BENARKAH CUACA DAPAT MENGGANGGU OPERASIONAL DRONE?

Keywords: Drone, Aviasi, Sport, UAV, Inovasi, Teknologi, Weather


Drone merupakan perangkat paling seru, futuristik, dan keren yang bisa Anda dapatkan. Dari semua ciptaan mengagumkan yang ada sampai sekarang, drone merupakan alat yang lebih mampu “meneriakkan” masa depan dibandingkan perangkat lainnya. Istilah yang benar untuk perangkat tersebut adalah UAV (Unmanned Aerial Vehicle) alias Pesawat Tanpa Awak, namun “drone” lebih populer digunakan karena berhubungan dengan sci-fi alias fiksi ilmiah. Jadi silahkan berimajinasi seolah Anda di film Terminator berikutnya saat menerbangkan drone, kami tidak akan beritahu siapapun.


Menerbangkan drone tidak hanya menyenangkan, namun merupakan salah satu cara terbaik untuk menjelajah sekeliling dan mengambil foto maupun video dari berbagai sudut yang sebelumnya Anda pikir tidak memungkinkan. Bayangkan Anda anak kecil yang mengendalikan RC Car, namun dengan keahlian dan keterampilan dari sisi dewasa Anda, dan bukan dengan mainan melainkan alat futuristik kompleks. Apakah Anda sedang merekam pandangan sekeliling perumahan atau menangkap kehidupan seekor binatang liar dari kejauhan, drone memberikan pengalaman yang unik dari dalam maupun dari drone itu sendiri.


Pengaruh Kondisi Cuaca Saat Menerbangkan Drone


Namun, drone yang digunakan saat ini oleh para warga sipil bukan merupakan robot-robot fiksi ilmiah seperti yang Anda bayangkan. Drone tersebut memiliki bagian halus dari mesin-mesin yang memerlukan perawatan khusus untuk menjalankannya. Agar drone Anda dapat terbang selama beberapa tahun ke depan, maka sangat penting untuk memperhatikan keadaan cuaca saat menerbangkannya. Perlu diingat bahwa walaupun kecil, namun drone tetap merupakan alat terbang. Langit bisa menjadi tempat yang sulit untuk drone, dan dapat rusak atau gagal secara parah jika diterbangkan dalam keadaan cuaca yang salah. Berikut beberapa hal yang perlu Anda ingat sebelum mengeluarkan drone Anda.


Jangan Mengambil Resiko


Ketika menerbangkan drone Anda, ada baiknya tidak mengambil resiko jika langit terlihat gelap, walaupun saat itu tidak hujan. Paling tepat menerbangkan drone Anda saat kondisi cuaca terang, tenang, dan cerah. Dengan itu, Anda dapat mengendalikannya dengan baik dan juga mendapatkan cahaya bagus untuk foto dan rekaman video. Angin dan hujan adalah musuh terburuk drone dan dapat menyebabkan kecelakaan.


Perlu diingat juga untuk menerbangkan drone hanya saat siang hari. Pada malam hari atau kondisi gelap lainnnya, drone memiliki lampu sendiri, tetapi tidak seterang lampu besar di mobil. Walaupun dapat melihat drone tersebut dari posisi Anda, namun Anda tidak dapat melihat hal lain disekelilingnya. Hal ini dapat menyebabkan drone mudah tertabrak pohon, kabel listrik atau jatuh di tempat yang sulit terjangkau, sehingga tidak memungkinkan untuk mengambilnya kembali. Jaga dan rawatlah drone Anda. Drone adalah mesin yang canggih namun tetap memiliki kebutuhannya.


Jangan di Cuaca Dingin


Jangan gunakan drone Anda jika di luar cuacanya dingin atau lembab, walaupun terlihat terang, tenang, dan cerah. Sedikit kelembaban dapat membuat lensa kamera berembun, sehingga kita tidak dapat melihat dari sisi pandang drone itu sendiri. Hal ini dapat menyebabkan drone tidak berfungsi untuk sementara (terutama jika Anda menggunakannya untuk mengambil foto atau video) dan tidak memungkinkan untuk mendarat atau mengendalikannya pulang tanpa melihat secara fisik dari posisi Anda.


Hari yang Baik untuk Semua


Ketika kondisi sempurna (matahari cerah dan angin tenang) mungkin Anda bukan satu-satunya yang ingin menggunakan kesempatan tersebut. Ketika Anda mendapatakan cuaca yang sempurna, pastikan Anda berada di lingkungan yang tidak akan menganggu sekitarnya. Sebagai contoh, jangan menerbangkan drone di wilayah padat penduduk, seperti taman atau pusat kota. Selain berbahaya, hal tersebut juga dapat mengganggu privasi komunitas disekitarnya.


Berbaik hatilah dengan orang-orang di sekeliling Anda, dan cobalah untuk terbang di area tidak padat penduduk daripada menerbangkannya di tengah kota. Drone merupakan alat yang menyenangkan dan unik untuk meningkatkan kreatifitas dan keterampilan. Rawatlah drone Anda dengan benar, maka drone tersebut akan memberikan foto dan film terbaik seperti yang Anda inginkan. Dan ingat, perhatikan keadaan langit sebelum Anda terbang!


Nah, kalau berminat untuk memiliki drone sendiri, kamu bisa cek dan beli 3DR Solo yang canggih banget dengan meng-klik gambar di bawah ini.


Kalau kamu punya info dan tips lain seputar drone, silakan tulis pendapat kamu pada kolom komentar di bawah ini. Dapatkan juga update terbaru Halo Robotics dengan Like Facebook, atau Follow Twitter, Instagram, dan Google Plus kami.

More Questions? Contact us and we would be happy to connect further about drone solutions and services:

enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888

www.halorobotics.co.id

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)