• Halo Robotics

Integrasi Drone DJI dan Emesent LIDAR Untuk Inspeksi Tambang

Keywords: Unmanned Aerial Vehicle, Drone, Hasil Tambang, Tambang, Mining, Teknologi. Geologi,Penambangan, Batuan, LIDAR, Surveyor


Bekerja di area tambang (mining) bukanlah hal yang mudah bagi para pekerja, dimana setiap harinya mereka melakukan pekerjaan tambang dengan risiko yang besar. Belakangan ini, perlahan mulai banyak pengusaha tambang yang beralih pada keamanan para pekerjanya. Perusahaan Tambang banyak yang mulai memikirkan alternatif lain mendapatkan hasil pemetaaan area tambang serta pekerjaan geologi batuan lainnya dengan metode yang lebih aman bagi para pekerja mereka, namun hasil yang dikehendaki harus lebih baik daripada inspeksi secara konvensional. Oleh karena itu, drone (unmanned aerial vehicle) dilibatkan untuk perusahaan Tambang di dalam negeri maupun luar negeri,



Para pekerja dan pengusaha tambang pun banyak yang menyebut bahwa drone dari DJI ini benar-benar seperti malaikat, karena melaksanakan fungsinya dengan baik tanpa harus melibatkan para pekerja dari dekat. Selain itu, drone (unmanned aerial vehicle) untuk perusahaan tambang (mining) ini juga mampu melakukan pembuatan tugas-tugas rutin yang biasa dilakukan pekerja tambang, seperti pelaporan persediaan, perencanaan bor dan aktivitas peledakan untuk memperoleh batuan tambang, inspeksi atap area tambang dan peralatan perusahaan tambang lainnya yang besar. Kemampuan drone ini tidak diragukan lagi, karena kelebihan nya yang mampu menghasilkan keakuratan pengukuran yang sangat baik. Para pelaku di usaha tambang seperti di Australia misalnya, mereka mengatakan banyak sekali terbantu setelah menerapkan drone untuk membantu para surveyor mereka dalam melakukan aktivitas tambang, karena mereka sudah tidak perlu lagi melibatkan para Surveyornya untuk berjalan menginspeksi area tambang dari dekat, dengan drone yang dihasilkan oleh Emesent area tambang akan mendapatkan perlindungan ekstra. Halo Robotics sebagai partner Emesent, bertugas untuk memberikan kemudahan serta keamanan dan efisiensi ekstra berupa perlindungan area tambang Indonesia.


Dengan adanya drone DJI yang dipasangkan dengan Hovermap LIDAR, Emesent dan Halo Robotics akan menghapus kerugian tambang yang lebih besar, Hal ini juga berlaku pada industri kimia yang melibatkan banyak pekerjaan inspeksi yang penuh risiko. Drone serta gimbal Hovermap juga mampu bermanuver dengan baik pada area Tambang maupun inspeksi lingkungan bawah tanah untuk industri lain yang sulit dijangkau. Hovermap sudah dilengkapi dengan LIDAR dan memetakan muatan yang digunakan untuk mengumpulkan data lingkungan bawah tanah yang berbahaya, seperti scanning bentuk 3D (tiga dimensi dari area tambang). Tidak hanya memberikan manfaat langsung dengan menjauhkan penambang dan surveyor dari lokasi berbahaya, Hovermap juga dapat memberikan manfaat tidak langsung, berupa pengumpulan data oleh sistem yang mampu memberikan pemahaman yang lebih baik pada surveyor tentang struktur geologi didalam batua, termasuk kerusakan lain yang dapat diidentifikasi dengan mudah dan cepat. Tidak hanya itu, Hovermap juga mampu mengidentifikasi dengan jelas daerah terlarang yang berbahaya sebelum melakukan peledakan area tambang.


Dengan adanya Hovermap, maka drone ini akan sejalan dengan HSE Tambang, dimana perusahaan tambang sangat mengedepankan keselamatan para surveyor Tambang, dan ini hanya berlaku bila perusahaan tambang menggunakan Hovermap sebagai malaikat pelindung tambang mereka. Drone otonom Hovermap juga memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi daripada konsep drone lain yang dioperasikan secara manual. Halo Robotics bersama dengan Emesent mempersiapkan Hovermap untuk membantu proses penambangan yang lebih aman, sehingga kami, sama sekali tidak memiliki keraguan bahwa Industri pertambangan Indonesia akan dapat meliaht hal lebih banyak untuk masa depan pertambangan mereka dengan Hovermap.


Dapatkan solusi drone untuk pertambangan anda gratis disini


Untuk informasi lebih lanjut, silahkan untuk menghubungi kami lewat kontak dibawah ini

enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)