Solusi Keamanan Terbang DJI Spark

Keywords: DJI Spark, Case Study, Drone, UAV, Teknologi, DJI


Pada pertengahan tahun lalu, pengguna DJI Spark drone membanjiri forum dengan satu keluhan yang sama: aircraft mereka jatuh ketika sedang terbang. Masalah yang diungkap oleh para pengguna dan juga pilot dari AUV ini pun terbilang serupa meskipun masing-masing mengaku mengalami skenario dan juga penyebab yang berbeda. Menanggapi dengan banyaknya keluhan dari pengguna ini, DJI pun terbilang cepat dalam memberikan tanggapan. Perusahaan produsen drone ternama ini merilis pernyataan resmi mengenai adanya safety update yang akan dibubuhkan pada firmware seri Spark. Pada bulan Agustus, seluruh pengguna pun dipastikan wajib mengupdate sistem keamanan untuk Spark sebelum bisa menerbang drone unggulan tersebut.


Permaslahan mengenai kemampuan terbang Spark drone dimulai pada bulan Juli 2017 ketika beberapa pengguna mengungkap mereka mengalami masalah ketika hendak menerbangkan drone mereka. Masalah tersebut pun berlanjut dengan pengguna lain yang mengaku Spark drone milik mereka tiba-tiba jatuh ketika sedang diterbangkan. Banyak pengguna yang menyebut DJI Spark milik mereka akan tiba-tiba terjatuh di tengah-tengah penerbangan. Alasan dan sebab dari jatuhnya pun bervariasi. Beberapa mengaku drone yang mereka miliki tiba-tiba seakan kehilangan keseimbangan dan jatuh begitu saja.


Masalah ini tentu saja menjadi sebuah perdebatan tersendiri. Dimana banyak pengguna yang lantas menyalahkan DJI sebagai produsen untuk drone yang tidak sempurna dan tidak layak terbang tersebut.


Namun apakah sebenarnya memang seperti itu?

Cukup lama untuk DJI sebelum akhirnya benar-benar menemukan sebab dari masalah yang dialami oleh Spark drone. Meskipun segera setelah mendapatkan laporan mengenai masalah pada Spark, DJI langsung merilis pernyataan resmi. Produsen gadget tersebut menyebut bahwa mereka sedang mencari cara untuk mengatasi masalah yang terjadi. Selain itu, DJI juga memastikan bahwa tim teknis mereka pun bekerja untuk menemukan penyebab dari gangguan terbang yang dialami oleh Spark.


“Kami ingin menerapkan pengamanan tambahan dengan update firmware yang akan segera diterbitkan. Saat diminta di App DJI GO 4, kami merekomendasikan semua pelanggan untuk terhubung ke internet dan memperbarui firmware pesawat mereka untuk memastikan penerbangan yang aman saat menerbangkan Spark mereka,” kata perusahaan tersebut.


Sejak itu pun terungkap bahwa pengguna yang sebelumnya melaporkan masalah pada DJI Spark drone mereka, terdapat beberapa kesalahan dari pihak konsumen pula. Beberapa pengguna, misalnya, menyebut bahwa masalah pada drone mereka karena menggunakan sparepart dari pihak ketiga. Terutama untuk baterai. Dimana hal ini sudah sangat dianjurkan untuk tidak dilakukan oleh DJI. Banyak juga yang menyebut bahwa sebenarnya udara sangat panas ketika mereka mencoba menerbangkan Spark drone yang mereka miliki.


Meskipun banyak laporan mengenai tambahan sebab dari masalah terbang untuk Spark, DJI tetap merilis update firmware terbaru. Menariknya, DJI menegaskan bahwa pengguna tak akan bisa menerbangkan aircraft tersebut bila pengguna belum melakukan update firmware. Sekali lagi demi memastikan keamanan pada penerbangan sehingga masalah yang sebelumnya tak akan terjadi lagi.


Perusahaan ini merilis firmware baru untuk Spark minggu ini untuk mengatasi masalah dengan shutdown in-flight, dan ini memberi pengguna ultimatum: jika Anda tidak memperbarui pesawat terbang atau baterai pada tanggal 1 September, pesawat tak berawak tersebut tidak akan lepas landas. Perusahaan mengatakan bahwa membuat keputusan untuk “memaksimalkan keamanan penerbangan dan keandalan produk.”

Tidak sulit untuk melihat mengapa DJI akan membuat upgrade khusus ini wajib. Ia tidak ingin mengambil risiko bahkan kemungkinan sedikit pun dari pesawat tak berawak melukai orang karena jatuh ke tanah.


More Questions? Contact us and we would be happy to connect further about drone solutions and services:

enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888

www.halorobotics.co.id

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)