Manfaat Menggunakan Drone DJI Survey dan Mapping Untuk Arsitektur, Engineering Dan Konstruksi

OVERVIEW DAN MANFAAT BISNIS


Drone survey dan mapping mempersingkat waktu survei menjadi beberapa jam, bukan hari atau bulan, dan harganya lebih murah daripada peralatan survei tradisional, sehingga perusahaan yang bergerak di industri arsitektur, teknik, dan konstruksi (AEC), dapat saling bekerjasama untuk mewujudkan proyek yang lebih efisien dan tim proyek akan tetap dapat melacak perkembangan pembangunan mulai dari tahap desain, monitoring bangunan, hingga tahap evaluasi akhir, tanpa harus repot-repot membuang waktu untuk memulai suatu proyek pembangunan.


Artikel ini akan membahas manfaat menggunakan drone DJI survey dan mapping untuk kebutuhan Architecture, Engineering and Construction ("AEC").


BUILDING INFORMATION MODELLING (PEMBUATAN PERMODELAN BANGUNAN)


Permodelan Arsitektur Dengan Menggunakan Aircraft DJI M300 dan LIDAR Zenmuse L1


Kurangnya akurasi posisi data yang tepat secara konvensional menyulitkan penyelarasan desain BIM, peta vektor jalan, citra satelit. Tidak hanya itu, proses pengumpulan data juga menghabiskan banyak waktu dan membuang tenaga pekerja. Hasil permodelan dengan desain 2D juga tidak dapat menggambarkan informasi spasial yang diperlukan untuk memvisualisasikan desain sepenuhnya. Begitu juga saat pembuatan desain Building Information Modelling ("BIM") yang bisa sangat berbeda dari model aslinya, sehingga sulit untuk memvisualisasikan dan memverifikasi desain berdasarkan akurasi yang tepat.


Drone DJI, terutama DJI Matrice 300 RTK+Zenmuse L1, dapat membuat model 3D dengan data pemosisian akurat yang dapat segera dipasang ke model BIM untuk memvisualisasikan desain. Hal ini membuat desain dapat dioptimalkan menggunakan model 3D buatan drone yang kompatibel dengan berbagai perangkat lunak GIS. Sama halnya dengan aircraft DJI M300+Zenmuse P1, kolaborasi antara drone dengan payload LIDAR tersebut juga dapat menginterpretasikan permodelan 3D suatu objek konstruksi berkat fitur istimewa yang dimiliki oleh payload tersebut.


COMPARE YOUR SITES AGAINST DESAIN (PERBANDINGAN DESAIN VS OBJEK REAL)


3D Modelling Object Output Using DJI Terra

Sektor arisektur, engineering dan konstruksi memerlukan pengawasan drone untuk melihat topografi permukaan tanah agar dapat mengidentifikasi berbagai hal yang akan memengaruhi perencanaan pembangunan. Dengan menggunakan drone, operator secara aktif akan dapat mengetahui berbagai macam informasi seperti ketinggian tanah antara objek untuk kemudian membuat desain bangunan, pekerjaan ini biasanya memakan waktu minimal 7 hari, namun dengan bantuan drone DJI M300 dan software permodelan DJI Terra atau Propeller, pekerja bisa melakukan pekerjaan tersebut hanya dalam dua jam.

Operator dapat melapisi permukaan desain atau garis pada visualisasi 3D suatu bangunan, lengkap dengan informasinya secara detil yang akan terlihat dalam satu layar laptop. Informasi ini berguna untuk mengimplementasikan kecocokan volume dan ketinggian desain dengan kondisi objek aslinya. Hasil permodelan bangunan juga terlihat sederhana, sehingga membantu orang awam untuk mengomunikasikan informasi yang diperoleh kepada kantor pusat.


BUILDING INSPECTION (INSPEKSI BANGUNAN)


Inspeksi bangunan secara tradisional, seringkali membuat tim repot karena harus berjalan melintasi atap ataupun scaffolding dengan menggunakan tali (rope access). Cara ini juga sangat memakan waktu dan termasuk kedalam metode yang berbahaya bagi keselamatan pekerja, apalagi kebanyakan konstruksi bangunan di kota-kota besar umumnya melibatkan elevasi atau ketinggian diatas 100 meter.


Potret Bangunan Secara Closeup Untuk Memudahkan Survey dan Mapping


Drone DJI M300 RTK yang diintegrasikan dengan Zenmuse L1 ataupun P1, akan menghilangkan resiko berbahaya bagi para pekerja saat melakukan Inspeksi bangunan. output dari inspeksi bangunan dengan drone dan payload LIDAR tersebut juga akan menghasilkan digitalisasi data berkualitas tinggi berupa permodelan bangunan dari jarak dekat ataupun pembuatan permodelan 3D yang cepat untuk memfasilitasi penerimaan konstruksi serta pemeriksaan dan pemeliharaan bangunan secara rutin suatu bangunan untuk diinspeksi lebih lanjut, proses survey dan mapping ini tidak memakan waktu berhari-hari, sehingga perusahaan dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu singkat.


For further info, please kindly send your question on


enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888


Keywords: #survey #mapping #construction #dji #djiphantom4rtk #djimatrice300 #lidar #zenmusel1 #djiterra #dronesforgood #surveyor #kontraktor #konstruksi #AEC #3dmodelling

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)