Drone Elios 2 Membantu Industri Minyak Menghemat Anggaran Inspeksi Tangki Kapal Sebesar 30 Miliar

OVERVIEW & MANFAAT UNTUK BISNIS


Studi kasus ini menunjukkan bagaimana pengelola sebuah kapal tanker minyak mampu merealisasikan penghematan Rp 30 miliar dengan menggunakan drone Elios 2 untuk pemeriksaan tangki kargo untuk kapal tanker minyak. Keunggulan tersebut dilihat dari berbagai sisi, baik dari segi keamanan, ROI dan kecepatan. Penghematan biaya dapat dicapai dengan mengurangi biaya scafolding dan kebutuhan peralatan lainnya, juga dan mengurangi Non Productive Time (NPT) untuk industri penyimpanan minyak.


Watch for Summary

Anomali Objek Yang Diperoleh Saat Inspeksi Tangki Minyak Dengan Elios 2

KEAMANAN (SAFETY)

Mengirimkan Elios 2 ke dalam tangki kargo kapal tanker minyak untuk mengumpulkan data visual , alih-alih inspektur yang melakukan merupakan pengurangan yang signifikan dari paparan potensi bahaya, karena inspektur harus berdiri di atas scafolding yang didirikan pada ketinggian yang signifikan untuk melihat semua bagian tangki.

RETURN ON INVESTMENT Penghematan total dari penggunaan Elios 2 untuk inspeksi tangki kargo adalah sekitar $ 2 juta USD. (30 Miliar Rupiah) berasal dari biaya untuk pemeriksaan manual dengan scafolding yang menelan dana sekitar $ 400.000 (5,8 miliar) dan proses untuk pemasangan dan pelepasan yang membutuhkan tambahan delapan hari, dengan dana yang harus dikeluarkan sebesar $ 1,6 juta (23,9 Miliar).


Total pendapatan yang hilang menjadi 30 miliar rupiah. Nominal yang sangat besar, yang seharusnya bisa dihemat, sehingga atas dasar inilah perusahaan di sektor Minyak tersebut menggunakan drone Elios 2 untuk memperoleh pengehematan yang luar biasa tanpa mengurangi akurasi data yang didapatkan.

KECEPATAN (EFFICIENCY) Elios 2 mampu menyelesaikan inspeksi tangki kargo dalam dua hari, dibandingkan dengan 10 hari yang diperlukan untuk inspeksi manual karena kebutuhan untuk membangun dan membongkar Scafolding.


Pada bulan Maret 2020, biaya untuk menyewa sebuah kapal tanker minyak melonjak dari sekitar $ 25.000 USD sehari menjadi $200.000 (373 juta) menjadi $200.000 (2.9 miliar) per hari. Kenaikan yang sangat signifikan tersebut hampir tida cukup untuk menutupi biaya sewa harian untuk menjalankan kapal tanker. Alasan kenaikan harga yang tiba-tiba ini disebabkan oleh kekurangan pasokan kapal tanker minyak yang secara simultan juga berdampak pada permintaan yang besar untuk mereka. Pada saat itu, harga minyak telah tenggelam sangat rendah, sebagian besar disebabkan oleh dampak COVID-19 yang tidak terduga di seluruh dunia. Karena minyak sangat murah, spekulan membeli sebanyak mungkin dan menyimpannya di kapal tanker, kemudian menunggu sampai harga naik, ketika mereka sudah siap untuk menjualnya. Potensi keuntungan yang dapat dihasilkan dengan cara ini sangatlah signifikan. Jika, misalnya, Anda menjalankan sebuah rumah investasi yang membeli satu juta barel minyak dengan harga $ 20 per barel, jika harganya naik menjadi $ 30 per barel, Anda akan mendapat untung 10 juta dolar atau sekitar 149 miliar rupiah (belum dikurangi dari biaya yang Anda bayarkan untuk penyimpanan). Karena potensi ini, para spekulan membeli semua minyak murah yang bisa mereka temukan. Tetapi mereka membutuhkan tempat untuk menyimpan semua minyak ini sambil menunggu harga kembali naik, yang berarti permintaan kapal tanker minyak sangat tinggi, yang mengakibatkan biaya sewa harian untuk menyewa sebuah kapal tanker minyak yang melambung tinggi


