Manfaat Menggunakan Drone DJI Matrice 600 Dan Hovermap LIDAR Untuk 3D Modelling Tambang

Membuat 3D modelling saat survey tambang bawah tanah yang sangat akurat untuk adalah salah satu aktivitas yang sering dilakukan, hanya saja, Sebagian besar lingkungan tambang berbahaya, dan Profesional Pertambangan perlu bekerja di ruang sempit dan tertutup, yang tidak rata dan sulit diakses serta minim jangkauan GPS. UAV LIDAR merupakan teknologi pemetaan topografi menggunakan teknologi laser yg dimounting pada sebuah drone.


Hasil 3D Modelling Tambang Dengan Drone

Dan Teknologi LIDAR Emesent Hovermap


Industri Pertambangan, akan merasakan manfaat lebih, ketika menggunakan drone DJI M600 yang diintegrasiikan dengan Hovermap LIDAR untuk membantu pembuatan 3D Modelling pada Objek Tambang.


MEMPEROLEH KEPADATAN GAMBAR YANG SANGAT TINGGI


Atribut yang paling menonjol dari point cloud adalah kerapatan setiap titik. Mirip dengan resolusi foto udara, kerapatan titik data LIDAR menentukan jumlah pengukuran per area, dari titik pengambilan sampel. Saat kita berbicara tentang titik 1 dimensi dan bukan objek piksel 2 dimensi, akan ada ruang kosong di antara pengukuran. Dengan menggunakan LIDAR pada 3D Modelling Tambang menggunakan drone, berarti Engineer Tambang akan memperoleh jumlah point cloud yang seragam, tanpa memerlukan alat khusus untuk mengukur kepadatan Objek Tambang, dan hasil pengumpulan data dapat dikumpulkan dalam waktu singkat.


Cakupan lengkap untuk kalkulasi volume DENGAN akurasi tinggi


Pemantauan dan penilaian metrik volume Stockpile pada Tambang memerlukan manajemen Tambang yang komprehensif dan membuat banka pekerja Tambang melakukan Lemur untuk mengkalkulasikan volume Stockpile. Teknik pemantauan Stockpile, saat ini sudan mengalami evolusi terkait dengan kemajuan pengukuran dan teknik pengolahan data mulai dari topografi klasik hingga sistem satelit navigasi global (GNSS) dan sistem survei, sepeti menggunakan drone yang diintegrasikan dengan Teknologi LIDAR untuk membuat permodelan dari jarak dekat.


Perangkat lunak manajemen data 3D Tambang yang dikumpulkan dengan Teknologi LIDAR memungkinkan pemrosesan data dengan tingkat error yang sangat minim serta mampu menciptakan 3D Modelling Pertambangan dengan resolusi yang tinggi. Teknologi LIDAR membantu sektor Pertambangan, dimana drone mampu menghasilkan pengujian untuk monitoring dan komputasi volume Tambang dengan Cepat dan lebih praktis. Hal ini membuat Drone yang diintegrasikan dengan Hovermap LIDAR dapat memperoleh data volume objek Pertambangan secara detil dan signifikan, hingga ke level identifikasi struktur geoteknis kritis, Faults, dan Fracture Pertambangan.


STOPE SURVEy DALAM HITUNGAN MENIT



Sistem LIDAR yang dipasang pada drone, akan dapat beroperasi secara mandiri tanpa melibatkan Pekerja ke area yang berbahaya. Drone DJI dan Hovermap LIDAR akan mengumpulkan data secara lengkap untuk memetakan area Stope dengan memproses Point Cloud dalam waktu 10 menit. Cara ini dapat mengurangi gangguan survei reguler dan volumetrics yang kurang akurat, dan dapat memberikan wawasan yang lebih baik untuk Mine Engineer untuk menghilangkan dugaan Stope, perhitungan volume dan rekonsiliasi dengan Stope Plan untuk perhitungan over and underbreak secara detail, dengan kepadatan point cloud yang memungkinkan Mine Engineer mengumpulkan informasi struktur Geologi dan optimalisasi rencana Blasting yang akan dilakukan secara aman, cepat dan minim risiko yang dapat mengancam keselamatan Pekerja di sektor Pertambangan secara lengkap.


DRIVE MAPPING & ANALYTICS


Hovermap menghasilkan point cloud dengan kepadatan tinggi, hal ini berarti bahwa bdata pemindaian mencakup seluruh objek Tambang Bawah Tanah dan memiliki resolusi spasial yang konsisten. Insinyur pertambangan dapat mengidentifikasi fitur geologi atau melakukan analisis volumetrik, yang tidak mungkin dilakukan dengan data CMS dengan kepadatan point cloud yang rendah. Survey tambang menjadi lebih aman dan cepat untuk menangkap 3D modelling Tambang Bawah Tanah beserta komoditas mineral atau hasil tambang yang terdapat di dalamnya.


