Tips Memilih Drone Untuk Survey & Mapping Serta Rekomendasi Drone DJI Sesuai Kebutuhan Bisnis

OVERVIEW DAN MANFAAT BISNIS


Secara khusus, survei dan pemetaan pada berbagai industri telah direvolusi oleh penggunaan drone, oleh karena itu, perusahaan harus mengadopsi drone ke dalam alur kerja mereka untuk meningkatkan efisiensi secara dramatis, dimana teknologi drone DJI mampu menembus area yang tidak mungkin dilakukan pemetaan, bahkan berbahaya untuk diinspeksi, menjadi pengubah cara bisnis saat beroperasi dengan mengurangi biaya inspeksi, waktu, meningkatkan keselamatan pekerja dan memberikan tingkat pengembalian investasi yang langsung dapat dirasakan oleh perusahaan.


Artikel ini akan membahas tips untuk memilih berbagai tipe drone DJI yang akan membantu mempermudah aktivitas survey dan mapping pada pengguna drone, agar mereka dapat mengumpulkan data geospasial di berbagai industri dan mencapai efisiensi maksimal dalam operasional bisnis di berbagai sektor, disertai dengan rekomendasi drone DJI yang sesuai dengan kebutuhan anda.


TIPS MEMILIH DRONE DJI UNTUK SURVEY DAN MAPPING


PILIH SESUAI KEBUTUHAN


Pertama, mari kita perjelas perbedaan antara survey dan mapping. Mapping adalah representasi visual dari suatu area yang digunakan untuk menggambarkan geografi dan fitur serta struktur dari suta objek, sementara survey digunakan untuk mengukur posisi dan jarak antar titik secara dua dimensi ataupun tiga dimensi. Meskipun sangat terkait, penggunaan drone untuk survey dan mapping jelas memiliki nilai yang berbeda.


KECEPATAN VS AKURASI

Output dari solusi drone untuk keperluan survey dan mapping adalah, perusahaan dari berbagai sektor dapat menyelesaikan pekerjaan dalam waktu singkat. Selain itu, drone dapat melakukan penerbangan dengan cepat di atas area target, dimana dalam hitungan jam, UAV sudah bisa menghasilkan data yang akurat dan dapat ditindaklanjuti. untuk kebutuhan bisnis. Oleh karena itu penting untuk memilih drone yang dapat menghasilkan data dengan tingkat akurasi yang tinggi saat proyek memiliki deadline waktu pengumpulan data yang sempit.

UKURAN RESOLUSI PIXEL HASIL FOTO UDARA


Seberapa akurat drone dapat mencerminkan realitas objek dari situs yang dilakukan survey dan mapping adalah lewat perhitungan "GSD" (Ground Sample Distance) dalam photogrammetry. Jika drone dapat mencapai minimal GSD 5cm per pixel, maka dapat diinterpretasikan bahwa peta digital ini sama dengan 5cm keadaan objek aslinya, Faktor yang dapat memengaruhi GSD ini adalah kualitas dan resolusi kamera, dimana semakin kecil GSD yang dihasilkan maka kualitas foto yang dihasilkan juga semakin mendekati akurasi hasilnya.


GCP DAN RTK


Sebagian besar survei menggunakan beberapa GCP. Alternatif yang dapat dilakukan untuk menggunakan GCP adalah Real-Time Kinematics (RTK) yang menggunakan pemosisian satelit dan stasiun bumi dengan referensi posisi sekunder yang diketahui untuk memberikan data yang lebih akurat. Setidaknya, operator drone dari berbagai sektor bisnis minimal memilih drone yang sudah dilengkapi oleh RTK, karena dapat menghasilkan akurasi dan kecepatan yang tinggi dengan biaya yang rendah, begitu juga dengan drone yang dilengkapi dengan GCP.


SENSOR DATA


Saat memilih solusi survei dan pemetaan, anda juga harus mengingat jenis data. Proyek yang berbeda, berarti perusahaan juga memerlukan jenis data yang berbeda, Untuk aktivitas photogrammetry misalnya, umumnya aerial survey memerlukan pembuatan model 2D dan 3D beresolusi tinggi dari objek yang akan di survey lewat kombinasi banyak foto digital, oleh karena itu, drone yang dilengkapi dengan oblique kamera dapat mengumpulkan gambar permodelan 3D yang diperlukan tengan waktu yang lebih sedikit, lalu pengguna bisa mengabungkan data gambar dengan software photogrammetry seperti DJI Terra, yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan mengukur fitur seperti jarak, luas dan volume suatu objek.


Selain photogrammetry, teknologi LIDAR juga sangat baik digunakan untuk survey dan mapping, dimana teknologi ini akan diterbangkan diatas objek menggunakan laser untuk menerangi target dan mengukur cahaya yang dipantulkan dengan sensor secara berulang hingga menghasilkan point cloud mewakili objek dengan tingkat akurasi 2x lebih baik daripada photogrammetry. Selain photogrammetry dan LIDAR, sensor multispectral dan hyperspectral juga umum digunakan untuk mengukur pertumbuhan tanaman atau kepatuhan lingkungan, karena outputnya sangat membantu untuk memberikan informasi penting yang dapat ditindaklanjuti.


