Bagaimana Software Pemetaan Drone Pix4D Dapat Menciptakan Nilai Untuk Operasi Tambang?

Perencanaan yang baik dan akurat dapat memberikan banyak manfaat yaitu, peningkatan kualitas eksekusi dengan nilai stripping ratio yang optimum, untuk pembentukan sektor tambang yang lebih rapih, sehingga dapat meningkatkan keselamatan kerja. Menggunakan software Pix4D sebagai pemrosesan data drone untuk sektor ini dapat medan tambang yang terbentuk lebih sesuai dengan desain dan dapat meningkatkan utilitasi serta produktivitas alat.


Selain itu, pemetaan area tambang yang diproses dengan Pix4D, dapat meningkatkan akurasi pengukuran perencanaan tambang (Mine Design Accuracy) dengan rata-rata 90%. Sisa 10% lainnya dapat dimaksimalkan. Untuk meningkatkan nilai MDA tersebut, dilakukan terobosan sistem monitoring operasional dengan dibanrtu oleh drone. Bahkan drone tidak hanya dimanfaatkan untuk monitoring secara visual melalui video, namun juga digunakan sebagai alat ukur akurasi desain dalam bentuk orthophoto yang di-overlay-kan dengan desain dan cross section dari situasi hasil pemetaan menggunakan drone.


Hasil Pengolahan Data Pemetaan Drone Menggunakan Software Pix4D

Untuk Sektor Pertambangan


Rata-rata, Perusahaan Pertambangan menghabiskan jutaan dolar untuk bahan bakar. Akan tetapi, jika beralih menggunakan drone untuk pengumpulan data yang tepat waktu, Berdasarkan hasil pada gambar diatas, dapat terlihat bahwa dengan menggunakan Pix4D, Sektor Pertambangan dapat menghemat konsumsi bahan bakar, melakukan desain untuk memetakan jalan guna mengangkut hasil Tambang. Sektor Pertambangan juga dapat mengidentifikasi lokasi Stockpile dari waktu ke waktu, tanpa harus mengerahkan banyak tenaga dengan maintenance Stockpile secara konvensional.


Perencana dapat dengan cepat menghitung kemiringan jalan di lokasi dan membuat rencana jalan untuk mengangkut hasil tambang yang dapat diperbarui menggunakan alat polyline 3D interaktif. Output yang diperoleh berupa feedback dari tampilan udara yang akan di update ke pusat data pemrosesan secara real time untuk mengarahkan ulang truk ke lokasi Tambang yang belum di eksplor lebih jauh.


Kalkulasi Komoditas Tambang Dengan Pix4D Dengan Tingkat Error Maksimal 2 Persen


Survei fotogrametri dengan jarak pengambilan sampel tanah dapat mencapai estimasi kesalahan rata-rata dari 2 hingga 5%. Pix4D membantu Sektor Pertambangan mengelola Inventaris Stockpile untuk solusi pengukuran volume yang akurat dan manajemen inventaris yang mudah, yang selama ini menjadi tantangan besar bagi sektor Pertambangan Mengelola inventaris stockpile, yaitu menemukan solusi untuk pengukuran volume yang akurat dan manajemen inventaris yang mudah, adalah salah satu tantangan terbesar dalam industri pertambangan. Perusahaan pertambangan top ini mengklaim bahwa dengan menerapkan alur kerja fotogrametri dengan Pix4Dmapper, mereka dapat mencapai akurasi pengukuran sekitar 2-5% untuk volume Stockpile mereka.

Gambar beresolusi tinggi memberi Anda lebih banyak detail tentang tumpukan stok yang dipetakan Dalam hal pengukuran volume stockpile, yang umumnya tidak sesuai, dan kurang menghasilkan bentuk yang sempurna. Sebuah survei fotogrametri dengan jarak pengambilan sampel tanah yang halus (GSD, yang menunjukkan jarak aktual yang diwakili oleh setiap piksel) dapat lebih baik menggambarkan timbunan stok yang tidak teratur secara rinci. Secara horizontal, hasil fotogrametri resolusi tinggi menciptakan model timbunan stok yang lebih presisi, sehingga akurasi pengukuran volume lebih baik daripada yang diinterpolasi dari titik terukur tertentu. Secara vertikal, mereka menurunkan ketidakpastian dalam nilai Z, yang sebanding dengan resolusi. Misalnya, stok yang lebih rata akan mendapatkan keuntungan lebih dari GSD yang tinggi daripada stok yang lebih tinggi.