PENYEMPURNAAN ANALISA STOPE MAPPING


Rekonsiliasi dan analisis Stope bergantung pada kualitas data yang dihasilkan oleh pemindaian Stope. Dengan CMS, kualitas pemindaian dibatasi oleh lokasi pemindai statis dan ukuran yang menghasilkan kerapatan titik yang buruk yang dapat menutupi kerusakan berlebih. Sebagai perbandingan, Hovermap terbang melampaui batas, dengan menelusuri Stope Tambang untuk menangkap data secara konsisten dalam kisaran 10.000-20.0000 poin per meter persegi secara jelas.


Point Cloud beresolusi tinggi yang dihasilkan oleh Hovermap LIDAR, dapat memberikan manfaat analisis yang lebih mendalam dan memberi keyakinan besar pada Mine Engineer untuk pengambilan keputusan lanjutan. Selain itu, Mine Engineer juga dapat memiliki keyakinan yang tinggi untuk menginformasikan Stope Volume guna rekonsiliasi produksi Tambang. Over and Under Break dapat dihitung lebih pasti, ditambah dengan interpretasi yang lebih baik. Jejak diskontinuitas dan bidang struktural Stope dapat diindetifikasi oleh Mine Engineer dan Insinyur Geoteknik secara langsung, tanpa ada batasan cakupan CMS sama sekali.


MINERALOGY MAPPING



Teknologi LIDAR juga berguna untuk memastikan pasokan Mineral Tambang secara aman, serta meningkatkan eksplorasi domestik sektor Swasta dan dapat membantu Tambang Indonesia untuk mengurangi ketergantungan pada Negara lain. Tidak hanya itu, dengan menggunakan Hovermap LIDAR untuk Pertambangan, dapat membantu Mine Engineer mengidentifikasi sumber mineral baru dan meningkatkan aktivitas produksi mineral di semua tingkatan dengan cara yang aman dan bertanggung jawab terhadap lingkungan.


Menggunakan LIDAR sebagai alat dalam eksplorasi mineral, memberikan opsi berharga untuk meningkatkan keamanan dan efisiensi. Jika data topografi yang ditingkatkan dapat dikumpulkan, maka akan membuat eksplorasi mineral lebih aman, lebih produktif dan lebih efisien, sekaligus menyediakan metode untuk mendeteksi perubahan dan pola mineralisasi di permukaan bumi. LIDAR juga menyediakan data sumber untuk peta dasar yang akurat, identifikasi fitur permukaan, interpretasi tanah, dan identifikasi patahan. Kemampuan untuk memodelkan medan Tambang secara akurat dan menembus vegetasi merupakan sumber daya yang berharga untuk mendeteksi fitur yang sebelumnya jauh lebih sulit untuk diamati.


Endapan mineral memiliki tanda topografi yang memberikan petunjuk ke lokasi dan isinya. Hal ini dapat dikaitkan dengan cara Mine Engineer dalam melihat kondisi Tambang dan menghitung ketahanannya terhadap pelapukan. Selain itu, LIDAR dapat memberikan gambaran rinci tentang lapisan stratigrafi pada permukaan yang terbuka, yang merupakan bidang penyelidikan utama, untuk membantu ahli geologi menentukan daerah untuk eksplorasi lebih lanjut. Lapisan ini dapat dilihat di lapangan dengan menggunakan LIDAR, bahkan sebelum 3D Modelling pekerjaan dilapangan dilakukan. LIDAR juga menyediakan data sumber untuk dasar pemetaan lokasi Tambang yang akurat, identifikasi fitur permukaan, interpretasi tanah, dan identifikasi patahan dan patahan. Kemampuan untuk memodelkan medan secara akurat dan menembus seluruh lokasi mineral Tambang merupakan sumber daya yang berharga untuk mendeteksi fitur yang sebelumnya jauh lebih sulit untuk diamati.

Pemetaan Tambang secara digital menggunakan Drone DJI M600 dan Hovermap LIDAR semakin penting untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi tambang, dan Hovermap memainkan peran penting dalam penciptaan digital twins. Teknologi ini menyediakan cara cepat dan aman untuk menangkap Objek Tambang dan membuat 3D Modeeling dari objek tersebut.


For further information, please kindly send your questions on Our Contacts below.


enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888.


#dronelidar #3dmodelling #tambang #dronesurvey #engineeringindonesia #LIDAR #digitaltwin #uavlidar #DJIM600 #undergroundmining

205 views

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)