Perkembangan Pasar Drone Di Indonesia

Keywords: Drone, 3DR Solo, Go Pro, UAV, Teknologi, Inovasi


Drone merupakan satu teknologi canggih yang sedang menjadi tren di dunia. Pesawat nirawak serbaguna ini sangat versatile, bisa untuk pemotretan, pembuatan film, pemetaan, pengamatan lahan pertanian, peliputan berita, atau bahkan sekadar menjadi pemuas hobi semata. Apa pun kebutuhannya, seakan drone dapat melengkapinya.


Pasar drone pun berkembang pesat. Awalnya hanya beberapa perusahaan besar yang bermain dalam pasar ini, salah satunya 3DR dengan drone pintarnya SOLO. Drone pintar SOLO dari 3DR menawarkan pengalaman penerbangan yang menakjubkan. Adanya fitur Smart Shot membuat pengambilan gambar jadi lebih mudah. Ditambah dengan integrasi penuh kamera action kelas atas GoPro, menyajikan gambar atau rekaman aerial berkualitas tinggi tanpa distorsi. Lihat harga terbaru SOLO smart drone dari 3DR di sini.


Salah satunya SOLO, dan masih banyak drone dari berbagai brand hadir menawarkan keunggulannya masing-masing di pasar drone. Dengan harga yang relatif tinggi dan bersaing, tentunya membuat calon pembeli memperhitungkan biaya yang dikeluarkan dengan kualitas yang dimiliki pesawat tersebut.


Harga yang relatif tinggi menjadi salah satu faktor yang “membatasi” pengguna drone. Biasanya, pengguna drone adalah mereka yang berkecimpung dalam bidang fotografi/videografi, pelaku perfilman, jurnalis/media, kontraktor, petani, dan orang-orang yang menggemari dunia aviasi. Ketika muncul drone-drone dengan harga murah, seakan menghilangkan “batas” pada pengguna drone. Drone yang murah berarti dapat terjangkau oleh semua orang. Maka, apakah itu artinya drone menjadi pasar produk besar yang cocok untuk setiap orang?


Consumer Technology Association memperkirakan hanya 700,000 drone yang akan terjual secara global pada tahun 2015. Sementara FAA (Federal Aviation Administration) mencatat bahwa jumlah pemilik drone yang mendaftarkan diri mereka, lebih banyak daripada pemilik pesawat dan helicopter. Pemilik drone hanya perlu mendaftar sekali, dan jumlah pemilik drone yang terdaftar di FAA ada 460,00. Kemungkinan ada lebih banyak drone lagi di luar sana. Di kota Maryland, ada 9,259 pemilik drone, dan hanya 159 pemilik drone yang terdaftar sebagai pengguna “non-hobbyist”


Itu baru di Amerika, belum menghitung jumlah dari Negara lainnya….

Drone bisa saja menjadi produk pasar besar karena kini, beberapa perusahaan merancang drone yang ditargetkan untuk konsumen biasa, bukan konsumen yang memang berkenaan dengan drone (seperti fotografer atau penggemar drone). Mereka ingin membuat drone yang dapat digunakan dengan mudah dan aman, serta dapat dibawa ke mana saja dalam wadah biasa seperti tas tangan.


Pendapat bahwa drone bisa menjadi sebuah alat selfie atau kamera hands-free terbaru bukan tidak mungkin menjadi sebuah kenyataan ketika banyak drone mulai diciptakan untuk digunakan dengan mudah. Bahkan, SOLO dari 3DR memiliki fitur selfie yang memudahkanmu untuk mengambil selfie. Baca detail SOLO di sini.


Jika memang benar drone kini bisa dimiliki siapa saja, berarti akan ada banyak orang—di luar dari pengguna drone ekslusif—membawa dan menerbangkan drone, di mana saja. Entah itu orang tua, anak-anak, wanita, dan pria.


Bila hal tersebut terjadi di Indonesia, bukan tidak mungkin pada akhirnya pemerintah harus membuat hukum yang tegas mengenai drone dan penggunaannya, betul?


Kalau kamu tidak ingin ketinggalan tren drone ini, segera miliki sekarang! Beli SOLO 3DR asli dan bergaransi hanya di Halo Robotics! Drone pintar nan serbaguna ini sangat cocok untuk semua kegiatanmu.


Jangan lupa juga ikuti sosial media Halo Robotics seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Google+ untuk mendapatkan informasi teknologi terkini setiap harinya.


More Questions? Contact us and we would be happy to connect further about drone solutions and services:

enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888

www.halorobotics.co.id

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)