Drone Bawa Revolusi pada Dunia Perfilman!

Keywords: Drone, Sinematografi, Film, UAV, Teknologi, Inovasi


Drone bukan lagi pesawat nirawak berbahaya yang digunakan pihak militer. Di masa kini, drone sudah menjadi peralatan dasar untuk mereka yang hobi fotografi dan atau videografi. Bahkan, para pebisnis jasa foto dan video juga sudah menggunakan drone untuk meningkatkan kualitas jasa mereka pada klien.


Drone seperti SOLO dari 3DR, membuat para penggiat fotografi dan videografi dapat mengambil gambar dari udara dengan mudah. Tidak perlu menggunakan peralatan yang rumit, tidak perlu mengeluarkan tenaga lebih, bahkan tidak perlu mengeluarkan budget lebih banyak. Sementara hasil yang didapat, gambar atau video aerial yang menakjubkan dengan sudut pengambilan gambar yang berbeda-beda (yang biasanya, susah didapat jika tanpa peralatan khusus!). Tidak heran kalau drone menjadi teknologi canggih favorit mereka.


Dan kini, drone bukan lagi menjadi pilihan untuk para fotografer/videographer saja. Para sineas juga sudah tertarik untuk menggunakan drone sebagai salah satu alat untuk membuat film. Kenapa tidak? Jika drone SOLO dapat digunakan untuk mengambil gambar yang keren, tentunya ia bisa digunakan untuk mengambil adegan yang sulit dengan lebih mudah, dong?


Coba saja lihat video berikut ini:


Film 13 Hours: The Secret Soldiers of Benghazi rupanya menggunakan SOLO smart drone untuk mengambil beberapa adegan! Terlihat di video tersebut, Colin Guinn menerbangkan SOLO untuk mengambil adegan pemboman dari udara, serta menyorot scene di mana para tentara terkena tembakan. Wuih, menegangkan! Kalau dipikir-pikir, pemanfaatan teknologi drone dalam dunia perfilman membuat proses pembuatan film jadi lebih mudah dan hemat.


Lebih mudah karena…

Kamu hanya perlu menerbangkan drone dari suatu tempat untuk mengambil suatu adegan. Contohnya saja, merekam scene mobil yang bergerak dengan sudut pengambilan gambar di ambil dari bagian depan mobil. Biasanya, proses pengambilan adegan ini membutuhkan lintasan kamera untuk bergerak, atau sang cameramen duduk di suatu kendaraan dan memegang kamera untuk mengambil adegan tersebut.


Namun dengan drone, kamu bisa mengambil adegan tersebut hanya dengan mengendalikan drone. Tanpa perlu memegang kamera, tanpa perlu membuat lintasan kamera terlebih dahulu. Sedangkan untuk pengambilan adegan dari udara…. Hmm, tidak perlu dijelaskan lagi kan bagaimana mudahnya melakukan hal tersebut dengan drone?


Budget film lebih hemat


Dan paling penting, drone dapat menekan budget pembuatan film jauh lebih banyak, khususnya ketika film tersebut membutuhkan banyak pengambilan gambar dari udara.

Untuk melakukan hal tersebut, biasanya pihak pembuat film akan menyewa helikopter. Bayangkan, penyewaan helikopter dapat memakan biaya sekitar 60 juta/jam. Jika kamu membutuhkan banyak waktu untuk merekam dari udara, berapa banyak biaya yang dihabiskan untuk sewa helikopter?


Sementara jika membeli drone SOLO dari 3DR, kamu dapat menekan—sangat—banyak biaya untuk pembuatan film. Paling-paling, kamu hanya tinggal menambah beberapa buah baterai dan charger untuk membuat drone terbang lebih lama.


Jangan khawatir soal kualitas gambarnya. Sebab pertama, drone sudah bisa membawa berbagai macam kamera dengan resolusi tinggi, yang cukup untuk digunakan dalam membuat film. SOLO smart drone sendiri sudah terintegrasi penuh dengan GoPro, jadi tidak perlu ragu lagi dengan kualitas videonya.


Alasan kedua, drone pintar SOLO memiliki gimbal yang dapat menjaga keseimbangan kamera. Kamu tidak perlu khawatir kamera akan shaking karena efek dari drone. Hasil gambar atau video terjaga dengan baik.


Jadi? Tidak ada yang perlu diragukan lagi kan? Dengan drone, pembuatan film jadi lebih mudah dan hemat, tanpa mengurangi kualitas film itu sendiri.


Keunggulan teknologi drone sendiri juga sudah mulai dipertimbangkan para jurnalis dan pelaku media massa. Beberapa televisi sudah menggunakan drone untuk meliput berita atau acara tertentu.


Melebihi itu, keunggulan drone SOLO juga sudah dimanfaatkan oleh kontraktor atau perusahaan pertambangan. mereka menggunakan teknologi canggih itu untuk keperluan pemetaan dan peninjauan lahan. Sebuah alat yang versatile, bukan?


Pengendalian Kamera dan Pesawat yang Mudah


Kecanggihan teknologi drone tidak hanya menawarkan sudut pengambilan gambar yang berbeda, tetapi juga menyertakan kemudahan pengendalian pesawat saat kamera melakukan pekerjaannya. Seperti drone SOLO, smart drone ini memiliki fitur Smart Shot yang beragam sehingga membuat penggunanya dapat merekam dengan efek sinematik hanya dengan satu tombol saja.

Tapi jika kamu memiliki imajinasi yang bebas dan tidak ingin menggunakan fitur Smart Shot, drone SOLO masih mudah digunakan untuk pekerjaanmu. Ia bisa terbang secara otomatis dan membiarkanmu fokus mengatur sorotan kamera, atau sebaliknya, ia dapat mengendalikan kamera dan kamu mengatur penerbangannya.


Masih penasaran banget dengan teknologi drone pintar ini? Lihat spesifikasi lengkap drone SOLO di Halo Robotics! Cek juga berbagai aksesori SOLO untuk meningkatkan pengalaman terbangmu, khususnya jika ingin membawa perubahan pada bisnismu!


Jangan lupa juga ikuti sosial media Halo Robotics seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Google+ untuk mendapatkan informasi teknologi terkini setiap harinya.


More Questions? Contact us and we would be happy to connect further about drone solutions and services:

enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888

www.halorobotics.co.id

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)