5 Tips Untuk Menjaga Baterai Drone DJI Agar Tetap Awet Untuk Penggunaan Jangka Panjang

Bukan menjadi rahasia umum bahwa daya baterai lithium-ion yang terdapat pada drone merupakan salah satu bagian yang penting untuk menjaga agar drone tetap dalam kondisi yang prima dalam jangka panjang. Aktivitas pengisian daya dan bongkar pasang baterai drone memiliki pedoman tersendiri untuk menjaga performa baterai drone tetap maksimal untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama.


Berikut akan dijelaskan 5 tips untuk menjaga agar baterai drone DJI yang Anda gunakan tetap awet untuk digunakan dalam jangka panjang.


1. MEMBACA DAN MEMAHAMI ATURAN YANG TERDAPAT PADA BUKU PANDUAN


Setiap kali anda membeli sebuah drone, hal yang harus pertama kali anda lakukan adalah dengan membaca dan memahami buku panduan sebelum menerbangkan drone. Hal ini penting, untuk pengguna agar mengetahui secara lengkap tipe dari baterai drone yang digunakan. Kami juga sudah menyediakan link dibawah ini jika anda ingin langsung menuju panduan keamanan baterai untuk setiap drone, seperti:


  • Mavic 2 Batteries, Mavic 2 Enterprise

  • Phantom 4 Batteries, untuk drone Phantom 4 RTK, Phantom 4 Pro, P4 Multispectral

  • TB60, baterai untuk drone terbaru DJI M300 RTK

  • TB55, baterai untuk drone DJI M200 series V2

  • TB50, baterai untuk drone DJI M200 Series V1


2. MAKSIMALKAN TREATMENT TERUTAMA PADA DRONE DENGAN BATERAI GANDA


Untuk drone yang memiliki desain baterai ganda seperti M300 RTK dan M200, penting bagi kita untuk mengetahui bahwa treatment yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan baterai kedua drone tersebut adalah sama.


Jika kita ingin memaksimalkan masa pakai baterai menjadi lebih lama, sebaiknya ketika kedua baterai tersebut sedang kosong dicas secara bersamaan. Metode ini akan mempertahankan resistensi internal dari kedua baterai tersebut.


3. JANGAN PERNAH LUPA UNTUK MELAKUKAN MAINTENANCE SECARA BERKALA


Melakukan maintenance secara rutin merupakan hal yang wajib untuk dilakukan oleh para penguna drone. Pastikan setiap minggunya anda tidak pernah melewati proses maintenance ini. Proses maintenance secara mandiri dapat dilakukan dengan melakukan pengisian dan pengosongan baterai dengan melihat persentasi baterai setiap kali ingin menggunakan drone, dimana ketika kondisi baterai sudah menunjukkan 20%, anda harus segera menurunkan drone ke tempat yang aman untuk melakukan pengisian daya.


Selain itu, Anda juga dapat melakukan maintenance dengan membersihkan terminal baterai secara perlahan menggunakan kain kering yang bersih, untuk memastikan tidak ada debu atau kotoran yang dapat mengganggu jalannya proses pengisian daya. Setelah pengisian daya selesai dilakukan, anda juga harus membiarkan baterai selama 6 jam. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan baterai sudah dalam kondisi suhu ruang yang aman sebelum dipasangkan pada drone untuk mengakuisisi misi penerbangan pada keesokan harinya.


4. WASPADAI TEMPERATUR BATERAI


Tabel Untuk Mengetahui Standar Temperatur Yang Aman Untuk Baterai Drone DJI


Setiap pengguna drone wajib untuk mengetahui standar suhu yang paling aman untuk menjaga kesehatan baterai drone. Temperatur ekstrem adalah kondisi yang paling dihindari agar tidak mengganggu kesehatan baterai drone. Setiap baterai drone memiliki standar temperatur yang berbeda. Untuk itu, baterai drone sangat tidak disarankan untuk digunakan, diisi daya atau disimpan di dalam atau diluar ruangan yang melebihi dari temperatur sesuai dengan standar temperatur yang ada pada tabel diatas.


5. MENGETAHUI MASA HABIS PAKAI DAN PETUNJUK PEMBUANGAN BATERAI


Umumnya, baterai drone jika digunakan sesuai dengan ketentuan yang ada mampu bertahan minimal dalam 200 kali pengisian. Akan tetapi, penting bagi para pengguna untuk mengetahui kapan baterai drone memasuki masa habis pakai.


Jika menemukan kondisi baterai drone yang tidak stabil, silahkan temukan solusinya disini. Ketika baterai drone sudah memasuki masa habis pakai dan akan dibuang, pengguna wajib mengosongkan baterai hingga daya 0 persen lalu merendamnya dalam air asin selama minimal 8jam. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya ledakan yang tidak diinginkan ketika baterai dibuang ditempat yang terbuka. Setelah selesai direndam dengan air asin, batteri drone yang sudah habis masa pakainya perlu anda diskusikan disini agar tidak menimbulkan bahaya bagi orang lain.


For further info, please kindly send your question to


enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888


Keywords: #DJI, #dronesforgood, #baterrymanagement, #drone, #djidrone

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)