DJI Meluncurkan Zenmuse L1: Drone LIDAR Pertama Terintegrasi & Kamera Full-Frame Untuk Aerial Survey

Jakarta, 14 Oktober 2020


DJI Zenmuse L1, baru saja diluncurkan oleh pemimpin drone komersial dan teknologi pencitraan udara di dunia, DJI sebagai payload dengan kemampuan tinggi di industri drone yang dapat membantu ahli geospasial melakukan survey udara.. DJI Zenmuse L1, dirancang agar dapat membantu berbagai sektor bisnis untuk memenuhi persyaratan survey dan pemetaan dengan efisiensi dan akurasi yang tinggi.


Payload Zenmuse L1


Diluncurkan bersama dengan Halo Robotics, sebagai penyedia peralatan dan layanan drone komersial terbesar di Indonesia, rangkaian teknologi terbaru DJI sepenuhnya akan dapat diakses oleh perusahaan dan organisasi pemerintahan di seluruh Indonesia, dimana salah satu perusahaan terbesar seperti Pertamina juga menggunakan teknologi ini. Oleh karena itu, teknologi ini akan membawa keuntungan yang signifikan sebagai alat survey terbaru untuk sektor minyak dan gas, pertambangan, pertanian, konstruksi, listrik dan infrastruktur kritis lainnya.


DJI Zenmuse L1 juga termasuk kedalam kamera untuk kebutuhan fotogrametri kelas atas, yang menjadi game changer peningkatan efisiensi secara dramatis, karena kemampuannya dalam mengumpulkan data survey dari udara dengan akurasi tinggi dan biaya yang terjangkau, tanpa harus mengorbankan kualitas data survey dan pemetaan setiap objek yang dilakukan oleh drone.


Payload Zenmuse L1, akan menjadi solusi lengkap dan handal untuk akuisisi data geospasial yang akurat dengan harga yang terjangkau untuk penggunaan survey dan mapping dalam skala besar, menurut Managing Director Halo Robotics, partner lokal DJI di Indonesia Johannes Soekidi. Teknologi LIDAR adalah sistem pencitraan berbasis laser yang hingga saat ini terlalu mahal bagi sebagian besar perusahaan untuk dibawa secara internal, Teknologi Zenmuse L1 adalah mimpi yang menjadi kenyataan bagi banyak perusahaan, karena sensor LIDAR dengan spesifikasi tinggi dan harga yang terjangkau sepenuhnya dapat terintegrasi dengan drone komersial terbaik dari DJI.


Dalam industri survei udara, teknologi LIDAR memainkan peran penting sebagai pemindai laser 3D yang mampu menangkap area atau struktur suatu objek dengan tingkat akurasi yang luar biasa tinggi. Pemindai laser mengirimkan laser pulse sebanyak ratusan ribu titik per detik, dimana setiap titik memiliki posisinya sendiri dalam ruang 3 dimensi.


Point cloud yang dihasilkan, jika digabungkan, sangat mirip dengan komputerisasi model dari aset yang dipindai (aset aslinya), dengan tingkat akurasi lokasi geospasial yang sangat tinggi untuk titik tertentu. Mapping dan permodelan dari hasil LIDAR kemudian dapat digunakan dalam perangkat lunak umum untuk menganalisis dan melakukan pengukuran, bahkan untuk objek yang berbeda tinggi sekalipun dapat diaplikasikan nilainya untuk berbagai industri, mulai dari sektor kehutanan, pertambangan, minyak dan gas bahkan heavy industry,


SPESIFIKASI ZENMUSE L1

  1. Weight: 900 gram

  2. IP Rating: IP 44

  3. Measurement Range: 200m

  4. Typical Operating Altitude: 50-150m

  5. Surveying Accuracy: 3cm

  6. Point Rate: 240,000 points/s (first or strongest return), 480,000 points/s (dual return)

  7. Scanning Patterns: Melingkar dan linear tidak berulang

  8. FOV: Circular: FOV 70.4 (Horizontal) x 77.2° (Vertical); Non-Repetitive Linear: FOV 70.4° (Horizontal) x 4.5° (Vertical)

  9. Returns: 3

  10. IMU Update Frequency: 200Hz

  11. Virtual Sensor Effective Pixels: 20mp


FITUR-FITUR ZENMUSE L1


All In One Payload

DJI Zenmuse L1 menggunakan modul laser LIVOX, untuk memberikan kemudahan menangkap data survey dan pemetaan dengan menghasilkan hasil interpretasi objek yang berkualitas. Teknologi ini juga akan memberikan cakupan penuh pada area yang akan di inspeksi dalam waktu singkat.


Payload DJI Zenmuse L1 juga dilengkapi dengen dua modul kamera, yaitu kamera CMOS 1 inch CMOS Camera dan virtual assistant camera. Modul kamera pertama yang teletak dibawah modul laser (lingkaran besar) sebesar 20 megapixel dapat menyediakan data rendering warna yang sesuai secara real-time untuk modul LiDAR. Kamera inilah yang membedakan DJI Zenmuse L1 dan sensor LiDAR lainnya di pasaran. Sementara itu, kamera kedua membantu mengatasi kejadian tak terduga ketika drone kehilangan sinyal GNSS, dimana kamera tersebut akan terus menerima data orientasi dan pengawasan sistem dalam waktu enam pulun detik.


High Accuracy


DJI Zenmuse L1 memiliki akurasi yang tinggi. Payload tersebut memiliki akurası vertikal sebesar 5cm. Sementara itu, akurasi horizontal yang dimiliki oleh payload tersebut sebesar 10cm. Akurasi ini akan dirasakan oleh pengguna, ketika menggunakan drone untuk melakukan misi penerbangan pada ketinggian 50 meter.


