Tips Mengelola Program Drone Keluaran DJI

Keywords: Drone, UAV, DJI, Teknologi, Pesawat Tanpa Awak, Efficiency, Engineering


Setelah Perusahan memutuskan untuk menggunakan drone untuk mengefisiensikan kegiatan bisnis, perusahaan harus membuat sistem manajemen penerbangan drone yang layak sesuai dengan hukum penerbangan di Indonesia. Namun, pada artikel ini akan dibahas scope penting yang harus ditinjau oleh perusahaan setelah menjadikan drone sebagai alat bantu operasional bisnis.


Komposisi Tim


Sebagian besar pemrograman drone yang sukses, menghasilkan cerita bahwa, jika personel dipimpin oleh Manajer Pemrograman atau Operasional drone, akan berdampak pada kemajuan operasi penerbangan. Akan tetapi, jika perusahaan belum cukup waktu untuk melengkapi posisi tersebut, mereka dapat menggunakan jasa pihak ketiga bersertifikat untuk mengimplementasikan elemen-elemen kunci dari manajemen pemrograman drone.


Halo Robotics sebagai partner resmi produsen drone terbesar di Asia, yaitu DJI akan bertanggung jawab untuk mendorong inovasi internal, penetapan alur kerja penerbangan serta menjabarkan setiap operasi penerbangan drone secara detil. Personel kami akan menjadi pekerja yang akan menemukan titik keseimbangan antara kebutuhan perusahaan untuk inspeksi Tower BTS, SUTET, Jembatan, Fasad Bangunan, Area Penanaman Sawit dengan fitur-fitur drone yang lengkap dan terintegrasi untuk menghasilkan data hasil yang akurat. Kami juga akan bekerja sama dengan PIC perusahaan dilapangan dan membantu mereka untuk meningkatkan keterampilan dalam mengoperasikan drone, sehingga nantinya bisa semakin mandiri untuk melakukan penerbangan drone untuk inspeksi bisnis.


Dengan menggunakan penyedia Inspeksi dan Pemetaan Pihak Ketiga yang sudah terpercaya, maka Perusahaan akan mengurangi biaya peralatan dan dapat memberi ruang bagi karyawannya untuk berkembang dan membuat komitmen yang lebih besar. Selain itu, perusahaan juga akan terbebas dari beberapa biaya pemeliharaan rutin, termasuk pelatihan Pilot, karena kami akan memberikan manfaat operasional drone secara maksimal untuk menjawab tantangan perusahaan

REGULASI PENERBANGAN LOKAL

Di Indonesia, peraturan dalam menerbangkan drone diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 47 Tahun 2016. Mengacu pada peraturan tersebut, kami secara maksimal akan menerbangkan drone sesuai area yang diizinkan, apabila area tersebut tidak mendapat ijin penerbangan, kami juga akan patuh terhadap hukum yang ada.


Seperti saat menerbangkan drone DJI M210 untuk inspeksi SUTET, semua berjalan lancar karena kami sudah mengantongi izin yang dibutuhkan, sehingga penggunaan drone komersioal tersebut berhasil menghilangkan risiko harus melibatkan teknisi untuk memanjat SUTET yang tinggi dan berbahaya.


Di seluruh dunia, peraturan yang mengatur penggunaan drone komersial sedang berkembang. Kami selalu memastikan, operasional perusahaan dalam menerbangkan drone terjamin, sesuai dengan sifat dan kerumitan operasi penerbangan dan rencana Perusahaan saat ini untuk masa depan, mungkin ada baiknya mencari panduan kepatuhan eksternal atau membuat peran dalam program drone.



PROSEDUR OPERASIONAL

Untuk setiap jenis misi pengumpulan data yang ingin dilakukan Perusahaan, penting untuk memiliki alur kerja langkah demi langkah yang menguraikan bagaimana tim Anda akan menerima permintaan data untuk menyelesaikan misi.


Menentukan setiap tahapan proses mengurangi ruang untuk kesalahan dan menyederhanakan proses mengarahkan pilot baru. Ini juga salah satu cara untuk membuat tim yang berbeda terhubung dan menyadari peran mereka dalam gambaran yang lebih besar.


Seharusnya ada beberapa langkah yang diuraikan dalam prosedur operasi Anda, termasuk Inisiasi Misi, Manajemen Pilot, Perencanaan Penerbangan, Pengumpulan Data, dan Analisis Data.


PENILAIAN RISIKO DAN MITIGASI


Tim Halo Robotics Memberikan Training Singkat Sebelum Menerbangkan Drone


Selalu ada risiko dalam setiap penerbangan drone. Kami akan bekerja sama dengan Perusahaan untuk memastikan setiap langkah dari prosedur operasi program drone dapat dinilai secara komprehensif. Hal ini dilakukan untuk memberikan gambaran terkait aksi yang akan dilakukan ketika perusahaan akan mengahadapi risiko tersebut.


Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk memperhitungkan masalah keamanan data. Semakin banyak drone dan durasi penerbangan yang lama saat terbang, maka semakin banyak informasi sensitif yang harus dikumpulkan. Untuk itu kami akan menjaga data tersebut untuk terenskripsi hanya kepada Stakeholders terbaik, termasuk izin publikasi hasil penerbangan.

Seiring dengan banyaknya Perusahaan yang melibatkan drone untuk membantu kegiatan bisnis, keamanan siber menjadi prioritas penting yang harus diatasi pada setiap tahap pemrograman drone, mulai dari akuisisi perangkat keras dan integritas operasional hingga bekerja dengan pihak ketiga dan penyimpanan data. Semua risiko ini perlu diperhitungkan dan dimitigasi jika program drone Anda mencapai potensi penuhnya. Setelah membaca peninjauan tersebut, Kami berharap anda dapat mengurangi risiko tinggi keselamatan pekerja semaksimal mungkin dengan mempercayakan Halo Robotics sebagai distributor resmi produsen drone terbesar di Asia, DJI untuk membantu perusahaan mewujudkan efektivitas dan efisiensi inspeksi dan pemetaan sektor bisnis serta meninjau dengan lengkap untuk membangun, mengelola, dan meningkatkan ambisi drone di Indonesia.


Untuk pertanyaan atau penjadwalan demo drone, let's connect further on


enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)