Drone Payload Launching DJI Zenmuse P1: Tolak Ukur Baru Untuk Photogrammetry & Aerial Survey

Jakarta, 14 Oktober 2020


DJI Zenmuse P1 baru saja diluncurkan oleh pemimpin drone komersial dan teknologi pencitraan udara di dunia, DJI sebagai payload dengan kemampuan tinggi di industri drone yang dapat membantu ahli geospasial melakukan survey udara. DJI Zenmuse P1, juga dirancang untuk membantu berbagai sektor bisnis untuk memenuhi persyaratan photogrammetry dan aerial survey dengan efisiensi dan akurasi yang tinggi.


DJI Zenmuse P1


Diluncurkan bersama dengan Halo Robotics, penyedia peralatan dan layanan drone komersial terbesar di Indonesia, DJI Zenmuse P1 dapat diakses sepenuhnya oleh perusahaan dan organisasi pemerintah di seluruh Indonesia. Dengan penggunaan teknologi drone yang meningkat pesat di seluruh ekonomi terbesar di Asia Tenggara, sektor-sektor utama seperti industri minyak dan gas, pertambangan, pertanian, konstruksi dan infrastruktur kritis akan memperoleh keuntungan signifikan dari payload DJI Zenmuse P1 tersebut.


Payload Zenmuse P1, akan menjadi solusi lengkap dan handal untuk akuisisi data geospasial yang akurat dengan harga yang terjangkau untuk penggunaan survey dan mapping dalam skala besar, menurut Managing Director Halo Robotics, partner lokal DJI di Indonesia Johannes Soekidi. Teknologi LIDAR adalah sistem pencitraan berbasis laser yang hingga saat ini terlalu mahal bagi sebagian besar perusahaan untuk dibawa secara internal, teknologi Zenmuse P1 adalah mimpi yang menjadi kenyataan bagi banyak perusahaan, karena sensor LIDAR dengan spesifikasi tinggi dan harga yang terjangkau sepenuhnya dapat terintegrasi dengan drone komersial terbaik dari DJI.


Dalam industri survei udara, teknologi LIDAR memainkan peran penting sebagai pemindai laser 3D yang mampu menangkap area atau struktur suatu objek dengan tingkat akurasi yang luar biasa tinggi. Pemindai laser mengirimkan laser pulse sebanyak ratusan ribu titik per detik, dimana setiap titik memiliki posisinya sendiri dalam ruang 3 dimensi.


Sebagai standar industri global untuk teknologi drone, masih banyak yang menggunakan DJI Phantom 4 RTK untuk menangkap data pemetaan dan pembuatan permodelan objek secara akurat dengan akurasi hingga ketingkat sentimeter, untuk berbagai aplikasi, mulai dari survey wilayah hingga observasi struktur yang kompleks. Hingga saat peluncuran hari ini, DJI mendorong batas-batas visinya untuk setiap industri agar dapat meningkatkan fotogrametri udara ke tingkat akurasi, kinerja, dan pekerjaan presisi tinggi yang belum pernah terjadi sebelumnya.


Lensa Fokus DJI Zenmuse P1


DJI P1 adalah payload survei serbaguna berkinerja tinggi yang dibuat oleh DJI. Zenmuse P1 mengintegrasikan CMOS full-frame 45-Megapiksel dengan opsi lensa fokus 24mm, 35mm, 50mm dan 3-axis stabilized gimbal. Dengan spesifikasi yang luar biasa tinggi itu, DJI Zenmuse P1 mampu memberikan perolehan data dengan akurasi tinggi tanpa Ground Control Point (3cm horizontal /5cm vertikal), serta mampu meningkatkan efisiensi survei drone. khususnya ketika menggunakan platform drone DJI M300, payload DJI Zenmuse PI tersebut mampu menempuh jarak hingga 3 km persegi dalam sekali terbang.


Spesifikasi DJI Zenmuse P1

  1. Weight: 787 gram

  2. Dimension: 198mm x 166mm x 129mm

  3. IP Rating: IP4X

  4. Supported Platform: M300 RTK

  5. CMOS Size: 35.9mm x 24mm

  6. Effective Pixels: 45mm

  7. Pixel Size: 4.4um

  8. Supported SD Cards: Maksimal 128gb

  9. Still Resolution: 3:2 (8192×5460)

  10. Shortest Time Interval: 0.7s

  11. Shutter Speed: Electronic Shutter Speed:1/8000 –8s, Mechanical Shutter: 1/2000 1/8s

Fitur ISTIMEWA DJI Zenmuse P1


Full Frame CMOS

Lebih dari 5-10 kali lebih efisien dibandingkan dengan Phantom 4 RTK dalam misi orthophoto mapping, Zenmuse P1 yang diintegrasikan dengan drone DJI M300 dapat meningkatkan operasional harian sebesar 10%, serta mendukung TimeSync2.0 untuk melakukan sinkronisasi pengontrol penerbangan, RTK, gimbal dan kamera dalam satuan milidetik.