DRONE TERBAIK DJI UNTUK SURVEY DAN MAPPING


DJI M300 PLUS ZENMUSE L1

L1 adalah payload LIDAR terintegrasi penuh resmi pertama DJI. Payload Ini menggabungkan modul Livox LIDAR, IMU yang sangat akurat, dan kamera 1 '" CMOS pada gimbal stabil 3 sumbu. Dengan akurasi vertikal 5 cm dan akurasi horizontal 10 cm, muatan LIDAR Zenmuse L1 ini mendukung 3 mode pengembalian terbang, dan mampu menghasilkan point cloud 240.000pts per detik dengan rentang deteksi 450 m, serta sudah memperoleh sertifikat IP44. Teknologi ini menjadi solusi LiDAR yang lengkap untuk menangkap pointcloud 3D secara real time, mengumpulkan detail struktur dan fitur objek yang kompleks, dan menghasilkan model rekonstruksi yang sangat akurat.


Pelajari lebih lanjut teknologi L1 disini


Lihat contoh aplikasi DJI M300 plus Zenmuse L1 disini


DJI M300 PLUS ZENMUSE P1


Drone M300 RTK adalah platform industri andalan dan paling kuat untuk melakukan survey dan mapping diberbagai area. Dengan dilengkapi menggunakan teknologi payload Zenmuse P1, drone DJI M300 menjadi solusi untuk survey photogrammetry udara terbaik untuk menjaga agar operasional bisnis lebih efisien


DJI Zenmuse P1 mengintegrasikan sensor 45 MP full-frame dengan lensa fokus tetap yang dapat diganti pada gimbal stabil 3 sumbu. Paket lengkap antara drone dengan payload ini akan menangkap data survey dan menghasilkan kualitas data kelas atas dengan akurasi vertikal 5 cm dan akurasi horizontal 3 cm bahkan tanpa GCP, serta dapat menempuh jarak 3 km persegi dalam satu kali penerbangan.


Selengkapnya tentang PI disini


DJI MATRICE 600 PRO

Sejak pertama kali diluncurkan, drone DJI Matrice 600 langsung mencuri perhatian banyak perusahaan. Hal ini didasarkan pada produksinya yang memang menyentuh pasar drone komersial bagi industri pertambangan, konstruksi, agrikultural dan forestry.


Penggunaan drone tersebut juga dapat dikombinasikan dengan perangkat teknologi DJI Lainnya termasuk A3 Flight Controller, LightBridge 2 Transmission dan RTK. DJI Matrice 600 juga memiliki kapabilitas yang mumpuni untuk melakukan pemetaan wilayah pada pagi dan siang hari serta membuat pemetaan tiga dimensi dengan harga terjangkau.


DJI PHANTOM 4 PRO

Drone klasik DJI ini dilengkapi dengan sensor CMOS 20 megapiksel 1 inci untuk fmenghasilkan foto udara beresolusi tinggi. Drone ini cocok bagi pemula untuk memulai aktivitas pemetaan. Harganya yang murah juga dinilai cocok untuk membantu pengguna independen yang ingin melakukan pemetaan pada suuatu objek sederhana.


Tidak hanya itu, drone DJI Phantom 4 RTK dan DJI Phantom 4 Multispectral juga dapat menjadi referensi bagi pengguna untuk melakukan survey dan mapping. DJI Phantom 4 RTK menghasilkan pemetaan drone yang beresolusi tinggi yang akurat tanpa menggunakan Ground Control Point ("GCP"). Pengukuran DJI Phantom 4 RTK menghasilkan akurasi 1-3 sentimeter. Meskipun teknik RTK terlihat rumit, pada dasarnya RTK dapat menghasilkan pengaturan posisi pengukuran hingga ke tingkat sentimeter. Pemetaan yang dilakukan dengan Phantom 4 RTK menghasilkan pemrosesan 25% lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan pemetaan secara konvensional tanpa alat bantu tambahan. Selain itu, elevasi yang dihasilkan juga secara otomatis akan mengintepretasikan ketinggian dan kedalaman suatu bidang yang diukur.


KESIMPULAN


Setiap aktivitas pemetaan yang dilakukan dengan drone, Halo Robotics merekomendasikan pada perusahaan, bahwa aplikasi survey dan mapping akan lebih mudah jika menggunakan Drone DJI M300 yang dipasangkan dengan payload Zenmuse P1 dan P1, hal ini dikarenakan fitur-fitur dari payload tersebut paling adaptif untuk membantu perusahaan dalam melakukan survey dan mapping pada suatu objek ketika dihadapkan pada deadline pengumpulan data dalam waktu yang sempit.


Pertanyaan dan solusi drone lainnya silahkan hubungi kontak dibawah ini


enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549.888


Keywords: #Drone, #Survey, #DJI, #Mapping, #Pemetaan, #Aerialsurveying, #Geosurvey, #UAV, #Geospatial #Teknologi, #Surveyorindonesia, , #Geospasial, #Terestrial #inspeksi

853 views0 comments

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)