Drone Cocok untuk Bisnis Online! Tugas Apa yang Bisa Dikerjakan Drone

Drone pintar seperti SOLO dari 3DR, bisa digunakan untuk kebutuhan apa saja! Salah satunya sebagai pengantar barang belanja online, loh serius?

Pernah mendengar beritanya, kan? Sebuah perusahaan retail besar menggunakan drone untuk mengantar barang ke rumah konsumen yang dipesan secara online. Walau FAA belum memberikan regulasi yang jelas terkait penggunaan drone sebagai pengantar barang (karena hal ini berarti akan banyak drone terbang di area perumahan masyarakat), cara ini cukup inovatif dalam memanfaatkan teknologi drone yang selalu berkembang dari waktu ke waktu.

Perusahaan yang menerapkan cara ini adalah Amazon, tentunya sudah pernah dengar ya? Nah, tidak hanya Amazon yang masuk dalam permainan drone. Menyusul selanjutnya, salah satu perusahaan belanja bernama Walmart, turut mendaftarkan diri untuk menggunakan drone dalam perusahaan mereka. Hmm, sebagai kurir juga?

Eits, belum tentu. Pada bulan Oktober 2015, Walmart mendaftarkan diri untuk mendapatkan perizinan dari pemerintah, untuk menguji drone sebagai bagian dari sistem pengantaran barang mereka.

Beberapa bulan kemudian, Walmart menunjukkan kemajuan dalam penggunaan teknologi drone di bisnis mereka. Namun, drone mereka belum digunakan untuk pengantaran barang, Walmart menguji pesawat nirawak tersebut untuk manajemen inventori di warehouse besar Walmart.

Menurut Walmart, perusahaan dapat mulai menggunakan drone dalam pusat distribusi mereka dalam waktu 6 sampai 9 bulan. Jangka waktu dapat mempertimbangkan sebuah kemungkinan yang pasti sebagai sebuah demonstrasi yang menunjukkan sejauh mana usaha Walmart dengan perkembangan drone mereka.

Dalam demonstrasi, sebuah drone diperintahkan untuk terbang di sepanjang lorong yang diisi berbagai kotak dus dari atas hingga bawah. Drone tersebut dapat mengambil sebanyak 30 gambar per detik, sebuah rate yang membuat mesin dapat memasukkan sebanyak mungkin barang ke dalam katalog dalam satu hari, seperti tenaga kerja manusia yang mampu melakukan pekerjaan tersebut dalam satu bulan.

Saat ini, para pekerja melakukan scan barang secara manual menggunakan handheld devices. Pergerakan drone akan menirukan bagaimana pekerja naik dan menuruni tumpukan barang, juga melewati barisan kotak dan produk, dengan drone yang dikendalikan oleh tenaga kerja manusia.

Bukan memindai barang dengan handheld device, drone akan mengambil gambar dengan kamera custom-built yang terhubung dengan pusat pengendali. Drone akan mencari untuk menyesuaikan dengan daftar angka tracking, dengan pegawai yang memantau perkembangannya.

Penggunaan drone dalam warehouse Walmart masih dalam masa perkembangan awal, yang menjadi alasan belum adanya rencana khusus dalam rilisnya. Namun, Walmart mengatakan akan mengintegrasi mesin-mesin pada semua pusat distribusi perusahaan.

Dengan menggunakan drone untuk tugas tersebut, akan mengurangi kebutuhan tenaga kerja manusia untuk tujuan manajemen inventori. Tapi Lorenzo Lopez, pembicara dari Walmart mengatakan bahwa pekerja yang digantikan oleh drone saat rilis nanti, dapat melamar ulang untuk pekerjaan baru dalam warehouse.

Jadi, satu lagi inspirasi baru dalam menggunakan teknologi drone! Mungkin bisa menjadi sebuah ide baru bagi para pemilik bisnis belanja online seperti Walmart? Ada yang tertarik?

Untuk memunculkan inspirasi berikutnya, baiknya beli drone 3DR terlebih dahulu, yuk! Lihat harga terbaru SOLO di Halo Robotics! Cek detailnya, dan pesan sekarang juga!

Jangan lupa juga ikuti sosial media Halo Robotics seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Google+ untuk mendapatkan informasi teknologi terkini setiap harinya.

#pesawat #BisnisOnline #Aviation #Drone #smartdrone #solo #Indonesia

0 views

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)