Cara Menggunakan Software Drone Pix4D Mapper Untuk Estimasi Hasil Panen Padi

Drone dapat mereduksi beban kerja Petani hingga 80% dengan mengefisiensikan hasil panen komoditas Padi secara digital sejak awal tanaman tersebut ditanam. Seiring dengan sempitnya waktu yang dibutuhkan untuk memanen tanaman Padi guna mencukupi kebutuhan pangan masyarakat Indonesia di tengah pandemi Covid-19, dengan cara meminimalkan kontak saat Petani melakukan panen. Teknologi drone DJI M200 diintegrasikan dengan software pengolah data drone Pix4DMapper, untuk memetakan lahan pertanian Padi dengan metode yang lebih praktis.


Proses Mapping Lahan Pertanian Padi dengan Drone DJI M200


Proses pertama yang dilakukan adalah dengan menerbangkan drone memakai kamera MicaSense untuk mengumpulkan gambar Multispectral dari komoditas Padi. Proses mapping menggunakan drone dan pengolahan data untuk mengestimasikan hasil panen padi menggunakan Pix4D Mapper, menjadi solusi bagi para Petani untuk tetap produktif menghasilkan tanaman padi di tengah pandemi Covid-19. Hal ini dikarenakan, proses mapping yang tidak membutuhkan banyak tenaga kerja yang saling berdekatan untuk melakukan kalkulasi menggunakan metode konvensional.


OBJEK PENELITIAN


Objek yang digunakan untuk penelitian adalah lahan Padi seluas 14.000 meter. Nilai GSD 10 cm. Ground Sampling Distance merupakan resolusi pixel dari hasil foto udara. Dengan kata lain, GSD dapat didefinisikan sebagai resolusi spasial. Nilai GSD 10 cm menyatakan bahwa satu pixel pada foto udara, sama dengan 10 cm ukuran objek yang sebenarnya, sehingga cukup untuk menghasilkan resolusi pixel Sawah tanaman padi yang detil. Hal ini akan membantu para Petani untuk memenuhi persyaratan produksi tanaman Padi yang lebih modern dan mengestimasikan model penanaman Padi secara akurat.


MENGEMBANGKAN MODEL HASIL PANEN PADI


Hasil Permodelan NDVI Lahan Padi Dengan Pix4D Mapper


Proses permodelan dilakukan melalui tiga tahap. Tahap pertama adalah tahap vegetatif, kemudian Reproduksi dan Pengisian Gabah, serta Pematangan. Setiap tahapan tersebut dapat diidentifikasi dengan mudah menggunakan Pix4D Mapper selama periode kritis dalam memantau siklus hidup tanaman Padi. Tidak hanya itu, Petani dapat dengan mudah untuk mengumpulkan data lahan padi, sehingga dapat menghasilkan peta NDVI sepanjang musim tanam Padi lebih cepat dan dapat memberikan pelaporan ke perusahaan di sektor Pertanian lainnya secara realtime.


Hasil penelitian menunjukkan, lahan Padi yang dijadikan objek penelitian didominasi oleh warna hijau, hal ini menggambarkan kondisi Padi yang sehat, dikarenakan menghasilkan tutupan hijau terang di kisaran angla 0.66-1.0. Sementara kondisi lainnya yang tidak berwarna hijau, menunjukkan bahwa indeks NDVI tanaman Padi yang rendah, sehingga diperlukan treatment lanjutan sebelum musim panen Padi tiba.


Manfaat ini akan memudahkan Petani mengambil Tindakan preventif dan dapat meningkatkan produktivitas hasil panen padi dengan cara yang lebih mudah, karena Petani dapat mencegah tingkat kematian tanaman Padi sedini mungkin..


Peta Distribusi Tanaman Padi


Untuk proyek ini, tim menggunakan komputer dengan CPU i7 6700k dan RAM 32GB. Secara luas, penerbangan drone dilakukan pada Lahan Padi seluas 14.000 meter untuk melihat distribusi tanaman Padi. Proses penerbangan dilakukan dalam waktu kurang dari satu minggu, empat kali Lebih Cepat dibandingkan menggunakan metode pemetaan secara konvensional.


Selain itu, waktu pemrosesan data dilakukan dalam waktu enam hari saja. Hasil menunjukkan bahwa Pix4D Mapper secara otomatis dapat melakukan kalibirasi radiometrik pada gambar multispektral. Hal ini dapat mereduksi beban kerja Petani hingga 80 persen.


Tidak Tanya itu, Kalibrasi radiometrik juga secara signifikan dapat meningkatkan keakuratan hasil peta distribusi Padi, sehingga Petani dapat membuat estimasi model pemanenan yang cocok. Peta distribusi Padi dalam jangka panjang juga bermanfaat untuk mengestimasikan stok padi pada sustu wilayah, nutuk mengetahui kecukupan jangka panjang kebutuhan pangan Masyarakat, sehingga krisis pangan dapat dihindari sedini mungkin.


MANFAAT UNTUK BISNIS

Menggunakan drone DJI dan software pengolahan data drone Pix4D akan menghasilkan manfaat yang maksimal tidak hanya untuk Petani, namun juga ahli Agronomi dan sektor usaha yang bergerak di bidang Pertanian, karena dapat membantu menetapkan strategi pemupukan dan penyemprotan pestisida ataupun herbisida yang lebih tepat yang berdampak baik pada peningkatan dan kalkulasi hasil panen Padi.


Proses pemetaan lahan pertanian Padi dengan drone DJI juga cocok digunakan untuk mengestimasikan model hasil panen Padi pada sebagian besar varietas di berbagai kondisi iklim yang berbeda.


Dalam jangka Panjang, sektor Pertanian dapat menggunakan data-data tersebut untuk mengevaluasi harga pasar komoditas Padi, karena semakin baik kualitas tanaman padi yang dihasilkan, berarti komoditas Beras yang dihasilkan juga akan semakin baik, sehingga sektor Pertanian layak untuk mengevaluasi harga komoditas agar memenangkan kompetisi produk sejenis di pasaran.

For further information, please kindly send your question on Halo Robotics contact below


enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888


#Padi #Pix4DMapper #DJIM200 #DJIAgriculture #Ricefield #Dronesoftware #Pertanian

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)