• Halo Robotics

Bagaimana Akurasi LIDAR Sebagai Pemindai Genggam Dalam Mengukur Objek Tiang Dan Pipa Pembuangan?

BUSINESS SUMMARY


Teknologi Hovermap LIDAR berhasil memperoleh variasi akurasi pengukuran dalam mengumpulkan 3D modelling hingga ke milimeter pada objek secara konstan dengan data yang beresolusi tinggi ketika hanya dioperasikan sebagai handheld (pemindai genggam) dari jarak dekat pada objek dengan diameter kecil seperti tiang dan pipa yang banyak digunakan oleh hampir setiap industri.


Dalam pengujian ini ini, kami menggunakan Hovermap LIDAR dalam pemindaian dari jarak dekat dengan berjalan kaki memutari objek untuk memeriksa akurasi point cloud di beberapa target seperti tiang dalam upaya untuk lebih memahami kinerja sistem potensial pada industri-industri yang mengharuskan melakukan pengukuran objek secara cepat dan tepat.


METODE YANG DIGUNAKAN

Pengukuran langsung dilakukan pada 6 objek tiang dan pipa pembuangan yang berbeda diameternya untuk mengidentifikasi apakah variasi dari pengukuran menghasilkan pengukuran yang konstan atau bervariasi untuk memvalidasi data ukur yang valid dan mengirimkannya kapada kantor pusat.


Pengukuran konvensional diuji coba dengan menggunakan kaliper dan mengukur tiang listrik menggunakan pita pengukur. Untuk memfasilitasi perbandingan yang akurat, pencatatan posisi vertikal setiap pengukuran dilakukan dengan hati-hati.



RESULTS

Hovermap kemudian diturunkan di seluruh area studi untuk melakukan pemindaian secara berjalan dari jarak dekat. Pointcloud yang berhasil dikumpulkan kemudian dibersihkan dengan menggunakan data yang dikumpulkan secara konvensional, lalu menganalisa perbandingannya dengan perangkat lunak cyclone 3D shaper.




Secara khusus, penampang planar dari setiap target diambil sampel pada interval 1,5 meter, dan berikut adalah hasil dari permodelan 3D penampang tersebut yang dikumpulkan dengan Hovermap LIDAR. Hasil menunjukkan bahwa penampang planar yang paling sesuai diterapkan pada ketinggian tertentu terlihat dengan density yang rapat, sehingga menghasilkan pointcloud beresolusi tinggi.


Dengan mean range dikisaran 2.9 ± 0.5 meter, pointcloud resolusi sangat tinggi diperoleh pada setiap target dengan Hovermap dan menghasilkan jarak sampel titik keseluruhan (misalnya jarak rata-rata antar titik) 0,004 ± 0,001m.

Hasil ini menjadi acuan penting untuk membuktikan bahwa perbandingan yang akurat antara pengukuran dengan Hovermap LIDAR menghasilkan varian rata-rata total 0,002 ±0,002. hasil ini menunjukkan bahwa Hovermap mampu mencapai resolusi tinggi dan akurasi pada berbagai bidang objek saat digunakan sebagai handheld dengan melakukan pemindaian dari jarak dekat.


For further info, please kindly send your question to


enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888


Keywords: #lidar #measurement #emesent #dronesurvey #3dmodelling #digitaltwin #pointcloud #dronetechnology #survey #mapping

113 views0 comments

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)