KEBUTUHAN PELANGGAN Sebagai manajer kapal tanker minyak, Anda ingin kapal Anda bisa menghasilkan pendapat yang besar. Pada bulan Maret tahun 2020, menjadi momen untuk menguntungkan industri tersebut, dimana pada bulan tersebut menjadi waktu adalah waktu terburuk untuk berinvestasi atau menyewa kapal tanker Anda untuk melakukan untuk inspeksi atau perbaikan. Pada bulan yang sama, sebuah perusahaan manajemen yang memiliki sebuah kapal tanker minyak melihat adanya kerusakan pada salah satu kapal tanker minyak mentahnya. Untuk menghindari potensi bahaya bagi orang dan lingkungan, perusahaan pelayaran harus melakukan pemeriksaan menyeluruh di area cacat yang diketahui dan kemungkinan area cacat lainnya.


HASIL


Inspektur menggunakan drone Elios 2, karena mereka mengetahui, bahwa drone khusus confined space tersebut dapat membuat inspeksi tangki berjalan lebih cepat daripada inspeksi manual, sehingga dapat menghilangkan kebutuhan terhadap Scafolding namun tetap dapat memberikan data visual berkualitas tinggi,


Cara ini juga menghilangkan kebutuhan seorang Inspektur untuk menempatkan diri mereka dalam potensi bahaya dengan berdiri pada Scafolding saat melakukan tinjauan visual dibagian dalam tangki.


Selama empat tahun menggunakan drone Elios 2, perusahaan berhasil menemukan retakan di dalam tangki kargo, sehingga mereka berhasil untuk mempersiapkan skenario terburuk yang dapat mencegah kebocoran kargo lebih awal.

Kebocoran seperti itu akan mengharuskan perusahaan untuk mengeluarkan kargo dan menjalani pembersihan secara keseluruhan pada kapal. Hal ini akan berdampak pada biaya sewa kapal yang semakin panjang.. Perusahaan juga akan mengeluarkan data yang sangat besar untuk pemeriksaan tersebut selama 10 hari. Hal ini akan berdampak pada keuntungan yang hilang, dimana seharusnya perusahaan bisa téta beroperasi untuk memproduksi minyak. Risiko lainnya adalah, dapat mengakibatkan risiko minyak mentah yang bocor ke laut.


Inspector Melakukan inspeksi Didalam Kapal Tanker


Elios 2 dapat membantu inspektur perusahaan di sektor Minyak dan Gas juga Heavy Industry secara cepat memverifikasi keberadaan retakan di area awal dan mengevaluasi tingkat kerusakan dalam waktu singkat. Drone tersebut juga dapat membantu untuk memeriksa lokasi lainnya untuk mengecek kondisi tangki tanpa harus melibatkan pekerja dalam kendisi berbahaya, sehingga mereka dapat mencegah pembengkakan biaya yang tinggi untuk memperbaiki tangki sedini mungkin.


Drone Elios 2 sangat membantu Inspector dan Manager Kapal Tangker Minyak menghemat waktu dan uang, serta menjauhkan pekerja dari risiko bahaya saat melakukan inspeksi tangki. Keberhasilan dalam studi kasus ini, akan mengakibatkan hilangnya penundaan yang akan menghilangkan banyak minyak untuk industri tersebut, sehingga akan memperkuat keyakinan mereka terhadap drone Elios 2 sebagai alat yang hemat biaya untuk inspeksi visual.


For further info, please kindly send your question on


enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888


Keywords: #oilandgas #oilindustry #confinedspace #inspection #minyak #oiltank #pertamina #bumn #engineer #tangkiminyak #inspeksi #tankcargo

153 views

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)