Kelebihan Teknologi Drone DJI Untuk Sektor Pertanian Indonesia

Keywords: Perkebunan, Drone Pertanian, Agriculture, Bertani, DJI, Spraying Drone, Pertanian, Bertani, Pestisida, Herbisida


Saat lahan pertanian semakin sempit, sementara populasi Manusia semakin meningkat, Industri Pertanian dan Perkebunan mulai melakukan efisiensi untuk mencapai produktivitas pertanian secara maksimal, dengan digitalisasi Pertanian dengan drone. Hal ini dilakukan, untuk menyeragamkan hasil panen, sehingga pemeliharaan tanaman, penyemprotan pestisida, pemetaan wilayah tanam bisa lebih efektif untuk membantu tenaga Petanian.


Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan langsung dirasakan oleh sektor Pertanian dan Perkebunan di Indonesia ketika bertani dengan teknologi drone.


SPRAYING and seed DRONE DAN KESEHATAN PETANI


Diperlukan waktu yang cukup lama untuk melakukan penyemprotan pestisida ataupun herbisida pada komoditas Pertanian dan Perkebunan. Pada umumnya, Penyemprotan cairan pestisida hanya mampu dilakukan untuk lahan seluas 0.3 hektar dalam waktu 18 menit. Lain halnya dengan menggunakan spraying drone DJI Agras series, efisiensi penyemprotan ditingkatkan dengan menyemprotkan lahan seluas 1 hektar dalam waktu yang sama.


Drone DJI Agras Membantu Pertanian dan Perkebunan Indonesia


Selain meningkatkan efisiensi penyemprotan, dengan menggunakan spraying drone, sektor Pertanian dan Perkebunan akan membantu Petani lebih sehat. Hal ini dikarenakan residu pestisida yang terhirup oleh Petani dapat diminalisir,, sehingga dapat memberikan dampak positif untuk mereka sekaligus perusahaan yang bergerak di sektor Pertanian dan Perkebunan di Indonesia. Petani juga akan semakin dipermudah dalam mendistribusikan bibit tanaman dengan drone DJI Agras Series.


MERINGANKAN BIAYA INPUT PERTANIAN


Dalam melakukan penyemprotan cairan pestida ataupun herbisida untuk membasmi hama dan gulma dalam sekali waktu, dimana pengisian ulang cairan spraying drone jenis DJI hanya dilakukan sebanyak 2 kali. Sementara penyemprotan konvensional memerlukan isi ulang cairan rata-rata dilakukan empat kali dalam satu hari, untuk lahan pertanian seluas 2 hektar. Selain itu, keterbatasan tenaga Petani juga membuat waktu istirahat lebih banyak dan jeda kosong penyiraman yang seharusnya bisa dimanfaatkan secara maksimal.


Proses pengisian ulang cairan pestisida drone DJI Agras


Sementara itu, spraying drone DJI Agras hanya memiliki jeda istirahat yang lebih sedikit, saat daya habis. Pengisian daya hanya perlu dilakukan dua kali, dimana dalam sekali mengecas, spraying drone dapat digunakan untuk 20 kali penyemprotan, sehingga hasil yang diperoleh lebih maksimal. Selain itu, spraying drone tersebut juga dapat digunakan untuk mengatur luas area lahan yang ingin disemprotkan cairan pestisida atau herbisida, sehingga penyemprotan menjadi lebih tepat sasaran.


MAINTENANCE KONDISI TANAMAN DARI JAUH DAN HASIL PANEN


Kondisi mutlak yang dapat diperoleh sektor Pertanian dan Perkebunan di Indonesia ketika menggunakan drone adalah dapat mencegah sedini mungkin tingkat kerusakan tanaman yang parah disebabkan oleh hama ataupun gulma tanaman.


Hasil Penglihatan RGB (Kiri) dan Multispectral (Kanan) Tanaman Kelapa Sawit lewat Drone


Drone pertanian DJI Phantom series, dapat menghasilkan sensor kamera pencitraan multispektral (multispectral), untuk melihat kondisi tanaman yang sehat dan yang sakit. Kondisi ini dapat membantu sektor Pertanian dan Perkebunan, untuk melakukan tindakan

preventif pemeliharaan tanaman dengan mengelola tanaman, tanah, pemupukan, irigasi lebih efektif, sehingga dapat meningkatkan produktivitas hasil panen serta mengurasi pemborosan air, pupuk dan pestisida tanaman.


Pengaplikasian teknologi drone di bidang Pertanian dan Perkebunan sangat diperlukan. Teknologi drone di bidang Pertanian dapat membantu Petani dalam mengaplikasikan atau menyemprotkan pestisida, serta melihat kesehatan tanaman secara lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan bertani secara konvensional.


Pertanyaan dan solusi drone lainnya, silahkan hubungi kami lewat kontak dibawah ini.


enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888

59 views

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)