• Halo Robotics

Drone DJI & Kamera Multispectral Micasense Membantu Menghemat 70% Biaya Identifikasi Hama Di Hutan


BUSINESS SUMMARY


Hama seperti kumbang kulit kayu menjadi ancaman besar bagi hutan yang berada di berbagai belahan dunia, oleh karena itu teknologi drone DJI dan sensor Micasense sebagai pengindraan jarak jauh dilibatkan oleh rimbawan (forest scientist) untuk memetakan, memantau serta mengidentifikasi hama yang menyerang hutan secara cepat dan akurat sebagai usaha untuk mendeteksi dan mencegah persebaran hama lebih dini.

Source: Skylab


METODE YANG DIGUNAKAN

Metode penginderaan jauh, dari satelit hingga drone, menawarkan cara yang lebih mudah dan lebih cepat untuk memetakan dan memantau kawasan hutan yang luas. Namun, ketepatan aplikasi ini dan jumlah output secara detail yang diperoleh bergantung pada sensor yang digunakan.


Sensor dari MicaSense, telah digunakan oleh SKYLAB untuk mengumpulkan data, kemudian dianalisis dengan algoritma pembelajaran mesin untuk menghasilkan output pemetaan kawasan hutan yang lebih presisi sepanjang siklus pertumbuhan pohon-pohon, gulma serta dapat mengidentifikasi inventaris stok kayu dan karbon yang tersedia di kawasan hutan.


TEKNOLOGI YANG DIGUNAKAN

Drone DJI Matrice series bersama MicaSense RedEdge dilibatkan untuk melakukan survey dan mapping kawasan hutan.


Kamera multispectral seperti MicaSense RedEdge, dapat membantu mendeteksi infeksi pada pohon yang sudah tua dan yang masih aktif dan hijau atau yang akan menunjukkan tanda-tanda perubahan warna secara visual. Sementara drone DJI Matrice, memiliki durasi terbang yang cukup untuk mengitari kawasan hutan.


HASIL


Kamera RGB beresolusi tinggi, di sisi lain, juga dapat membantu mendeteksi pohon yang terinfeksi dengan mengidentifikasi sedikit perubahan warna pada tajuk pohon yang tidak terlihat dari tanah. Metode survey kawasan hutan yang direkomendasikan dapat memproses dan menganalisis data dari drone DJI menjadi data siap pakai yang disesuaikan dengan kamera RGB dan multispectral beresolusi tinggi, photogrammetry dan LiDAR berbasis pesawat, dan citra satelit.


Kamera multispectral RedEdge akan mengumpulkan informasi tambahan penting untuk mengidentifikasi persebaran hama, membuat diferensiasi bibit dan spesies di area dengan kerapatan dan keragaman gulma yang sangat tinggi di kawasan hutan dengan berbagai spesies pepohonan. Penggunaan citra udara dapat menghemat waktu dan uang para rimbawan, dimana menurut penelitian, drone DJI dan kamera multispectral RedEdge dapat melakukan survey terrestrial kawasan hutan dari udara hingga 1000Ha per hari dengan biaya yang 70% lebih hemat, dibandingkan dengan survey secara manual sebesar Rp 768.000 rupiah per hektar. Selain itu, gambar yang dihasilkan juga jernih dan jelas untuk mengidentifikasi banyak hotspot yang punya potensi diserang oleh hama atau yang sudah diserang oleh hama lain.


For further info, please kindly send your question on


enteprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888

Keywords: #multispectral #multispectral #rgb #survey #mapping #forest #landmanagement #micasense #ndvi #ndre #dji #dronetechnology #dronesforgood

144 views0 comments

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)