resmi DJI merekomendasikan drone DJI Phantom 4 RTK, dikarenakan drone tersebut mampu menghasilkan pemetaan yang maksimal dan lebih efisien serta sudah memiliki kapabilitas untuk mendukung ketiga fitur penting drone untuk pemetaan.


Membutuhkan informasi lebih lanjut? Kami akan senang hati akan membantu anda menemukan solusi drone untuk aktivitas pemetaan.

enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888

www.halorobotics.co.id

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)