DJI Agras MG-1S Untuk Membantu Irigasi Pertanian

Keywords: Drone, DJI, UAV, Teknologi, Petani, Agriculture


Drone DJI selalu menghadirkan sesuatu yang baru di dunia aircraft dunia. DJI tak hanya sekedar memproduksi drone untuk para penggemar aircraft yang menjadikan AUV sebagai hobi. Atau pun untuk fotografer dan videografer, baik itu amatur hingga profesional dari kelas entry level sampai advance dengan sederet seri drone yang mereka produksi. Produsen ternama ini pun melebarkan sayap mereka ke drone untuk agrikultur. Sebuah ide menarik dan sangat fungsional yang pertama kali diwujdukan dalam seri Agras MG-1 pada beberapa tahun lalu.


DJI pun lantas mengembangkan ide tersebut dengan seri terbaru drone DJI Agras MG-1S yang mengusung teknologi lebih canggih lagi. Perubahan yang dibawa oleh seri drone terbaru ini pun lebih fungsional dari pada sebelumnya. Menjadikan Agras MG-1S salah satu solusi untuk masalah pengairan yang dialami oleh petani. Bahkan di Indonesia saja, Agras MG-1S sudah banyak digunakan untuk pengairan di daerah perkebunan nanas dan sawit.


Perusahaan pertanian besar pun mulai melirik untuk menggunakan Agras MG-1S sebagai solusi pengairan sawah serta ladang untuk skala sedang hingga besar. Menggantikan sistem pengairan manual yang masih banyak digunakan saat ini.

Drone DJI Agras MG-1S mengusung beberapa fitur unggulan yang sangat berguna untuk sistem pengairan secara luas. DJI membekali seri drone ini dengan sederet teknologi canggih. Mulai dari adanya A3 Flight Controller terbaru serta Radar Sensing System yang memastikan drone bisa terbang dengan lebih baik dan lancar dari pada seri sebelumnya.

Terdapat 2 kompas untuk A3 Flight Controller. Jadi bila misalnya terdapat masalah pada satu kompas di drone DJI ini, secara otomatis sistem akan menggunakan kompas kedua.


Selain itu juga, sistem penyiraman untuk drone ini pun sudah mengalami perbaikan dengan Flow Sensor yang lebih baik. Memastikan untuk pengoperasian yang lebih akurat. Drone DJI Agras MG-1S memiliki 3 sensor microwave yang ditempatkan pada bagian slope depan serta belakang, serta satu lagi sensor di dekat tanki. Ketiga sensor ini bekerja secara simultan untuk memastikan penyiraman mengikuti alur dari terasering. Penyiraman (atau pemupukan bila yang dimasukan ke dalam tanki merupakan pupuk cair) akan lebih tepat sasaran pada tanaman.


Sensor terbaru untuk pengairan ini pun lebih mudah dikendalikan dengan monitor. Sekali lagi, memastikan masalah yang terdapat pada seri sebelumnya tak terjadi lagi.


Untuk Agras MG-1S, DJI membekali dengan 2 pompa berbeda untuk nozzle di bagian depan dan belakang. Ini memberikan 3 fungsi penyiraman berbeda yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. 2 pompa tersebut dapat bekerja dengan mode forward spraying, backward spraying dan full spraying. Ketiga mode tersebut juga bisa diatur dengan mudah atau pun otomatis tergantung dari ketinggian hingga sensor yang ditangkap oleh Agras MG-1S ini.


Seri drone DJI Agras MG-1S ini pun disinkronisasi dengan program terbaru MG Intelligent Operation Planning System dan DJI Agriculture Management Platform. Kedua program ini membuat pilot atau operator dapat merencanakan rute, metode, hingga besarnya level penyiraman dari Efficient Mode dan Intensive Spraying Mode. Selain itu juga mampu mengatur bila ada area yang ingin dihindari dari operasi drone DJI tersebut.


DJI Agriculture Management Platform membantu operator untuk mengatur penerbangan dan kerja drone secara real time serta melihat status kerja. Serta tentunya untuk memastikan drone tetap berada dalam lajur yang sudah direncanakan sebelumnya.


More Questions? Contact us and we would be happy to connect further about drone solutions and services:

enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888

www.halorobotics.co.id

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)