Dengan TimeSync2.0 yang baru, DJI Zenmuse P1 mampu memastikan keakuratan yang tinggi, dengan akurasi horizontal sebesar 3 cm dan vertikal sebesar 5 cm. DJI Zenmuse P1

dapat memenuhi persyaratan utama untuk pengambilan foto beresolusi tinggi dan membuka kemungkinan pada pengguna untuk menangkap data citra akurat sentimeter yang dikombinasikan dengan posisi real-time dan teknologi kompensasi orientasi.


Smart Oblique Capture


Pengembangan utama lainnya oleh DJI bersamaan dengan rilisnya payload Zenmuse P1 adalah fitur Smart Oblique Capture. Fitur ini secara dramatis meningkatkan efisiensi penerbangan pemetaan drone dengan menangkap gambar secara sistematis untuk secara efektif meningkatkan setiap total area yang di survey setiap detiknya ketika menerbangkan drone.


Dengan menggunakan fitur Smart Oblique Camera ini, Zenmuse P1 secara efektif mampu menangkap gambar dari area yang lebih luas dan beberapa sudut sekaligus, yang membuat penerbangan drone lebih efisien sekaligus meningkatkan akurasi peta dan model 2D dan 3D yang dihasilkan.


Smart Data Management


DJI Zenmuse P1 dapat menghasilkan alur kerja photogrammetry yang intuitif, sederhana, dan cerdas. Semua data akan disimpan kedalam satu penyimpanan berbentuk data GNSS. Parameter kamera yang sesuai, untuk UAV juga menyertakan status RTK, dimana saat ini semuanya secara otomatis ditulis ke dalam metadata gambar. Folder data survei yang dibuat secara otomatis berpola berdasarkan nama misi dan waktu. DJI Zenmuse P1 sangat terintegrasi, dimana seluruh Informasi seperti posisi kamera, dan posisi orientasi seluruhnya akan disimpan dalam gambar yang diambil. Pengalaman rekonstruksi dengan DJI Terra cukup dengan mengimpor satu folder saja.


APLIKASI INDUSTRI


Survey Topografi


Dengan solusi antena P1 yang sangat terintegrasi dan alur kerja yang intuitif, pengguna dapat dengan mudah memperoleh kumpulan data akurasi pada tingkat skala survei 1: 500 tanpa menggunakan GCP apa pun.


Konstruksi Lahan dan Bangunan


DJI Zenmuse P1 dapat digunakan untuk menentukan dimensi dan lokasi bidang tanah dari hasil perolehan 3d point cloud pada lahan atau area yang disurvei.


AEC


P1 dapat mengumpulkan dengan cepat set data 2D dan 3D yang diperlukan untuk fase desain, operasi dan pemeliharaan dalam proyek perusahaan seperti konstruksi, jalan, jembatan, jalur transmisi, jaringan pipa minyak dan gas, dll.


Survey SDA


Payload tersebut juga dapat digunakan untuk aplikasi kehutanan seperti analisis distribusi spesies, kepemilikan suatu vegetasi, dan informasi lain mengenai sumber daya alam termasuk pegunungan, sungai, hutan, ladang, danau, dll.


Survey Bencana Geologi


Pekerja juga dapat mengumpulkan data koordinat terjadinya bencana dengan akurasi tinggi tanpa menempatkan pekerja di kondis lingkungan yang berbahaya. DJI Zenmuse P1 mengubah metode survei tradisional dengan mengurangi kesulitan dalam pengambilan data, dan memastikan keamanan operator di darat saat melakukan survey.


Survey Pemetaan Darurat


Pemimpin dapat menetapkan beberapa orang tim tanggap darurat untuk mendapatkan data tangan pertama berupa informasi geografis yang diperlukan secara real-time untuk membuat keputusan lanjutan.


KESIMPULAN


DJI Zenmuse P1 akan menawarkan keunggulan baru bagi para profesional photogrammetry juga memungkinkan mereka untuk bekerja lebih cepat berkat spesifikasinya yang tinggi untuk akuisisi data drone yang efisien, bersama dengan fitur unik yang dirancang untuk memberi surveyor metadata yang diperlukan untuk akurasi tingkat survei, meskipun melakukan misi penerbangan yang kompleks dan membutuhkan orthomosaics 2D, serta gambar untuk pemodelan 3D dengan akurasi hingga ke tingkat sentimeter,


For further info, please kindly send your question on


enterprise@halo-robotics.com

+621811-8549-888


Keyowrds: #DJI #LIDAR #Photogrammetry #3dmapping #pemetaan #DJIZenmuseP1 #dronepayload #surveyor

45 views

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)