Mengapa Drone DJI Phantom 4 RTK Dapat Membantu Optimalisasi Survey dan Mapping Di Sektor Konstruksi?

Proses Konstruksi yang melibatkan Survey dan Mapping dengan teknologi drone DJI menjadi lebih mudah, cepat dan lebih hemat biaya serta dapat mencegah kecelakaan kerja. Kemudahan tersebut akan langsung terasa bagi para Kontraktor ketika Pekerja melakukan pekerjaan di lingkungan Konstruksi yang berbahaya, sehingga dapat meningkatkan efisiensi termasuk keterlibatanya dalam melaksanakan misi Survey dan Pemetaan pada objekKonstruksi dalam waktu singkat.


Salah satu drone DJI yang paling banyak digunakan untuk pemetaan di sektor Konstruksi adalah Phantom 4 RTK. Berikut akan dijelaskan Mengenai alasan drone tersebut dapat mempermudah Survey dan Mapping pada sektor Konstruksi. 


MENGURANGI 80% WAKTU SURVEY


Aktivitas Survey seringkali dilakukan untuk menemukan langkah lanjutan sebelum Surveyor Pemetaan (geospasial) memutuskan untuk membangun sesuatu di area yang direncanakan. Drone dapat meringankan pekerjaan proyek survey secara signifikan. Jika biasanya Surveyor atau Kontraktor membutuhkan waktu minimal tiga hari untuk melihat lokasi yang menjadi perencanaan konstruksi secara konvensional, dengan drone DJI Phantom 4 RTK, mereka hanya membutuhkan waktu kurang dari satu hari untuk mendapatkan data survey secara komprehensif.


KEMUDAHAN MEMETAKAN AREA KONSTRUKSI 


Membuat peta lokasi konstruksi, hingga saat ini menjadi satu momok yang cukup sulit bagi para Kontraktor, apalagi ketika dihadapkan pada proyek Konstruksi dengan deadline yang sempit. Membuat drawing dari site yang akan dibangun juga membutuhkan biaya yang besar. Namun saat ini, Drone DJI Phantom 4 RTK dapat mengakses area mana pun dari area konstruksi yang ingin dibuat permodelan Oleh Kontraktor dengan operasional penerbangan yang relatif lebih mudah, sehingga drone tersebut dapat menangkap berbagai informasi dan rekam data, untuk kemudian diproses dalam bentuk informasi secara realtime ke Software pemetaan di komputer.


INSPEKSI LOKASI KONSTRUKSI MENJADI LEBIH PRAKTIS



Sebagian besar lokasi konstruksi memerlukan pemeriksaan dan inspeksi rutin, dimana konstruksi yang dibangun seringkali berada di area yang berbahaya, sehingga membawa risiko keselamatan yang tinggi bagi pekerja untuk melakukan inspeksi dan memantau perkembangan konstruksi secara rutin di area pembangunan. Saat ini, drone DJI Phantom 4 RTK dapat melakukan inspeksi secara real time dan menjaga Pekerja tetap aman, karena mereka tidak perlu masuk ke area pembangunan, sehingga proses maintenance perkembangan konstruksi menjadi lebih praktis dan minim risiko kecelakaan kerja.


PENINGKATAN FUNGSI PEMETAAN TERESTRIAL



Negara indonesia, merupakan negara yang berada di pertemuan tiga lempeng tektonik, sehingga Kontraktor membutuhkan proteksi ekstra untuk melakukan pemetaan terestrial  di suatu area yang rawan rencana alam.


Untuk itu, Pekerja Konstruksi membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan pemetaan topografi. Dengan Menggunakan drone DJI Phantom 4 RTK, pemetaan terrestrial dapat ditingkatkan secara signifikan karena Tim dapat menghemat banyak waktu pemetaan di area yang rawan bencana alam, tanpa harus melibatkan Pekerja untuk memasuki area berbahaya, sehingga proteksi terhadap keselamatan kerja mereka menjadi tiga kali lebih aman.


Dengan menggunakan teknologi yang canggih, Drone DJI Phantom 4 RTK dapat menghasilkan akurasi data yang tepat menggantikan Survey Topografi tradisional. Drone dapat meninggalkan operasional sektor Konstruksi dalam skala besar, dimana hal ini berarti perusahaan akan mendapatkan marjin yang lebih besar Karena keuntungan dari efisiensi yang diperoleh dengan melakukan Survey dan Mapping menggunakan drone Phantom 4 RTK.


Teknologi drone DJI Membantu Kontraktor, Insinyur maupun Arsitek meningkatkan keuntungan marjinal dan mempercepat aktivitas, Survey dan Mapping. Perusahaan juga akan mampu memenuhi deadline konstruksi yang ketat tanpa harus mengurangi risiko keselamatan pekerja namun tetap memperoleh hasil pengumpulan informasi inspeksì secara cepat dengan akurasi lokasi yang tepat, berkat modul RTK yang terdapat pada drone tersebut.


Sudah waktunya untuk mengeksplorasi kemungkinan untuk menggunakan drone Phantom 4 RTK pada konstruksi Bangunan, Jalan Raya, Jembatan maupun infrastruktur lainnya.


For further information, please kindly send your question on Halo Robotics contact below.


enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888


#konstruksi #dronesurvey #mapping #survey #pemetaan #kontraktor #engineer #DJI #droneprogram #DJIPhantom4RTK #geospasial #pembangunan

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)