DRONE MENGUBAH DUNIA DI SEGALA SEKTOR

Keywords: Drone, Fotografi, Sinematografi, UAV, Inovasi, Teknologi


Saat ini, drone menjadi salah satu perangkat teknologi yang diminati banyak orang. Mulai dari kalangan pecinta hobi aeromodelling, hingga kepada kalangan yang lebih profesional. Misalnya fotografer, videografer, serta wartawan. Drone saat ini digunakan dalam berbagai keperluan. Mulai dari hanya sekedar bersenang-senang dan menyalurkan hobi, hingga untuk bekerja, serta menciptakan karya foto dan video yang artistik. Makanya, nggak salah kalau benda ini dianggap mampu mengubah dunia. Nah, kira-kira bagaimana sih drone mampu mengubah dunia teknologi untuk selamanya? Berikut ulasannya.


Drone untuk Fotografi dan Videografi Udara


Aerial Photography alias fotografi udara memang sudah sejak lama populer di kalangan fotografer. Konsep utamanya adalah memotret sebuah objek atau pemandangan dengan sudut pengambilan gambar dari udara. Sehingga seolah-olah pemandangan tersebut dilihat oleh burung atau sesuatu yang sedang melayang di udara. Pada masa lalu, fotografi udara biasa dilakukan dengan berbagai metode. Mulai dari menggunakan pesawat, helikopter, balon udara, layang-layang, hingga parasut. Namun metode-metode tersebut membutuhkan biaya yang cukup besar, serta resiko yang sangat tinggi.


Nah, dengan adanya drone, kegiatan aerial photography menjadi semakin mudah, praktis, murah, dan hampir tanpa resiko. Sebab, untuk menerbangkannya, mengambil gambar, serta mengatur sudut arah kamera dapat dilakukan dari darat hanya lewat remote control. Teknologi drone benar-benar mampu menciptakan metode baru dan mengubah dunia aerial photography dan aerial videography selamanya.


Drone untuk Pemetaan Lapangan

Pemetaan lapangan merupakan hal yang sangat penting dalam bidang konstruksi. Untuk mendapatkan data geografis yang akurat, proses pemetaan lapangan ini biasanya membutuhkan orang yang banyak, biaya yang besar, serta waktu yang cukup lama.


Dengan adanya drone, apalagi dengan aplikasi Site Scan yang dikembangkan oleh 3DR dan Autodesk. Kegiatan survey lapangan ini dapat dilakukan dengan lebih praktis, cepat, dan murah. Aplikasi Site Scan ini juga mampu menampilkan data geografisnya dalam model 3D, serta terintegrasi dengan software Autodesk lainnya. Sehingga proses pemetaan lapangan ini menjadi lebih mudah. Kehadiran teknologi ini mampu menjadi metode alternatif pemetaan lapangan, yang sangat bermanfaat bagi para praktisi, khusunya dalam bidang geografi dan teknik sipil.


Drone untuk Pengiriman Barang


Drone dapat menjadi salah satu alternatif untuk pengantaran dan pengiriman barang (ekspedisi). Metode ini sedang dikembangkan oleh Google dengan Project Wing serta Amazon dengan Amazon Prime Air. Konsep utama metode ini adalah membuat drone mampu mengangkut surat dan paket dan mengirimkannya secara otomatis kepada sang penerima. Cara ini jauh lebih cepat, efektif, dan efisien. Sebab, drone hanya akan mengirimkan satu paket kepada satu penerima saja. Tidak perlu mengumpulkan beberapa paket sekaligus, lalu mengirimkannya dalam sekali perjalanan. Sehingga waktu pengiriman barang pun akan jauh lebih cepat.


Untuk saat ini, baik Project Wing maupun Amazon Prime Air masih dalam tahap riset dan pengembangan, sehingga belum beroperasi secara penuh. Jarak tempuh serta berat paketnya pun masih sangat terbatas. Diharapkan, di masa depan drone tersebut akan mampu mengirim lebih banyak barang, ke tempat yang lebih jauh, serta dalam waktu yang lebih cepat. Jadi, jangan heran kalau suatu saat di atas kepala kamu akan banyak drone beterbangan sambul membawa paket dan surat. Perkembangan teknologi ini mampu mengubah metode pengantaran dan pengiriman barang menjadi jauh lebih cepat, efektif, dan efisien.


Drone untuk Menyelamatkan Nyawa Manusia


Kreativitas dari para peneliti dan pengembang teknologi juga mampu menghasilkan berbagai hal yang menakjubkan, dan yang pasti bermanfaat bagi kehidupan. Seperti contohnya, drone ambulans yang dibuat oleh Alec Momont dari TU Delft, universitas teknologi di Belanda. Drone canggih ini dilengkapi dengan sebuah defibrillator alias alat pacu jantung untuk menolong korban serangan jantung mendadak yang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja.


Selain itu, terdapat juga drone pemadam kebakaran yang dibuat oleh Flite Test. Drone ini mampu mengangkut tabung berisi cairan pemadam kebakaran dan menyemprotkannya ke api yang sedang menyala. Walaupun masih dalam tahap pengembangan dan ujicoba, perangkat canggih tersebut benar-benar mampu menolong dan menyelamatkan nyawa manusia. Supaya lebih jelas cara kerjanya, silakan lihat video berikut ini.


Itulah beberapa contoh pemanfaatan drone dalam berbagai kebutuhan hidup manusia. Kehadiran teknologi ini ternyata sangat bermanfaat, bahkan mampu mengubah dunia dalam berbagai bidang. Sebenarnya, masih banyak lagi cara memanfaatkan perangkat ini untuk mengubah dan mempermudah hidup manusia. Kalau kamu punya contoh lainnya, silakan tulis pendapat kamu pada kolom komentar di bawah ini. Dapatkan juga update terbaru Halo Robotics dengan Like Facebook, atau Follow Twitter, Instagram, dan Google Plus kami.


More Questions? Contact us and we would be happy to connect further about drone solutions and services:

enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888

www.halorobotics.co.id

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)