Teknik Merekam Video Bisnis Dengan Drone

Memiliki drone merupakan suatu kesenangan sendiri bagi si empunya. Dia bisa menerbangkannya… dan menerbangkannya. Loh? Hanya terbang?


Terkadang beberapa orang membeli drone karena ingin hanya ingin memilikinya saja. Dia ingin membeli sebuah produk teknologi terbaru dan menunjukkannya pada teman-temannya. Yaa… itu tidak masalah. Namun akan sangat disayangkan jika hanya membuat sebuah produk canggih menjadi sebuah “mainan mahal” saja, ya kan?


Kebanyakan drone saat ini dapat dipasangkan kamera, ada juga yang sudah terintegrasi dengan kamera action terkenal seperti Solo dari 3DR. Dengan adanya kamera, drone tersebut dapat berubah menjadi alat yang dapat mengambil berbagai gambar dan rekaman dari berbagai sudut. Dan tentunya, ini menambah kesenangan dalam menerbangkan drone.


Jika kamu adalah seorang pengusaha, perlu sekali memanfaatkan drone-mu untuk membuat sebuah video bisnis keren, yang bisa dipakai baik untuk keperluan sosial media perusahaan/brand milikmu, maupun menjadi sebuah video profil perusahaan. Video bisnis yang keren tentunya akan melesatkan nama perusahaanmu di depan konsumer maupun partner kerjamu.


Namun, video seperti apa yang kira-kira menarik untuk dilihat? Dan bagaimana cara membuatnya? Bagaimana teknik pengambilannya? Tenang, tenang


Halo Robotics menemukan referensi bagus yang dapat kamu coba dengan drone milikmu. Dari Wistia, ada 4 bentuk video keren yang cocok untuk bisnismu, tentunya rekaman tersebut diambil dengan drone. Nah, apa saja?


Group Shot


Ajak staff atau rekan kerjamu berkumpul pada satu tempat, lalu terbangkan drone dengan kamera menyoroti kumpulanmu.


Teknik rekaman yang cukup umum sih, biasanya dilakukan ketika sedang berpesta atau melakukan kegiatan di ruang terbuka. Namun merekam dengan cara seperti ini rupanya menghasilkan sebuah video yang keren untuk dilihat. Dengan teknik ini, sebuah kerumunan besar dengan keramaian yang meriah dapat terekam dalam satu frame. Tidak perlu sampai mengatur posisi orang-orang karena semua akan terlihat kamera si drone.


Kamu dapat membuat drone terbang melayang di angkasa, di hadapan kumpulanmu. Jika ingin lebih variatif, kamu dapat menerbangkan drone dan mengarahkan kameranya ke pemandangan di sekitar kerumunan yang ada.


Jika sudah membuat banyak rekaman Group Shot, tentunya bisa kanu kumpulkan dan potong klip-klip video group shot tersebut untuk digabungkan dalam satu video, misalnya menjadi sebuah video untuk laporan kerja pertahun, dan sebagainya.


Neighborhood View


Ingin mencoba memperkenalkan lingkungan atau area perkantoranmu pada konsumer atau kolega lain? Nah, bentuk rekaman Neighborhood view sangat sesuai untuk kebutuhanmu yang satu ini.


Terbangkan drone di luar kantormu, dan arahkan kamera untuk menyoroti lingkungan sekitar kantormu, kalau perlu perkotaan di sekitarnya. Bentuk rekaman seperti ini sangat cocok jika ingin menonjolkan budaya di kantormu, atau sekadar berbagi cerita dengan konsumenmu di sosial media perusahaanmu. Selain itu, cocok pula untuk melatih kemampuanmu dalam menerbangkan drone.


Tapi, tetap ingat dengan peraturan menerbangkan drone yang berlaku di areamu, ya!


Reveal


Reveal merupakan teknik merekam yang menakjubkan, yang sangat sempurna untuk dilakukan oleh drone-mu.


Idenya cukup sederhana, terbangkan drone-mu cukup dekat dengan subjek yang ingin kamu rekam, lalu perlahan terbangkan drone menjauh dari subjeknya. Ini akan menciptakan video ‘zoom out’ pada subjek tersebut. Kamu pun bisa menerapkan cara kebalikannya, menyorot subjek dari kejauhan, lalu perlahan mendekat hingga terlihat dengan jelas, layaknya ‘zoom in’.


Jika sudah mahir menerbangkan drone, kamu bisa membuat efek ‘zoom out’ atau ‘zoom in’ sambil mengubah sudut terbang drone. Akan tercipta reveal yang unik, dan tentunya mengagumkan untuk dilihat.


Dalam video ini, ada contoh klip reveal yang bisa kamu contoh.



Handheld stabilizer


Kemajuan terbesar dalam teknologi drone camera adalah tambahan stabilizer. Dengan stabilizer, rekaman yang dihasilkan drone menjadi lebih halus walaupun kamu tidak jago mengendalikan stick pengendalinya.


Gunakan kedua tanganmu sebagai stabilizernya! Lepaskan propeller drone, nyalakan drone agar kamera dan gimbal aktif. Selanjutnya, pegang drone-mu dan arahkan ke mana pun yang kamu inginkan.


Teknik seperti ini sangat cocok jika kamu ingin merekam aktivitas di dalam kantor, atau sekadar menunjukkan lingkungan dalam kantormu. Memang, menggenggam drone yang menyala adalah suatu hal yang baru untukmu, tetapi hasil rekamannya akan sangat mengagumkan.


Nah, itu tadi 4 teknik rekaman dengan drone untuk membuat video bisnis yang keren. Tenang, semua teknik tersebut akan jadi lebih mudah jika kamu memiliki drone pintar seperti Solo dari 3DR.


Punya teknik rekaman lain yang cocok untuk membuat video bisnis yang keren? Bagi informasinya dengan kita dong! Ceritakan teknikmu di kolom komentar ya.


More Questions? Contact us and we would be happy to connect further about drone solutions and services:

enterprise@halo-robotics.com

+62811-8549-888

www.halorobotics.co.id

BETTER BUSINESS THROUGH TECHNOLOGY

Pondok Pinang Center, Block C16-18

South Jakarta, Indonesia 12310

Offices: +6221 7699 123
WhatsApp: +6281 18 549 888

enterprise@halo-robotics.com

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
CONTACT US:

If you would like to learn more or schedule a demo, please feel free to contact us to connect further.

© 2020 by PT. Halo Indah Permai (Halo Robotics)