Cara Menggunakan Metode Network RTK DJI Phantom 4 RTK

Phantom 4 RTK, banyak diaplikasikan untuk beberapa industri, diantaranya pertanian ataupun sektor konstruksi yang membutuhkan pesawat tanpa awak tersebut untuk melakukan fungsi pemetaan lahan ataupun wilayah pembangunan lainnya. Baru-baru ini, Halo Robotics baru saja melakukan demo untuk sharing tentang hasil penentuan posisi metode Network RTK pada drone.


Fitur Onboard D-RTK yang terdapat pada DJI Phantom 4 RTK, dapat diaplikasikan sebagai penentuan posisi wahana menggunakan metode Real Time Kinematics (RTK) dengan D-RTK mobile station dan network RTK. Metode network RTK didefinisikan sebagai cara yang memudahkan pengguna untuk melakukan misi pemetaan wilayah. Pengguna hanya membutuhkan drone dan koneksi internet dengan receiver GNSS lain.


Receiver yang digunakan, dapat berupa Continously Operating Reference Station disingkat sebagai (CORS) yang berupa stasiun receiver GNSS permanen atau receiver GNSS geodetik merk lain yang dapat di support oleh protokol NTRIP yang sangat cocok digunakan untuk daerah yang memiliki jaringan internet cukup baik (minimal 3G).. Keunggulan dari metode NRTK dengan PPK yang dapat menggunakan receiver GNSS lainnya, metode NRTK memiliki keunggulan untuk dapat memeberikan koreksi langsung tanpa processing tambahan setelah misi.


LOKASI DAN OBJEK PENELITIAN


Lokasi Penelititian 1 (Kiri) di Rempoa, Lokasi Penelitian 2 (Kanan) Bintaro


Halo Robotics melakukan misi penerbangan dengan metode NRTK di Rempoa dan Bintaro, Tangerang Selatan.


TEKNOLOGI UTAMA


Phantom 4 RTK dan Built In Camera Digunakan Untuk Akurasi Pemetaan Terbaik


DJI Onboard D-RTK


METODE KERJA


Akuisisi Data

Akuisisi data foto dilakukan sesuai dengan misi jalur terbang. Penentuan posisi dilakukan dengan metode Network Real Time Kinematics (NRTK). Ilustrasi dari metode ini dapat dilihat pada gambar berikut,


Skema Koneksi NTRIP Pada Drone Phantom 4 RTK


Pada metode ini, dilakukan percobaan koneksi NTRIP atau Networked Transport of RTCM via Internet Protocol kepada wahana Phantom 4 RTK. Protokol NTRIP memungkinkan pengiriman koreksi RTK melalui internet. Pengiriman koreksi NTRIP pada demo dilakukan menggunakan Indonesia Continuously Operating Reference Station (Ina-CORS) milik Badan Informasi Geospasial sebagai base station yang mengirimkan koreksi kepada drone sebagai rover.


VLOS

Visual line of sight, merupakan operasi penerbangan drone dimana, pilot/ operator/ VO dapat melihat drone sesuai dengan operasi penerbangan dari awal hingga akhir penerbangan.


HASIL PENELITIAN


Foto Udara Lokasi Pertama dan Akuisisi Misi Pada Wilayah Objek Penelitian


Foto Udara Lokasi Kedua dan Akuisisi Misi Pada Wilayah Objek Penelitian


Penerimaan Koreksi Posisi Drone


Sesaat Drone menerima koreksi posisi dari Ina-CORS (Ambiguitas fase terpecahkan/FIX). Penggunaan NRTK pada DJI Phantom 4 dapat meningkatkan efisiensi tim dalam misi dengan mengurangi jumlah logistik yang harus dibawa ke lapangan sehingga mobilisasi dapat lebih mudah serta meningkatkan fleksibilitas penggunaan DJI Phantom 4 RTK dengan menyediakan pilihan lain terkait penggunaan receiver GNSS (layanan CORS atau receiver geodetik merk lain) sebagai base station.

Questions? Kami akan senang dapat membantu, silahkan hubungi kontak dibawah ini.


enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888


Keywords: Drone, UAV, DJI, Phantom 4 RTK, NRTK, GNSS, NIRP, Pemetaan, Konstruksi, Pertanian, Perkebunan

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)