• Halo Robotics

Menggunakan Sensor MicaSense Untuk Mengidentifikasi Jamur Tanaman Yang Tidak Terdeteksi Lewat NDVI


BUSINESS SUMMARY



Sensor MicaSense RedEdge mampu mendukung sektor pertanian di Indonesia untuk mengidentifikasi jamur dan membuat chlorophyll map atau peta untuk mengetahui kadar klorofil tanaman yang tidak terlihat dari NDVI secara jelas, sehingga menghasilkan metode bertani yang lebih efektif dan efisien untuk menunjang produktivitas hasil panen yang lebih besar.


IDENTIFIKASI JAMUR TANAMAN DENGAN MICASENSE


Untuk mengukur kesehatan tanaman secara keseluruhan, bukan hanya diperlukan teknologi yang mutakhir, namun diperlukan juga sensor yang dapat menangkap pita spektrum tertentu dari luar yang diperlukan untuk NDVI. Selain itu, dibutuhkan analisa lanjutan untuk memperoleh output berupa tanda-tanda tanaman yang stres dan sedang dalam kondisi sakit lebih awal dengan hasil yang lebih akurat. MicaSense RedEdge dapat menghasilkan chlorophyll map yang dapat membantu petani untuk melihat penyakit jamur pada tanaman mereka. Keunggulan ini menjadi angin segar bagi sektor agrikultur, karena umumnya tanaman yang terkena jamur jika tidak dideteksi lebih awal bisa menyebarkan jamur pada tanaman lainnya dengan cepat, sehingga berpotensi menimbulkan kerugian besar berupa kerusakan pada tanaman pertanian itu sendiri.


HASIL IDENTIFIKASI KESEHATAN TANAMAN MENGGUNAKAN MICASENSE REDEDGE

Banyak petani yang menggunakan sensor MicaSense RedEdge untuk membantu mengidentifikasi jamur pada tanaman mereka selama bertahun-tahun. Hasil yang diperoleh adalah, ketika diintegrasikan dengan drone, sensor tersebut mampu mengumpulkan citra tanaman dengan cepat dan lebih detil dibandingkan dengan membaca hasil NDVI tanaman itu sendiri.


Jika pada umumnya petani kurang puas terhadap hasil NDVI karena memiliki keterbatasan untuk menginterpretasikan kondisi tanaman secara homogen, sensor MicaSense RedEdge dapat memberikan layering yang lebih detil, dimana sensor tersebut mampu memberikan informasi kepada petani bahwa tanaman yang sakit diakibatkan oleh phytophthora atau jamur tanaman, sehingga teknologi ini dapat menunjukkan kekuatan indeks vegetasi yang lebih canggih dan dapat memberikan informasi masalah kesehatan tanaman kepada sektor agrikultur dengan lebih lengkap.


SIMPULAN


Teknologi sensor MicaSense RedEdge sudah banyak digunakan oleh sektor agrikultur selama bertahun-tahun, dimana teknologi tersebut mampu menghasilkan chlorophyll map tanaman dengan lebih detil dan komprehensif dibandingkan informasi yang disajikan lewat NDVI, sehingga kemampuannya dapat membuka peluang besar bagi petani untuk mengobati tanaman yang terkena jamur lebih dini agar memperoleh hasil panen yang lebih tinggi dan menurunkan risiko kerugian finansial petani yang diakibatkan oleh peristiwa gagal panen.


For further info, please kindly send your question to


enterprise@halo-robotics.com


+62811-8549-888


Keywords: #NDVI #plant #agronomy #grower #petani #agriculture #pertanian #manajemenkesehatantanaman #sustainablefarming #effectivefarming #pertanian #micasense #teknologipertanian #bertanicerdas #bertanipintar #innovativefarming

#jamurtanaman #chlorophyllmap #klorofil

90 views0 comments

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)