Drone DJI Untuk Mendeteksi Titik Api

Keywords: Pemadam Kebakaran, Drone, Unmanned Aerial Vehicle, Api, Efisiensi, Personel Pemadam Kebakaran, Teknologi


Teknologi drone semakin menunjukkan taringnya untuk kembali membantu pekerjaan manusia yang beresiko tinggi. Kemampuan drone saat terlibat dalam operasi memadamkan api saat bencana kebakaran Los Angeles telah diakui dapat sangat membantu pemadaman api oleh Petugas pemadam kebakaran Amerika Serikat serta sebagai implementasi teknologi baru untuk kecepatan dan ketepatan dalam misi penyelamatan manusia.


Departamemen Kebakaran Los Angeles, sebagai personel keselamatan yang paling dikenal reputasinya di Amerika, secara proaktif mengimplementasikan drone dalam misi pemadaman api dengan drone DJI. Selama pengerahannya dalam memadamkan api kebakaran, drone dan petugas kebakaran saling bekerja sama untuk meningkatkan efisiensi pemadaman api tanpa harus melibatkan personel masuk kedalam lokasi kebakaran. Kantor Pemadam Kebakaran yang memiliki lebih dari 3.500 personel tersebut menyatakan bahwa ketika drone DJI membantu misi pemadaman, mereka tidak lagi merasa bahwa dirinya sedang berada pada pekerjaan yang berbahaya juga dapat melakukan pekerjaan dengan baik tanpa harus dibayang-bayangi akan menjadi salah satu korban jiwa dalam persitiwa kebakaran tersebut


Drone DJI dapat merespons dengan baik setiap insiden kebakaran dengan membantu petugas mengirimkan informasi sumber kebakaran hanya dalam 15 menit, jauh lebih baik jika petugas pemadam kebakaran harus masuk kedalam lokasi. Tidak hanya dalam misi memadamkan apai, drone DJI sudah terlibat dengan lebih dari 175 misi penyelamatan lainnya, dimana Halo Robotics sebagai partner resmi DJI juga menyediakan drone untuk membantu misi penyelamatan lainnya di Indonesia. Drone DJI yang digunakan dan dapat diperoleh lewat Halo Robotics adalah Matrice 200. Drone tersebut memiliki fungsi pencitraan visual termal untuk mengirimkan rekaman video kebakaran dan melihat sumber api secara real time kepada petugas kebakaran.


Kepala Batalion, Richard Fields sebagai pemrakarsa program Unmanned Aerial Vehicle LAFD (Los Angeles Departement) menyatakan bahwa drone tersebut mampu memasuki lokasi kebakaran dengan aman serta dapat menghilangkan kesenjangan informasi terkait penyebab kebakaran yang sebelumnya sangat sulit didapatkan secara cepat. Richard juga menyatakan, bahwa drone tersebut dapat menginformasikan korban hilang saat pendakian, tenggelam maupun terluka ketika digunakan sebagai alat patroli keamanan dan keselamatan masyarakat. Dengan dilibatkanya drone dalam kegiatan tersebut, petugas Pemadam Kebakaran ataupun SAR (Search and Rescue) tidak lagi memerlukan sumber daya yang besar dan menghadapi risiko tinggi dalam melakukan penyelamatan. Keadaan ini menghasilkan efisiensi untuk kantor pemadam kebakaran sebesar 50%.


Semoga studi kasus diatas dapat membantu anda menambah wawasan baru di bidang Search and Rescue juga Keselamatan Publik lainnya.


Jangan ragu melibatkan Halo Robotics untuk efisiensi misi penyelamatan dengan drone !


Questions? Contact us and we would be happy to connect further:

enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888

www.halorobotics.co.id

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)