Data Visual Udara Dengan Pix4D Untuk Sektor Pertambangan


Data visual udara dapat berguna untuk mendukung pemeliharaan infrastruktur. Jika diaplikasikan bersama fixed wing drone, maka software Pix4D mampu menjangkau bidang tanah yang luas antar tambang untuk memeriksa saluran listrik dan fasilitas utilitas lainnya. Selain itu, citra drone dapat memberikan akses ke area yang sulit dijangkau untuk inspeksi pemeliharaan. Pihak Lapangan dapat membuat database gambar georeferensi untuk inspeksi pasca penerbangan yang aman dan efisien. Pix4D juga dapat menemukan cacat atau potensi berbahaya di lokasi Pertambangan dalam bentuk visualisasi 3D dengan detail struktural dari berbagai sudut,dan ekspor orthophotos data pertambangan.


Pix4D Membantu Sektor Pertambangan Menyusun Blasting Plan


Operasi peledakan mempengaruhi semua subsistem terkait lainnya, seperti operasi pemuatan, pengangkutan, penghancuran, dan penggilingan. Investigasi misfire Serta asap beracun yang dihasilkan oleh ledakan-ledakan di Lokasi tambang dapat menimbulkan potensi bahaya tambahan bagi pekerja dan publik. Pemrosesan gambar, menghasilkan point cloud yang diperlukan, model 3D, dan orthomosaics untuk seluruh area operasi peledakan, hanya membutuhkan waktu yang singkat,


Pemantauan lubang ledakan tidak hanya dapat memperbaiki hasil dalam produktivitas, keselamatan pekerja, dan dampak negatif yang lebih rendah untuk lingkungan, tetapi mengintegrasikan data Survey ke dalam ERP juga akan memungkinkan untuk mengelola dan melacak konsumsi bahan peledak atau bahan habis pakai lainnya. Jika hal ini dilakukan oleh seluruh sektor Pertambangan, maka efisiensi dalam menggunakan material blasting juga dapat dicapai secara maksimal. Dengan kata lain, Proses ini menghemat waktu, uang, dan sumber daya, dan termasuk pengukuran volume timbunan dan material yang digali dan menemukan lubang bor untuk lokasi ledakan yang lebih presisi dalam waktu singkat.

Data visual dari drone dapat melakukan digitalisasi data penting untuk perencanaan ledakan. Surveyor dan perencana tambang dapat mengevaluasi kondisi topografi situs yang ada dengan model permukaan digital yang dihasilkan secara otomatis dari citra drone resolusi tinggi. Hasil dan informasi spasial tempat kejadian berguna untuk menganalisa dampak blasting dan dapat di input untuk pencatatan maintenance Tambang yang lebih baik. Nilai yang diperoleh adalah sektor Pertambangan dapat menghasilkan akurasi data yang lebih tinggi dengan biaya yang lebih rendah dan perlindungan keamanan ekstra untuk para Pekerja.


Perangkat lunak Pix4D mapper menyediakan 6 opsi penentuan permukaan dasar yang berbeda dalam modul manajemen volume untuk pemetaan dengan kondisi yang lebih rumit, Pengguna dapat mengimpor permukaan dasarnya sendiri (atau titik-titik yang disurvei di tanah yang membentuk permukaan dasar) lalu menggunakannya sebagai dasar untuk menghitung volume Stockpile.


Halo Robotics sebagai Partner resmi dari Pix4D Mapper, merekomendasikan penggunaan software tersebut untuk membantu Mine Engineer melihat posisi dan kelurusan tambang yang sedang dikerjakan, dan mencatat setiap progress yang terjadi setiap harinya agar sesuai dengan desain perencanaan. Pix4D Mapper juga sangat direkomendasikan sebagai software pemetaan untuk tindakan preventif terhadap masalah yang paling potensial, disebabkan oleh Orthophoto, dimana software tersebut dapat memberikan citra yang lebih jelas (real) dibandingkan dengan hanya melihat estimasi kontur tambang dari jarak dekat.


For further information, please kindly send your question to Halo Robotics Contact Below.

enterprise@halo-robotics.com

+621811-8549-888


#stockpile #dronesoftware #Pix4D #aerialmapping #tambang #stockpilemanagement #stockpilecalculation #blastingtambang #managingsoftware #tambangindonesia #Pix4DMapper #GSD #orthophoto

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)