Perbandingan Inspeksi CVI di Confined Space dengan ELIOS 1 dan ELIOS 2

Keywords: Drone, Elios 2, Inspeksi, Confined Space, Teknologi, Inspection, Pipa, Boiler, Tangki, Aset, Industri, Elios


Inspeksi ruang terbatas (confined space) untuk dijangkau oleh Manusia adalah pengembalian investasi yang besar, jika aset yang di inspeksi dapat dikelola lebih baik. Melakukan inspeksi pada Boiler, Pipa Gas, lubang Pembuangan ataupun ruangan berbahaya lainnya memerlukan prosedur khusus, apalagi kegiatan tersebut termasuk aktivitas yang penting, dimana drone komersial Elios 2 akan membantu mewujudkan penghematan Investasi luar biasa dengan memotong biaya pemeliharaan hingga 70%, namun tetap dapat mencapai semua hasil inspeksi Close Visual Inspection tanpa harus mengerahkan Manpower untuk masuk kedalamnya, sekaligus menjadikan kegiatan inspeksi lebih aman dan minim risiko.

Flyability bekerja sama dengan Halo Robotics, meluncurkan Elios 2 di Indonesia pada tahun 2019 sebagai wujud peningkatan perubahan fitur yang masif dibandingkan dengan versi sebelumnya, yaitu Elios 1 untuk Inspeksi ruang terbatas. Akan tetapi, masing-masing drone tersebut memiliki spesifikasi yang berbeda, walaupun pasar melihat pesawat tanpa awak tersebut mirip secara kasat mata. Artikel ini akan menyoroti tentang perbedaan kedua drone tersebut dan peningkatan fitur Elios 2, agar Manajer Aset dapat segera memulai inspeksi yang lebih efektif dan efisien di ruang terbatas.


Struktur Fisik dan Frame Pelindung

Gambar 1. Bentuk Frame Elios 1 (Kiri) dan Elios 2

Sebagai Drone Khusus Untuk Kebutuhan Inspeksi Aset


Elios 2 mengalami peningkatan yang luar biasa, terutama dari bagian model frame yang melindungi drone tersebut dibandingkan dengan pendahulunya, Elios 1.


Peningkatan fitur pada bodi drone Elios 2 sudah dilindungi dengan frame yang kuat serta dapat membuka kamera 4k dengan sendirinya untuk melihat objek lebih dekat. Resolusi kamera tersebut menghasilkan gambar yang lebih baik, dibandingkan dengan versi sebelumnya, Model frame pada Elios 1 berupa roll cage yang selalu bergerak di depan lensa, sehingga tidak maksimal untuk mengamati objek lebih dekat.


Pencahayaan

Elios 2 dilengkapi dengan dust proof lighting, untuk resistensi yang lebih tinggi ketika menelusuri ruangan yang berdebu, sehingga gambar yang diperoleh akan tetap jernih. Elios 1 menggunakan normal lighting, untuk melakukan penelusuran untuk pengambilan data di ruangan yang gelap.

Elios 1 dilengkapi dengan Direct Lighting, untuk melakukan proses pengambilan gambar secara langsung dari sisi atas dan bawah aset yang sedang diinspeksi. Versi Elios 2, diperbaharui dengan Oblique Lighting yang secara otomatis akan menyala ketika Inspektor ingin memeriksa ataupun mengetahui cacat pada aset secara komprehensif dari berbagai sisi.


Sistem Navigasi

Flyability memperbahurui Elios 2 dengan menambahkan fitur GPS Free Stabilization untuk mempermudah Inspektor melakukan pengambilan gambar secara tajam saat menelusuri ruangan gelap yang tidak memiliki sinyal GPS. Elios 2 memiliki tujuh sensor stabilitas yang dirancang khusus untuk inspeksi dalam ruangan, sehingga drone dapat menelusuri setiap bagian aset dengan stabil, walaupun ruangan tersebut tidak dapat dijangkau oleh sinyal GPS. Elios 2 juga dilengkapi dengan fitur distance lock, untuk mengunci jarak navigasi sesuai yang ditentukan oleh Inspektor, sehingga drone dapat terbang secara otonom pada jarak 30cm hingga 200cm. Kedua fitur tersebut merupakan pembaharuan yang belum bisa ditemukan pada drone Elios 1.


Durabilitas Terhadap Benturan

Drone Elios 1 dan Elios 2 sudah memiliki ketahanan terhadap benturan. Hal ini dikarenakan, kerangka pelindungnya terbuat dari material yang sangat kuat, sehingga Inspektor dapat mengakses Boiler yang paling kuat sekalipun tanpa khawatir drone mengalami kerusakan.

Tidak hanya kuat untuk inspeksi Boiler yang bertekanan tinggi, Drone Elios 1 dan 2 juga memiliki daya tahan yang kuat untuk menginspeksi Pipa ataupun Lubang Pembakaran yang banyak digunakan pada Heavy Industry, sehingga Inspektor dapat melakukan inspeksi dengan aman tanpa takut drone mengalami kerusakan.


Flyability bersama Halo Robotics menjamin kehandalan Elios 2 untuk meminimalisir kegagalan operasi saat inspeksi dalam ruangan. Jika drone Elios 2 mengalami tubrukan saat penerbangan, pesawat tanpa awak tersebut dapat bangkit lalu kembali terbang untuk menemukan alur pengambilan gambarnya sendiri. Kelebihan drone ini dapat dijadikan solusi melakukan inspeksi yang minim risiko dan lebih aman untuk para Inspektor.


Kesimpulan yang dapat diperoleh adalah, Elios 2 jauh lebih unggul dari Elios 1, untuk membantu Inspektor melakukan inspeksi dengan lebih sistematis lewat replikasi hasil daripada melakukan penelusuran secara manual dengan metode tradisional. Alasan inilah yang membuat drone ini mendapatkan gelar sebagai pesawat tanpa awak yang diklasifikasikan sebagai "Alat Inspeksi Resmi Teraman" satu-satunya mengalahkan Elios 1 menurut lembaga Penguji Alat Inspeksi paling dikenal di dunia, Lloyds dan Bureau Veritas.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Elios 2 ataupun penjadwalan Inspeksi bagi aset Anda, silahkan untuk menghubungi kami lewat kontak dibawah ini

enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)