DRONE UNTUK MEDIA DISTRIBUSI BARANG

Keywords: Drone, Efisiensi Kerja, Commercial Drone, UAV, Teknologi, Pilot Drone, Pengiriman, Inovasi, Aviasi, Drone Delivery 


Setelah FAA mengeluarkan peraturan baru untuk drone, mulai muncul harapan baru pada para pengguna drone komersial. Namun untuk penggunaan drone sebagai alat pengiriman barang, hal tersebut belum dibahas secara jelas. Salah satu poin yang mengatakan bahwa drone harus berada dalam penglihatan pilot, secara tidak langsung menandakan bahwa drone sebagai ekspedisi barang tidak bisa beroperasi, setidaknya pada saat ini.


Perusahaan besar seperti Amazon dan Google tengah menyiapkan drone dalam jumlah banyak untuk digunakan sebagai pengirim barang ke rumah konsumen. Tapi ternyata tidak hanya kedua perusahaan itu saja, Negara lain pun ada yang menerapkan pengiriman barang menggunakan drone!


Tepatnya di Ukrainia. Negara tersebut telah bergabung dengan sejumlah layanan postel yang mencoba drone. Tapi percobaan mereka tidak sekadar memasang sebuah paket ke quadcopter, menerbangkannya, lalu mendiskusikan implikasinya. Layanan postel Ukrainia bernama UkrPoshta, bekerja sama dengan produsen drone dari Israel bernama Flytrap, ingin menjadikan pengiriman dengan drone sebagai hal yang regular di Negaranya.

Alasannya sendiri adalah karena cara ini cepat dan murah. Drone dapat menghemat waktu dengan kecepatan terbangnya, serta mengurangi biaya tenaga kerja.


Jadi, apakah pengiriman dengan teknologi canggih ini dapat bekerja?


Dalam rencana Ukrainia, konsumen harus memilih pengiriman menggunakan drone dengan menggunakan aplikasi yang menyertainya. Ketika drone lepas landas untuk pengiriman, konsumen akan mendapatkan pemberitahuan dengan ETA dan dapat pergi ke area pengiriman. Area pengiriman tergantung pada hukum Negara. Di Ukrainia, drone hanya dapat terbang ke lokasi yang sebelumnya disetujui, tapi secara teori drone dapat mengantarkan paket ke halaman belakang konsumen. Ketika drone tiba, aplikasi akan mengirimkan pemberitahuan lain. Dan di sinilah kesenangan dimulai.


Ada beberapa cara yang sistem dapat memverifikasi bahwa kamu adalah si pemilik alamat—jika itu diantarkan ke rumahmu, kamu dapat mengatakannya bahwa kamu memberi persetujuan pada suami atau istri untuk menerimanya, contohnya. Sistem UkrPoshta menggunakan verifikasi lokasi—aplikasi sama yang kamu gunakan untuk mengatur pengiriman menggunakan GPS ponsel, untuk mengkonfimrasikan bahwa kamu berada di area pengiriman. “Kamu ingin menggunakan pembuat hukum lokal nyaman dengan apa yang kamu lakukan,” ujar Yarif Bash, CEO Flytrap.

Drone kemudian akan menurunkan paketmu pada cable setinggi 50 kaki. Konsepnya adalah kamu tidak akan berada dekat dengan drone dan baling-balingnya karena berbahaya

Kebijakan keamanan, Bash mengatakan, “Peluang terluka itu sangat, sangat rendah.” Dia mengatakan, “Asuransi industri mendasarkan pada metriknya untuk pengiriman drone di atas mobil-mobil itu. Bukan berarti mobil-mobil itu secara khusus aman, tapi jika industri asuransi konservatif tidak terlalu mengkhawatirkan, maka saya rasa itu aman.”

Kemungkinan juga drone tersebut akan memiliki parasut, tapi akan menambahkan kompleksitas. Serta menimbulkan peluang terjadinya kecelakaan.

Lalu, bagaimana mengenai drone yang beterbangan di atas banyak kepala?


Bagi Bash, ini bukanlah sebuah masalah. “Kita sudah terbiasa menggunakan mobil,” ujarnya, “Kita bahkan terbiasa dengan 747 (pesawat) terbang di atas kita. Orang-orang terbiasa dengan sesuatu cukup cepat.”


Itulah perkembangan pengiriman drone yang terjadi di Negara luar, tepatnya Ukrainia. Mereka ingin menjadikan metode pengiriman drone regular dalam Negara mereka. Dan bahkan tidak melihat adanya masalah dari cara tersebut.

Bagaimana denganmu sendiri? Apa kamu akan merasa terbiasa jika ada banyak drone terbang untuk mengirimkan barang?


Setidaknya, buat dirimu terbiasa dengan drone dulu yuk! Lihat koleksi drone SOLO dan aksesorinya di Halo Robotics!


More Questions? Contact us and we would be happy to connect further about drone solutions and services:

enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888

www.halorobotics.co.id

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)