Manfaat Drone DJI Phantom 4 Multispectral Untuk Kesehatan Tanaman Pertanian dan Perkebunan

Era Revolusi 4.0 yang sudah terjadi saat ini turut memberikan manfaat perkembangan aplikasi teknologi drone dari berbagai Industri. Manfaat yang langsung terasa adalah kesederhanaan operasional drone untuk sektor Pertanian dan Perkebunan dari hulu ke hilir, salah satunya dengan pencitraan Multispectral.

Pencitraan Multispectral Pada Lahan Pertanian dengan DJI Phantom 4 Multispectral


Drone Pertanian DJI Phantom 4 Multispectral, dapat memberikan akurasi pemetaan lahan tanaman hingga ke tingkat sentimeter, dengan menghasilkan menghasilkan sensor kamera pencitraan multrispektral (multispectral) beresolusi tinggi, untuk melihat kondisi tanaman yang sehat dan yang sakit. Sensor Multispectral juga mampu menghasilkan akurasi metadata yang cerdas untuk meningkatkan alur kerja sektor Pertanian dan Perkebunan menjadi lebih cepat dan efisien.




Hasil Sensor Multispectral Untuk Memetakan Tanaman Yang Kurang Zat Hijau Daun


Vegetasi hijau yang sehat memiliki minimum indeks vegetasi yang signifikan dalam bagian yang terlihat dari spektrum elektromagnetik yang dihasilkan dari pigmen pada daun tanaman. Vegetasi yang sehat akan terserap di pita biru dan merah. Reflektansi akan meningkat signifikan di area dengan jarak inframerah yang dekat. Vegetasi yang tertekan/stress juga dapat terdeksi, dikarenakan memiliki indeks vegetasi yang lebih rendah secara signifikan pada inframerah.


Struktur internal tanaman yang sehat bertindak sebagai reflektor difus yang sangat baik dari panjang gelombang inframerah-dekat. Mengukur dan memantau pantulan inframerah dekat adalah salah satu cara untuk menentukan seberapa sehat (atau tidak sehat) suatu vegetasi.


Sebagian besar cahaya dalam spektrum yang terlihat, akan dipantulkan oleh tanaman ketika vegetasi tersebut sedang stress (area merah) diantara vegetasi yang hijau di bawah tekanan akan berada dalam kisaran hijau. Oleh karena itu, dengan mata telanjang, tanaman yang sedang dalam kondisi stress tidak dapat dibedakan dari yang sehat. Di sisi lain, perbedaannya dapat dilihat pada pantulan cahaya dalam rentang inframerah, yang jauh lebih sedikit.


Hasil Sensor Multispectral Untuk Melihat Indeks NDVI Tanaman


Normalized Difference Vegetation Index didefinisikan sebagai indeks kehijauan tanaman atau aktivitas fotosintesis yang didasarkan pada hasil observasi bahwa setiap permukaan tanaman yang berbeda akan mencerminkan jenis cahaya yang berbeda. Vegetasi yang aktif secara fotosintesis akan menyerap sebagian besar lampu merah yang menerpa sambil memantulkan banyak cahaya inframerah dekat. Vegetasi yang mati atau layu akan memantulkan lebih banyak cahaya merah dan lebih sedikit cahaya inframerah. Demikian juga, permukaan non-vegetasi memiliki reflektansi yang jauh lebih merata di seluruh spektrum cahaya.


Berdasarkan Hasil yang diperoleh lewat Pengambilan gambar tanaman menggunakan drone DJI Phantom 4 Multispectral, dapat terlihat bahwa sektor Pertanian dan Perkebunan di Indonesia dapat  melihat NDVI tanaman juga memperoleh beberapa informasi terkait dengan cakupan kanopi tanaman dan deteksi kepadatannya, akurasi pertumbuhan tanaman, deteksi kerugian akibat hama tanaman dalam skala besar serta mengamati dinamika vegetasi dan menganalisa kelembaban tanah yang akan memberikan dampak siginifikan untuk kerusakan tanaman.


Hasil Sensor Multispectral Untuk Melihat NDRE Pada Tanaman


Normalized Difference Red Edge Index adalah metrik yang dapat digunakan untuk menganalisa vegetasi yang sehat dan kurang sehat pada tanaman yang diperoleh dari hasil pencitraan multispektral. Perbedaanya dengan NDVI adalah, NDRE memakai filter tepi merah untuk melihat pantulan dari kanopi vegetasi. Warna merah yang berada di pinggir tanaman termasuk kedalam zona transisi merah NIR yang berasal dari spektrum pantulan vegetasi. Warna tepi merah juga menandai batas penyerapan klorofil.


Data tersebut dapat membantu petani untuk mengidentifikasi seluruh variabel yang berbeda dalam mengelola vegetasi Pertanian dan Perkebunan. Dengan memahami tingkat klorofil, Petani juga dapat memantai aktivitas fotosintesis pada tanaman, sehingga mereka akan langsung dapat mengambil keputusan melakukan perawatan vegetasi lebih lanjut untuk tanaman yang kurang sehat.


Untuk info lebih lanjut, silahkan hubungi kontak dibawah ini, kami akan sangat senang membantu.


enterprise@halo-robotics.com

+62811_8549-888


Keywords: Drone Multispectral, DJI, UAV, Thermal Drone, Pencitraan Multispectral, Pertanian, Perkebunan, Vegetasi Tanaman, NDVI, NDRE

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)