• Halo Robotics

Menggunakan MicaSense Altum untuk Memantau dan Mengevaluasi Proyek Reklamasi Lahan


BUSINESS SUMMARY


Setiap proyek tentunya dibatasi oleh anggaran dan ketersediaan logistik, tak terkecuali pada proyek reklamasi lahan, hingga teknologi canggih MicaSense Altum menyederhanakan alur kerja reklamasi yang ada dengan mengefisiensikan biaya untuk mempermudah pekerja dalam menangkap variabilitas spasial dan temporal pada area reklamasi sehingga pekerja mampu membuat keputusan yang cepat terhadap proyek yang sedang berlangsung.



Komposit warna semu dari pita tepi biru, hijau, dan tepi merah di atas matriks hutan menggambarkan kondisi yang rusak, selain itu dapat terlihat juga bahwa lahan yang direklamasi sebelumnya sudah digunakan untuk eksplorasi dan ekstraksi pasir minyak. Sebagai langkah selanjutnya, tim akan menghubungkan data plot dengan survei udara untuk membuat peta klasifikasi spesies.


EKSEKUSI PROYEK DENGAN TEKNOLOGI MICASENSE ALTUM


Proyek ini bertujuan untuk membuat kerangka kerja survei udara multispektral untuk menjadi acuan baru survei vegetasi reklamasi di lahan gambut. Hasil yang diperoleh akan membantu perusahaan untuk mengidentifikasi proyek reklamasi pada lahan minyak dan gas. Proyek inspeksi dilakukan sebanyak dua kali. Teknologi dari MicaSense bernama Altum diintegrasikan dengan drone untuk menangkap data pantulan spektral dari berbagai musik yang akan menunjukkan berbagai lapisan vegetasi dan perubahan pola hidrologi.


Teknologi Altum menawarkan kemampuan untuk memperoleh data pantulan spektral yang dapat diandalkan dengan resolusi spasial halus untuk analisis dalam beberapa waktu. Kamera Altum dan teknologi sensor cahaya menawarkan opsi terbaik untuk analisis spasial, spektral, dan temporal untuk akurasi dan survei vegetasi yang bermakna di lanskap semacam ini. Puluhan ribu gambar dari dua kali penerbangan diproses menggunakan Pix4D untuk menghasilkan ortomosaik reflektansi sub-desimeter dalam 6 pita spektral di setiap lokasi. Tim juga menggunakan koordinat kontrol tanah dari sub-sentimeter survei RTK yang diproses secara paralel untuk menghindari kebutuhan untuk mengumpulkan pointcloud kontrol dari tanah, sehingga proses pekerjaan menjadi lebih praktis. Penempatan data dengan akurasi tinggi ini memungkinkan dilakukannya perbandingan orthomap secara berulan-ulang untuk mengukur perubahan dengan tepat pada landscape vegetasi dan resolusi spasial dari waktu ke waktu untuk analisis komunitas tanaman lahan gambut.


HASIL



Teknologi dari MicaSense Altum berhasil mengklasifikasikan berbagai spesies pohon yang mengelilingi lahan berdasarkan analisis komponen utama dari pita spektrum berbeda. Hasil pertama menunjukkan bahwa penggunaan drone dengan sensor Altum menghasilkan pengukuran area dalam skala besar, karena teknologi tersebut dapat melakukan survei area lahan dengan menghasilkan tingkat presisi 50x lebih tinggi dengan jumlah pekerjaan dasar yang sama untuk mengevaluasi kinerja ekosistem ini selama reklamasi.


Selain itu, teknologi Altum juga dapat mengestimasikan topografi pada permukaan tanah dan hidrologi untuk memfasilitasi upaya reklamasi ekologis pada lahan yang akan dijadikan proyek reklamasi. Kombinasi dari sensor cahaya dan kalibrasi reflektansi dari MicaSense Altum telah memungkinkan pengembangan prosedur standar untuk penilaian inventarisasi vegetasi menggunakan teknik survei udara dengan drone, yang memberikan penghematan biaya sangat besar untuk industri sumber daya alam dan untuk kelompok lingkungan yang bekerja bersama untuk melestarikan ekosistem penting ini. Teknologi ini juga membuat pekerja dilapangan dapat lebih banyak melakukan pekerjaan untuk menganalisis data lebih lanjut sekaligus mengumpulkan data-data pendukung yang sangat menjanjikan untuk meningkatkan kemampuan industri dalam melakukan survei dan menilai integritas lahan yang kaya karbon untuk pengelolaan sumber daya alam yang lebih berkelanjutan

KESIMPULAN


Teknologi Altum mengubah biaya survei area reklamasi dengan alur kerja yang kompleks menjadi lebih mudah dan lebih efisien dari segi investasi yang dikeluarkan oleh perusahaan. Selain itu, teknologi ini juga sudah teruji sebagai teknologi yang dapat mengklasifikasikan vegetasi lahan gambut, memperkirakan topografi permukaan tanah dan hidrologi untuk memfasilitasi upaya reklamasi ekologis pada lahan yang hendak dijadikan proyek reklamasi serta mendapatkan inventarisasi komposisi vegetasi secara detil untuk area yang sulit diakses dengan berjalan kaki.

For further info, please kindly send your question to


enterprise@halo-robotics.com


Keywords: #micasense #altum #inspection #drone #dronetechnology #reclamation #reklamasi #landmanagement #lahan #bumn #pemerintahpusat #pemda #technology

5 views0 comments

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)