Perbandingan CMS Scanning Dengan Drone LIDAR Untuk Pertambangan Bawah Tanah

OVERVIEW & MANFAAT UNTUK BISNIS


Melakukan survey objek Tambang dengan teknologi LIDAR berarti memudahkan pekerjaan Mine Engineer, dan Insinyur Geoteknis dalam menganalisa kebutuhan data Tambang secara keseluruhan dalam waktu 10 menit. Hal ini dalam jangka panjang akan memberikan dampak positif untuk mencapai efisiensi operasional secara maksimal dan melindungi keamanan pekerja.


Underground stope scan dengan Drone yang pakai payload Emesent Hovermap - hasil scan resolusi tinggi dan scan lengkap dalam waktu terbang drone 5 minut



Traditional Methods (CMS): Slow, Unsafe, Poor Results:

Aktivitas Caving Monitoring System (CMS) secara tradisional di area tambang yang berbahaya bagi Mine Engineer, dan boros waktu, bertolak belakang dengan monitoring Tambang menggunakan Hovermap LIDAR yang dapat mengumpulkan dan memproses data inspeksi objek Tambang kurang dari 10 menit sekaligus memberikan keselamatan ekstra pada Mine Engineer untuk menjalankan survey Tambang dengan aman.







Question: Seperti apa perbandingan melakukan monitoring tambang secara tradisional dengan CMS scanning, dan menggunakan Hovermap LIDAR?



KUALITAS DATA


Menggunakan mapping dengan cara yang tradisional, akan menghasilkan variabilitas data dan density (kepadatan) yang kurang rapat dan akan menutupi kerusakan tambang yang tidak terlihat, sehingga output yang dihasilkan pun menjadi kurang akurat.

Perbandingan: CMS (Kiri) dan Hovermap LIDAR (Kanan)


Sementara itu, menggunakan Hovermap LIDAR, Mine Engineer dapat dengan mudah mendapatkan kualitas data yang 3 kali lebih akurat, karena point cloud yang diciptakan sangat rapat dan dapat mengakomodir potret keseluruhan dari objek Tambang secara lengkap termasuk dengan perhitungan kalkulasi volume Stope, Insitu Stock dan Backfill dari objek tersebut dan kemampuan tambahan untuk menganalisa kerusakan Tambang.


BIAYA


Monitoring Tambang secara tradicional memerlukan banyak baya, seperti modal untuk sewa peralatan, biaya lembur karyawan, dan transportasi tambahan untuk menjangkau lokasi tambang yang lebih kompleks. Berinvestasi dengan Hovermap LIDAR, perusahaan Tambang dapat menghilangkan biaya sewa alat sekaligus tenaga ahli, karena menggunakan teknologi LIDAR tidak memerlukan pelatihan khusus, sehingga mempermudah kinerja Mine Engineer melakukan mapping dan tidak akan menemukan keterbatasan pemindaian meskipun objek Tambang yang dijangkau sangat kompleks.


Proses Survey Tambang Dengan Hovermap LIDAR



WAKTU

Perbanginkan dengan CMS (kanan), teknologi drone LIDAR mampu mereduksi 50% waktu untuk melaksakan survey pada objek tambang. Proses survey dan inspeksi tersebut dapat dilakukan oleh satu operator, dan durasi yang dibutuhkan untuk mengukur keseluruhan objek tambang (stope) yang luas dapat dilakukan dalam dua kali penerbangan drone DJI M600 dengan durasi pengambilan data selama 6 menit. "


Sementara itu, dengan model survey secara tradisional, membutuhkan setidaknya 3 pengaturan CMS secara terpisah. Hal ini tentunya akan memakan waktu yang lebih banyak, mulai dari persiapan hingga proses pengumpulan data. Survey Tambang secara tradisional sekitar. 3 jam untuk menyelesaikan seluruh inspeksi, dan tidak menjamin seluruh data berhasil dikumpulkan.


Proses Survey Tambang Dengan Hovermap LIDAR


Manajemen tambang

Persiapan Mapping Tambang Menggunakan Drone dan Emesent Hovermap LIDAR & Autonomy Payload


Jika pada umumnya, melakukan CMS secara konvensional Insinyur dan Mine Engineer menemukan keterbatasan dalam mengambil dan menganalisa data untuk keputusan lanjutan, Hovermap LIDAR dapat menghasilkan output data yang lebih komprehensif untuk membantu manajemen Tambang yang lebih baik.


Point Cloud dari Teknologi LIDAR dapat menghasilkan pencitraan pemetaan 3D pada area tambang secara detail. Kelebihan ini mampu membantu Mine Engineer melakukan peledakan Tambang (blasting) tanpa harus merusak ekosistem dan mengancam keselamatan para pekerja Tambang.


Selain itu Insinyur untuk geoteknis Pertambangan juga akan dapat memahami kondisi batuan Tambang di bawah tanah yang belum dieksplorasi secara maksimal dengan baik tanpa harus melakukan inspeksi secara tradisional yang akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga.


For further info, please kindly send your question on Halo Robotics contact below.


enteprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888


#cavingmonitoringsystem #CMS #hovermap #mineengineer #produktivitastambang #tambang #dronetambang #dronesurvei

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)