Peran Drone VTOL Untuk Memadamkan Kebakaran Hutan

Keywords: Foresthry, Agroindustry, Pertanian, Teknologi Drone, UAV, Zerotech, Public Safety, Security, Polisi, BKSDA, BASARNAS, Search and Rescue


Kebakaran hutan terjadi di sebuah desa kecil di pinggiran kota Beijing pada pukul 12 siang tanggal 30 Maret. Karena angin besar, api dengan cepat menyebar ke Desa terdekat dengan total area 640 hektar. Pada pukul 10:15 waktu setempat, kebakaran hutan yang berlokasi di kaki gunung telah dipadamkan tanpa melukai warga sipil atau petugas pemadam kebakaran.


Ketika kebakaran terjadi, departemen darurat Beijing dengan cepat meluncurkan mekanisme respons darurat. Drone ZT-3V dari Zerotech langsung meluncur secara cepat setelah menerima perintah dan instruksi, terbang ke lokasi kebakaran untuk mendeteksi titik-titik api.


Kebakaran Hutan Berada di Kaki Gunung

Petugas Sulit Menjangkau Medan Dalam Waktu Singkat


Hybrid fix wing UAV nya memiliki muatan 8 kg, dan fungsi lepas landas dan pendaratan vertikal memungkinkan pesawat melakukan pengawasan jarak jauh di lingkungan yang kompleks. Dalam pekerjaan pemadaman kebakaran ini, drone ZT-3V dilengkapi dengan pod fotolistrik tiga sumbu dan dengan cepat berangkat ke area kebakaran. Memanfaatkan keunggulan perspektif ketinggian tinggi dan fungsi zoom optik 30X, ZT-3V melakukan video resolusi tinggi dari area kebakaran dan dikirim ke komandan tepat waktu. Para komandan mengatur rencana penyelamatan berdasarkan informasi tangan pertama ini. Setelah api padam, UAV memasang pod inframerah untuk melanjutkan misi dan mengakhiri kemungkinan penyalaan kembali setelah kebakaran. Seperti kita ketahui bahwa sinyalnya mudah terhalang di daerah pegunungan.


Skema Proses Zerotech 3V Memadamkan Kebakaran Hutan


Base Station menyediakan komunikasi jangkauan penuh untuk seluruh gunung yang memungkinkan transmisi sinyal di daerah pegunungan. UAV menerapkan tautan data teknologi hopping frekuensi anti- gangguan untuk koneksi yang lebih baik antara setiap stasiun induk. Tautan data juga dapat disesuaikan dengan stasiun induk UAV khusus untuk mencakup lebih banyak area pengiriman data. Kamera stabil gimbal tiga sumbu, memungkinkan untuk video definisi tinggi. UAV dapat terbang ke tempat-tempat lingkungan yang keras membawa muatan yang sesuai untuk menyediakan video real-time untuk aplikasi pemandangan yang berbeda.


Zerotech 3V termasuk kedalam drone VTOL, digunakan untuk membantu menemukan titik api di lokasi kebakaran dengan kondisi lingkungan yang kritis dan medan yang sulit dijangkau


Pemadaman dengan drone Zerotech 3V memiliki beberapa kelebihan, diantaranya sebagai berikut:

  1. Dilengkapi dengan Inframerah untuk mendeteksi kebakaran baik siang ataupun malam

  2. Pengawasan jarak jauh untuk lingkungan yang kompleks dilalui

  3. Dapat melakukan fungsi pemantauan jalan atau sungai

  4. Pesawat dapat kembali ke titik pendaratan denaan aman meski tidak ada sinyal satelit

  5. Merencakan rute penerbangan otomatis dengan tingkat kesalahan koordinat rute dan lokasi hanya 1%

Saat ini, Zerotech sudah bekerjasama dengan Halo Robotics sebagai partner resmi drone VTOL, agar BASARNAS ataupun Stakeholders di sektor Public Safety lainnya dapat memperoleh drone tersebut untuk penerapan misi penyelamatan yang lebih efektif dan efisien di Indonesia.


Untuk pertanyaan atau demo ZT-3V, silahkan hubungi kontak dibawah ini


enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)