High Density Point Cloud


DJI Zenmuse L1 memiliki rasio 240.000 titik per detik dan jangkauan deteksi dari 460 meter, dimana kelebihan ini akan memberikan kemudahan dan kecepatan menangkap data LIDAR pada suatu objek dengan kualitas tinggi, yang belum pernah ada pada teknologi sejenis di pasaran.


Multi Returns

Ketika dioperasikan dengan menggunakan drone terbaru DJI M300, Zenmuse L1 memiliki kemampuan untuk menangkap data hingga 2 kilometer dalam sekali terbang. Modul ini mendukung Line Scan Mode dan Non-repetitive Petal Scan Mode, sebuah teknologi unik yang dikembangkan oleh Livox.


Teknologi Ini memberikan kemungkinkan pada sensor untuk menangkap data ke segala arah, bukan hanya sebidang objek yang sudah ditentukan untuk dilakukan pengukuran.


DJI Zenmuse L1 mendukung 3 mode pengembalian lewat DJI Pilot, agar operator dapat mengukur objek yang semi transparan dan reflektif, mengukur ketinggian vegetasi Serta menembus kaca, sehingga, dapat dipastikan tidak ada objek yang terlewat ketika dilakukan pengukuran.


Measurement Range


DJI Zenmuse L1 dapat mencapai pengukuran hingga 450 meter. Meskipun begitu, parameter yang direkomendasikan untuk penerbangan adalah 300 meter, dengan kecepatan terbang 10 m per detik dengan durasi terbang setengah jam.


Ingress Protection Rating


Berkat sertifikasi IP44 yang berhasil diraih oleh Zenmuse L1, payload tersebut dapat beroperasi di lingkungan dengan kondisi yang hujan atau berkabut. Tidak seperti data survei fotografi, LIDAR adalah teknologi pencitraan berbasis laser dan mampu memperoleh data survei dengan sangat jelas, terlepas dari kondisi cahaya yang redup, sehingga memungkinkan survei dilakukan di area gelap atau area minim cahaya kapan saja.


Real time point cloud live view dan Post Processing View

Output DJI Zenmuse L1 ketika diolah menggunakan DJI Terra


Ketika digunakan bersama dengan platform drone komersial unggulan DJI, seperti drone Matrice 300 RTK, dan software survey dan mapping DJI Terra, Zenmuse L1 benar-benar menjadi solusi lengkap untuk survei LIDAR. Zenmuse L1 secara efisien menangkap area yang luas dan berstruktur kompleks untuk menghasilkan rekonstruksi digital yang sangat akurat, setelag memilih direktori folder LIDAR, DJI Terra secara otomatis akan mengidentifikasi point cloud foto data GNSS dengan mode warna yang berbeda, mulai dari true color, reflective elevation dan return sesuai kebutuhan pengguna.


Aplikasi Industri


Sektor Energi dan Mineral


Teknologi LIDAR diperlukan untuk aplikasi survei dan pemetaan yang memiliki persyaratan akurasi yang sangat tinggi, misalnya di pertambangan, atau di industri minyak dan gas. Tidak hanya itu, teknologi ini juga dapat digunakan secara luas pada sektor pertanian, untuk pengukuran volumetrik vegetasi, dan juga karena laser pulse LIDAR mampu menembus dedaunan untuk menampilkan peta permukaan tanah sekaligus objek yang berada diatasnya, dimana teknologi seperti ini dibutuhkan untuk analisis 3D dari suta objek itu sendiri.


Kelistrikan


Pekerja, juga dapat menggunakan Zenmuse L1 untuk memindai saluran listrik, agar dapat menganalisa penurunan tegangan, dimana masalah ini termasuk masalah kualitas utama dari kondisi operasi yang tidak normal dan dapat mengakibatkan gangguan sistem transmisi kelistrikan. Tidak hanya itu, teknologi LIDAR pada Zenmuse L1 juga dapat digunakan untuk melakukan pengelolaan vegetasi di sekitarnya, agar menjaga saluran listrik tetap dalam keadaan baik sekaligus mencegah kebakaran dan pemadaman listrik.


Konstruksi dan Infrastruktur


Tidak hanya itu, teknologi LIDAR pada Zenmuse L1 juga secara efektif dapat digunakan pada industri infrastruktur dan konstruksi, untuk memindai struktur dan dengan cepat dan menghasilkan model "as-built" yang diperlukan untuk kebutuhan proyek konstruksi yang kompleks, Serta efisiensi pemeliharaan dari suatu objek yang lebih efisien lewat struktur bangunan atau aset yang ada.


KESIMPULAN


Secara keseluruhan, DJI Zenmuse L1 menjadi solusi LIDAR yang dapat terintegrasi secara penuh sebagai sebagai solusi LIDAR dari DJI untuk survei udara, Zenmuse L1 adalah terobosan besar untuk industri drone komersial. Spesifikasinya yang tinggi, harga yang terjangkau, dan kapabilitasnya untuk dapat integrasi penuh dengan platform DJI, membuatnya sangat sesuai untuk memenuhi berbagai persyaratan LIDAR di seluruh Indonesia.


For further info, please kindly send your question on


enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888


Keywords: #LIDAR, #DJI, #Payload, #Drone, #DJIZenmuseL1, #Pemetaan, #Survey, #Mapping, #Surveyor #asbuilt

468 views

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)