KELEBIHAN DRONE DJI M300 RTK VS M210 RTK

Keywords: Drone, UAV, Teknologi, M300 RTK, M210, Artificial Intelligence, Inspeksi, DJI, Boiler, Tangki, Minyak dan Gas, Industri, Asset Management, RTK, Aerial Inspection, Zenmuse


DJI Matrice Series merupakan line up dari produsen drone ternama di Asia, DJI yang secara khusus diciptakan untuk memenuhi kebutuhan inspeksi dan pemeliharaan aset Industri. Drone DJI Matrice series diciptakan sebagai drone paling inovatif karena kualitasnya untuk menjamin keamanan inspeksi aset saat drone tersebut diterbangkan, sehingga keberadaanya dinyatakan oleh Para Praktisi pada sektor Minyak, Gas serta Heavy Industries sebagai platform inspeksi yang kredibel dan dapat diandalkan.


Gambar 1. Penampilan Drone Matrice 300 RTK (Atas) dan Matrice 210 (Bawah)

Untuk Kebutuhan Inspeksi di Berbagai Industri


Ketika DJI meluncurkan seri drone Matrice 200 tiga tahun lalu, platform udara ini dinobatkan sebagai tanda bagi era baru bagi pasar drone komersial. DJI melakukan peluncurkan Kembali drone Matrice 200 V2 sebagai pengembangan dari versi Matrice 200 untuk solusi inspeksi menggunakan drone. Tiga tahun setelah itu, tepatnya pada tahun 2020, DJI bersama dengan partner resmi mereka yaitu Halo Robotics, kembali meluncurkan generasi drone Matrice 300 RTK di Indonesia sebagai platform udara yang revolusioner, karena dilengkapi dengan fitur-fitur AI dan memiliki prinsip kerja untuk keamanan penerbangan drone inspeksi berstandar internasional. Berikut akan dijelaskan di dalam artikel ini mengenai perbedaan antara seri M210 dengan M300 RTK, agar inspektor dapat segera memaksimalkan efisiensi operasional iuntuk nspeksi aset.


Durasi Terbang

Kemampuan drone untuk terbang lebih lama dibutuhkan saat menginspeksi area yang lebih luas, oleh karena itu M300 RTK dapat menjadi solusi bagi para Inspektor yang ingin melakukan inspeksi aset di area yang besar. Durasi terbang M300 RTK mencapai 55 menit tanpa menggunakan payload (gimbal tambahan). Sementara itu, pendahulunya yakni M210 RTK memiliki durasi terbang setengah jam (30 menit).


Kebutuhan Inspeksi

Dengan kemampuan untuk mengkonfigurasi gimbal yang menghadap ke atas, drone M210 RTK mampu memvisualisasikan secara lengkap konstruksi jembatan dari udara (Aerial inspection) dengan mudah. M300 RTK diberikan tambahan pembaharuan oleh DJI, untuk melakukan penelusuran pada berbagai tipe aset, tidak hanya konstruksi jembatan, drone ini akan membantu Inspektor untuk melakukan inspeksi Menara Telekomunikasi dengan aman dan lebih cepat.


Sensor Pendeteksi Hambatan

Dilengkapi dengan fitur 6 directional sensing, Drone M300 RTK mampu mendeteksi hambatan terbang dari segala arah sekaligus menciptakan keamanan terbang secara maksimal saat Inspektor melakukan inspeksi aset di wilayah yang sempit. Sementara itu, pendahulunya yakni M210 RTK hanya dilengkapi dengan 4 directional sensing, sehingga tidak dapat melihat berbagai hambatan terbang dari segala arah.


Artificial Intelligence (AI)

Matrice 300 RTK dilengkapi dengan AI Spot Check pada Primary Flight Display, sehingga secara otomatis akan dapat mengenali gambar yang sama. Fitur ini cocok digunakan oleh Inspektor untuk mengetahui perkembangan dari maintenance atau pemeliharaan aset secara rutin yang belum dapat ditemui pada M210 RTK. Selain itu, drone tersebut juga dilengkapi dengan fitur Smart Tracking yang akan membantu Inspektor dalam menginspeksi aset pada jarak yang jauh.


Sertifikat

Drone M210 RTK sudah mendapatkan sertifikat IP43, sehingga pesawat tanpa awak tersebut akan tetap beroperasi secara optimal meskipun Inspektor sedang melakukan inspeksi di area yang rentan terkena air. Sementara itu, versi terbarunya yakni M300 RTK sudah memperoleh sertifikat IP45, sehingga drone tersebut laik digunakan saat melakukan inspeksi di suatu area meskipun cuaca sedang gerimis atau inspeksi aset dilakukan pada wilayah yang rentan berdebu.

Payload

Zenmuse H20 dan Series H20T juga diluncurkan oleh DJI bersama Halo Robotics secara online bersamaan dengan drone M300 RTK. Payload tersebut dapat terintegrasi dengan pesawat tanpa awak M300 RTK untuk membantu Inspektor meningkatkan efisiensi pekerjaan Inspeksi aset yang sulit dan berisiko tinggi. Series H20T dilengkapi dengan kamera thermal untuk merekam objek yang tidak dapat dilihat oleh mata manusia. Zenmuse series dilengkapi dengan Night Scene, sehingga akan tetap menghasilkan visibilitas gambar yang lebih jelas ketika Inspeksi dilakukan pada malam hari atau saat kondisi pencahayaan sedang rendah.


Secara keseluruhan, pengembangan versi M210, yaitu M300 RTK dapat membantu Inspektor dalam melakukan inspeksi aset secara maksimal lebih aman, dikarenakan drone tersebut sudah mengadopsi standar keamanan berdasarkan fitur penerbangan internasional dan dilengkapi dengan banyak fitur kecerdasan buatan, sehingga efisiensi operasional dari segi biaya, pengerahan Man Power juga waktu dapat di potong semaksimal mungkin.


Untuk informasi lebih lanjut, silahkan untuk menghubungi kami lewat kontak dibawah ini

enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)