Launch of Drone Autonomy Level 2 Enables Complex Drone Operations Underground and in Confined Spaces

Keywords: Autonomy Drone, A.I, Drone Bawah Tanah, Pertambangan, Confined Space, Drone Khusus Inspeksi, AL2


Jakarta, Indonesia, 5 August 2020 — Emesent, sebuah perusahaan drone autonomy, hari ini mengumumkan sebuah kemajuan baru dalam perjalanan menuju sistem kendali penerbangan otonomi (full autonomous), dengan diluncurkannya Autonomy Level 2 (AL2) untuk Hovermap, sebagai muatan untuk drone industri pertama didunia yang bersifat plug-and-play yang menyediakan kemampuan navigasi otonomi diluar jangkauan penglihatan operator, beroperasi di area yang tidak mendapat sinyal GPS. 

Dibangun dengan dasar dari Teknologi Navigasi Otonomi SLAM (Simultaneous Localisation and Mapping) dari Hovermap, AL2 memungkinkan segala macam drone yang kompatibel untuk terbang diluar jangkauan komunikasinya dan diluar jangkauan penglihatan ke area-area yang belum pernah dipetakan. Teknologi AL2 ini memungkinkan perusahaan melakukan pemetaan, navigasi dan mengumpulkan data di area yang kompleks, seperti Pertambangan, Area Konstruksi Sipil, Infrastruktur Telekomunikasi, dan Pengumuman Respon Bencana.


Above: Autonomous drone flight through underground mining tunnels (drives, drifts) while also mapping the structures in high resolution 3D LIDAR scanning.


Above: Autonomous drone flight into an underground stope structure enables quick full 3D scan in high resolution, allowing geotechnical analysis.



Johannes Soekidi, Managing Director di Halo Robotics, mitra distribusi Emesent di Indonesia, mengatakan: “Autonomy Level 2 untuk drone adalah sebuah gebrakan. Dengan memberikan drone kemampuan untuk menavigasi sepenuhnya secara mandiri melalui lingkungan yang kompleks, gelap, tidak ber-sinyal GPS, dan berbahaya. Hal ini membawa Emesent Hovermap ke tempat-tempat, yang bahkan Pilot paling berpengalaman pun tidak dapat terbang, sementara itu menggunakan payload berspesifikasi tinggi, Kamera RGB dan pemindai LIDAR untuk menangkap data visual dan struktural yang penting secara real time, tanpa membahayakan manusia atau drone itu sendiri. Dengan data LIDAR yang mudah digunakan dengan software utama seperti Deswik, AutoCAD, dan banyak lagi, teknologi ini sebenarnya sangat mudah diterapkan dan benar-benar membawa manfaat besar bagi perusahaan di setiap sektor utama di Indonesia, termasuk Pertambangan Bawah Tanah, Telekomunikasi, Minyak dan Gas, Kehutanan, dan lain-lain."


Teknologi Emesent dibangun dari satu dekade dan memenangkan penghargaan terkait drone autonomy dan teknik 3D Lidar berbasis SLAM oleh grup CSIRO’s Robotics and Autonomous System. Pelanggan dari seluruh dunia, telah menggunakan kemampuan Hovermap Autonomy level 1 hampir selama dua tahun, untuk melakukan pemetaan area yang kompleks dan menantang dengan keterbatasan sinyal GPS dan jangkauan jarak pandang mata Manusia.


Lebih lanjut, AL2 drone dapat bernavigasi secara mandiri dan menghindari berbagai objek yang dapat menghambat penerbangan yang tidak dapat dilihat oleh jarak pandang saat drone dioperasikan sejak lepas landas hingga mendarat dengan jarak aman. Sistem akan memproses data on-board secara real time untuk mengirimkan peta 3D dari lingkungan sekitar ke tablet operator, dengan menyediakan gambaran yang instan dan detail dari area sekitar, serta mengidentifikasi potensi bahaya yang ada. Secara keseluruhan, AL2 melakukan misi dari lepas landas hingga mendarat dengan menggunakan live view dari peta 3D.




AL2 akan memberikan Pengguna Industri, banyak manfaat diantaranya:

  • Peningkatan keamanan, dengan kemampuan untuk terbang diluar jarak pandang, akan menjaga Pekerja untuk jauh dari lingkungan berbahaya dan mendapatkan gambaran data area Tambang atau wilayah dengan lingkungan kompleks lainnya menjadi lebih aman.

  • Optimisasi biaya, dikarenakan AL2 lebih cepat dalam melakukan scan terhadap lingkungan dan teknologinya, sehingga hanya membutuhkan kemampuan lebih sedikit untuk mengoperasikannya.

  • Mengurangi downtime, dengan drone yang dapat secara cepat dan mudah memetakan galian bawah tanah yang sulit dijangkau dengan ganggguan produksi yang minimal.

  • Peningkatan visibilitas terhadap lingkungan, dengan titik awan yang real time yang didapatkan langsung dari tablet pilot, memungkinkan pilot untuk berinteraksi dan memeriksa data scan selagi mengoperasikan drone.

  • Kemudahan beroperasi, dikarenakan adanya fungsi “tap-to-fly” dan “guided exploration” serta beberapa failsafe termasuk return to home otomatis ketika baterai lemah dan pendaratan otomatis ketika baterai kritis.

AL2 saat ini cocok dengan beberapa drone dari DJI Enteprise termasuk DJI Matrice 300 RTK. Emesent telah berkerja sama dengan DJI untuk memastikan kompatibilitas dan integrasi dari fungsi otomatis seperti AL2 dengan flight control dari drone. Kompatibilitas lebih lanjut dengan model drone lain akan direncanakan setelah peluncuran produk sebagai tahapan lanjutan menuju visi untuk mencapai drone yang dapat berfungsi secara otomatis pada lingkungan tanpa sinyal GPS, hingga pada akhirnya dapat melakukan misi drone hanya dengan menekan satu tombol, tanpa ada bantuan dari Operator.


Dr Stefan, Hrabar, CEO dan salah satu pendiri Emesent, mengatakan: "Peluncuran Ini adalah langkah besar untuk navigasi otonomi drone dan merupakan manfaat besar bagi industri seperti pertambangan, konstruksi sipil, dan tenaga tanggap darurat. Dengan kecerdasan menavigasi lingkungan yang sulit sebelumnya, Pelanggan dapat menggunakan sistem untuk melakukan misi yang kompleks, memberikan rasa aman pada Personel, dan mendorong efisiensi yang lebih besar dalam operasi mereka."


Informasi lebih lanjut dan Spesifikasi Produk, silahkan menghubungi kontak dibawah ini


enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549888 

22 views

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)